Cuaca Membaik, Tanjung Emas Berangsur Normal

AKTIVITAS di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kembali normal, seiring meredanya cuaca  ekstrim di perairan Laut Jawa. Ratusan penumpang pun dapat bernafas lega setelah KM Dharma Kencana III diperbolehkan berlayar. Semula mereka harus menunggu beberapa hari di di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas.

Kepala Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Muntasir menyampaikan sejumlah kapal penumpang diperbolehkan kembali berlayar, setelah cuaca kembali normal mulai Minggu (29 Januari) pagi.

Kedatangan KM Marisa Nusantara rute Pontianak-Semarang berhasil sandar di dermaga Tanjung Emas pukul 17.00 WIBm kemarin, sedangkan keberangkatan KM Dharma Kencana III rute Semarang-Pontianak diizinkan berlayar pukul 21.00 WIB pada hari yang sama.

“Cuaca sudah reda dan mulai membaik. Ini hari pertama setelah berhari-hari tidak ada kapal yang diizinkan berlayar,” ujarnya, hari ini.

Manajer PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Semarang Herman Fajar menuturkan tiga KM motor DLU akhirnya diperbolehkan bertolak, setelah sebelumnya batal berlayar karena cuaca buruk di perairan Laut Jawa dengan tinggi gelombang mencapai empat meter.

“Sehubungan dengan mulai membaiknya cuaca, kemarin KM Dharma Kencana III berangkat ke Pontianak pukul 21.00 WIB,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, KM Dharma Kencana II rute Semarang-Pontianak yang batal berangkat 25 Januari, diizinkan berlayar besok (31 Januari) pukul 23 WIB. Begitu juga untuk KM Satya Kencana II rute Semarang-Ketapang yang akan berangkat pukul 09.00 WIB pada hari yang sama.

Di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), aktivitas pun kembali normal. Beberapa kapal tampak melakukan kegiatan bongkar muat di dermaga TPKS setelah sempat tertahan di area labuh (anchorage) karena cuaca buruk.  (BISNIS JATENG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.