Terbukti Ampuh! Inilah Cara Mendapat IPK Tinggi

Cara Mendapat IPK Tinggi

Banyak mahasiswa ingin tahu cara mendapat IPK tinggi. Sebab, bagi mahasiswa, IPK tinggi adalah salah satu bukti keberhasilan belajar. IPK Tinggi membuktikan bahwa mahasiswa tersebut belajar dengan sungguh-sungguh dan memperoleh hasil yang baik.

Asumsi itulah yang membuat IPK tinggi tetap dianggap penting. Sejumlah perusahaan dan instansi menjadikan IPK sebagai salah satu syarat rekrutmen pegawai baru. Semakin tinggi IPK, peluang untuk diterima kerja semakin besar.

Di beberapa perusahaan, syarat minimal IPK adalah 3. Tapi beberapa perusahaan lain sudah menetapkan IPK minimal 3,25 atau bahkan 3,5.

Kalau kamu ingin mendapat IPK tinggi, cobalah beberapa tips cara mendapat IPK tinggi berikut ini. Cara mendapat IPK tinggi ini sudah terbukti ampuh lho.

Cara Mendapat IPK Tinggi 1: Rajin Berangkat Kuliah

Meskipun sebagai mahasiswa diberi ruang toleransi 25 untuk membolos, sebaiknya mahasiswa rajin berangkat kuliah. Rajin berangkat kuliah akan membuat kamu bisa mengikuti perkembangan materi perkuliahan secara kronologis.

Selain itu, rajin berangkat kuliah juga akan membuatmu semakin nyaman dengan suasana kelas. Kerja sama dengan mahasiswa lain pun bisa terjaga dengan baik.

Cara Mendapat IPK Tinggi 2: Kerjakan Tugas

Dosen biasanya memberikan tugas agar mahasiswa belajar mandiri. Salah satu penyakit mahasiswa adalah menunda mengerjakan tugas.

Kalau kamu ingin dapat IPK tinggi, jangan sampai lupa kerjakan tugas ya. Ingat, kerjakan sesegera mungkin. Jangan ditunda-tunda terus.

Cara Mendapat IPK Tinggi 3: Aktif Diskusi di Kelas

Diskusi di kelas akan membuat kamu paham dinamika kelas. Selain itu, kalau pendapat-pendapatmu saat diskusi cukup baik, teman-teman dan dosen akan bersimpati kepadamu. Ini akan membuat dosen lebih menghargai semangatmu.

Dalam jangka panjang, empati dosen akan membuatnya tidak ragu memberimu nilai bagus.

Cara Mendapat IPK Tinggi 4: Baca Lebih Banyak Referensi

Karena mahasiswa dianggap sudah dewasa, dosen menganggap mahasiswa bisa mencari sumber belajar sendiri. Karena itulah, dosen tidak selalu menjelaskan materi satu per satu seperti saat kamu kuliah.

Sebagai ganti, kamu harus mau baca referensi sendiri.

Carilah referensi yang relevan dengan mata kuliahmu. Selain berupa buku, hasil-hasil penelitian terbaru bisa membuatmu unggul secara akademik. Referensi itu banyak yang bisa diperoleh secara gratis.

Cara Mendapat IPK Tinggi 5: Persiapkan Ujian Akhir dengan Baik

Salah satu unsur penting IPK adalah ujian akhir semester. Di beberapa mata kuliah, bobot nilai ujian akhir semester bahkan paling besar, yaitu 50 persen. Karena bobotnya cukup besar, penilaian dalam UAS akan sangat mempengaruhi IPK kamu.

Belajarlah secara rutin, bukan hanya saat UAS akan dilaksanakan.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.