27 Anggota Paskibraka 2011 Terpilih

DUA puluh tujuh  pemuda pemudi berbadan tegap, berpakaian putih lengan panjang dan berkopiah hitam, satu persatu mencium bendera merah putih sambil menarik nafas panjang, Kamis (11/8) di Ruang Loka Krida Gedung Moch. Ihsan. Mereka tak bisa menahan haru saat ditetapkan sebagai anggota tim Paskibraka Kota Semarang 2011.  Beberapa di antara mereka bahkan ada yang menitikkan air mata.

Mereka adalah para pelajar SMA dan SMK yang terpilih setelah melalui seleksi yang panjang sejak bulan April dan telah melalui pelatihan dua tahap, pertama mereka berlatih selama 11 hari setiap harinya mulai jam 06.30 – 17.30 di Halaman Manunggal Jati dan Lapangan Tri Lomba Juang, sedangkan tahap kedua selama 16 hari  setiap harinya mulai jam 06.30 – 10.30 di halaman Balaikota.

Kegiatan seleksi dan pelatihan tersebut, selain untuk menyiapkan petugas Paskibraka pada upacara HUT Ke 66 Kemerdekaan RI Tingkat Kota Semarang, juga  dalam rangka menanamkan kedisiplinan dan mempertebal jiwa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air  serta nilai-nilai kejuangan dalam generasi muda.

“Tidak semua pelajar di Kota Semarang mendapat kesempatan untuk menjadi petugas Paskibraka, kalian adalah pelajar terpilih setelah melalui seleksi yang ketat, hendaknya kalian syukuri dengan bertugas sebaik mungkin di lapangan upacara”  kata Walikota dalam sambutan pengukuhannya.

“Saya sangat terharu dan  bangga melihat anak-anaku menitikan air mata ketika mencium bendera merah putih. Itu menunjukkan bahwa  kecintaan kepada negara yang didasari  nilai-nilai kejuangan tidak akan pernah lekang,” lanjutnya.

Peserta Paskibraka dilatih antara lain oleh anggota KODIM 0733 BS, Purna Paskibraka Indonesia dan Dinas Pemuda dan Olah raga. Sebelum dikukuhkan sebagai Paskibraka, para pelajar mengucapkan Ikrar Putra Indonesia, pada kesempatan tersebut Walikota Semarang dan jajaran Muspida menyematkan lencana merah putih  dan melilitkan Sabuk Kecakapan kepada perwakilan peserta. PortalSemarang.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.