Connect with us

Pendidikan

Inilah Jalur Pendaftaran Undip Tahun 2012/2013

Published

on

UNIVERSITAS DIPONEGORO (Undip) kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/13. Seleksi calon mahasiswa baru akan dilaksanakan dengan beberapa jalur. Inilah jalur penerimaan Baru Undip TA 2012/2013.

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro TA 2012/13 didasarkan Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 dan Peraturan Mendiknas no. 34 tahun 2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2012 adalah sebagai berikut:

Seleksi Secara Lokal / Mandiri

Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Strata 1. Pendaftarannya akan dibuka secara online tanggal 10 Mei – 20 Juni 2012. Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) S1 memiliki 3 pilihan penggalian potensi yaitu: 1) PSSB Potensi Kemitraan 2) PSSB Potensi Olahraga dan Seni 3) PSSB Potensi Olimpiade Sains.

PSSB Kemitraan adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan minat, potensi akademik, dan potensi kerjasama untuk pengembangan UNDIP dalam bentuk partisipasi sumbangan.

Minat dan potensi akademik dari calon mahasiswa dalam seleksi PSSB-Kemitraan ini dilihat dari reputasi akademik calon mahasiswa selama menempuh pendidikan di SMA yang ditunjukkan oleh nilai rapor dan penghargaan lain yang diperoleh karena capaian prestasi tertentu.

Minat calon mahasiswa untuk memasuki salah satu program studi tertentu di UNDIP juga akan dipertimbangkan dengan daya tampung dan tingkat persaingan diantara pelamar. Pertimbangan potensi kerjasama  terutama akan difokuskan pada kesediaan lembaga donor/sponsor atau orang tua calon mahasiswa dalam berpartisipasi untuk memberikan  sumbangan pengembangan bagi UNDIP.

Dengan demikian, PSSB KEMITRAAN  ini merupakan proses seleksi mahasiswa baru yang mendasarkan pada 2 aspek, yaitu aspek potensi akademik dan minat calon mahasiswa, dan aspek partisipasi dalam pengembangan universitas.

PSSB Potensi Olahraga dan Seni menggali potensi untuk siswa sma berprestasi dalam olahraga dan seni minimal tingkat propinsi. PSSB Olimpiade Sains adalah untuk menggali partisipasi siswa berprestasi dalam olimpiade sains tingkat nasional.

Jalur UM (Ujian Mandiri) adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai tanggal 10 Mei – 2 Juli 2012. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id.

SNMPTN Jalur Undangan Berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik.

Pendaftaran mulai dibuka tanggal 1 Febuari – 8 Maret 2012. Pendaftaran dan informasi bisa diakses di web : www.snmptn.ac.id

SNMPTN Jalur Ujian Tertulis dan atau Keterampilan

Pendaftaran mulai dibuka tanggal 10 – 31 Mei 2012. Pendaftaran dan informasi bisa diakses www.snmptn.ac.id.

Jalur Beasiswa Bidik Misi

Penjelasan mekanisme pendaftaran secara lengkap bisa di akses dihttp://bidikmisi.dikti.go.id/portal. Tahun 2012 Undip memiliki kuota 500 orang mahasiswa yang akan menerima beasiswa Bidik Misi

Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2012 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:

Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III

Seleksi ini telah dibuka mulai 2 Januari 2012 sampai dengan 29 Februari 2012 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.

Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka 10 Mei – 23 Juli 2012. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site :http://um.undip.ac.id.

Continue Reading
5 Comments

5 Comments

  1. goezty

    February 8, 2012 at 5:46 am

    asalamualaikum,,, adakah infomari fakultas sejarah untuk siswa bidik misi tahun 2012 ? kalau ada share iiah terimakasih

  2. Tri Minarni

    March 26, 2012 at 3:31 am

    kapan penerimaan jurusan kesehatan masyarakat jalur D III Ke S1

  3. Ocha

    June 1, 2012 at 3:56 am

    Kapan penerimaan maba jurusan administrasi bisnis/niaga D3 ke S1 ???????????

  4. tias

    June 3, 2012 at 8:13 am

    Assalamu’alaikum… gimana caranya memperoleh sponsor dalam pssb kemitraan? atau mungkin ada prosedur-perosedur tertentu?

  5. puput

    June 18, 2012 at 3:54 am

    assalamu’alaikum
    ada gak iyah bidikmisi seleksi mandiri d undip? kalau ada gimana cara mendaftar nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending