Tips Menggunakan Sikadu Unnes dengan Aman

Bagi mahasiswa Unnes, Sikadu Unnes adalah portal yang sangat populer. Setiap mahasiswa wajib memiliki akun di portal akademik ini.

Sikadu adalah sistem informasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan mengorganisasi data akademik di Universitas Negeri Semarang secara online.

Pengorganisasian Akun Sikadu digunakan untuk registrasi, penjadwalan perkuliahan, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS), monitoring perkuliahan, pengorganisasian nilai mahasiswa, dan penanganan pendaftaran wisuda.

Hanya di Sikadu Unnes mahasiswa dapat mengiri kartu rencana studi. Begitu pula saat yudisium,mahasiswa hanya dapat melihat kartu hasil studi di Sikadu Unnes. Tidak hanya untuk mengakses data akademik, akun Sikadu juga digunakan untuk melakukan log in di jaringan Unnes.

Begitu pentingnya akun Sikadu Unnes bagi mahasiswa, sehingga perlu dijaga dengan baik. Saat menggunakannya, mahasiswa perlu melakukan sejumlah langkah aman.

1. Merahasiakan password Sikadu kepada siapa pun

Sikadu sebaiknya hanya diakses oleh diri kamu sendiri. Jangan berikan password kepada siapa pun, bahkan orang yang saat itu sangat kamu percayai. Jika pengguna lain mengubah data akademik, kamu yang akan dirugikan.

2. Log Out setelah selesai menggunakan.

Pastikan kamu log out setelah selesai menggunakan Sikadu Unnes. Jika ditinggalkan dalam kondisi log in, dikhawatirkan akan digunakan oleh orang lain secara tidak semestinya.

3. Mengganti password dengan password yang kuat

Pasword yang kuat adalah kombinasi huruf, angka, dan symbol. Semakin unik kombinasi ketiga unsure itu, password kamu semakin aman. Jangan gunakan password yang mudah ditebak, seperti 1234, password, atau tanggal lahir.

4. Bersihkan History saat log in di komputer umum

Jika kamu mengakses Sikadu dari computer umum, baik warnet maupun computer kantor, kamu perlu membersihkan cathde yang tersimpan. Caranya, pergilah ke menu History browsermu. Lalu “clear”-kan history.

5. Hubungi BPTIK jika lupa password

Jika kamu lupa dengan password Sikadu mu, segera hubungan Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Unnes. Minta mereka mereset paswors sehingga kamu bisa membuat password baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.