BAZ Serahkan Beasiswa Produktif

BADAN Amil Zakat (BAZ) Kota Semarang melalui program ”Semarang Cerdas” memberikan beasiswa kepada 31 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.  Mereka telah melalui seleksi tertulis dari total 118 mahasiswa pendaftar pada Rabu (6/4) lalu di Balai Kota. Pendaftar kemudian disaring menjadi 75 mahasiswa untuk mengikuti tes wawancara Selasa (12/4) di kantor BAZ. Dari hasil tes wawancara, didapatkan 31 mahasiswa.

Ketua BAZ Kota Semarang, Hendi Hendrar Prihadi SE MM mengatakan, setiap bulan, para mahasiswa mendapat Rp 200.000 dalam jangka waktu setahun. Penyerahan simbolis beasiswa dilakukan oleh Hendi kepada Yuli Eka Sugiartiningsih (mahasiswa IKIP PGRI Semarang) dan Muhammad Mirza (mahasiswa Undip) di ruang data Balai Kota, kemarin. Acara tersebut sekaligus pembinaan perdana kepada para penerima beasiswa.

Dalam sambutannya, Hendi berpesan agar uang beasiswa tersebut jangan digunakan sembarangan, melainkan untuk hal-hal yang bermanfaat dalam menunjang akademik seperti membeli buku-buku, membayar semesteran, dan sejenisnya.

Di era saat ini, persaingan di berbagai sektor kehidupan, sangat ketat. Untuk itu, mahasiswa harus mengasah kemampuan agar tidak tergerus perkembangan zaman. ”Kita ketahui bersama bahwa angka pengangguran semakin meningkat. Ini lebih disebabkan, para sarjana perguruan tinggi hanya berorientasi menjadi birokrat seperti PNS,” kata Hendi, yang juga Wakil Wali Kota Semarang.

Padahal, menurut dia, kalau mau menilik sektor lain, masih banyak peluang dan usaha yang menghasilkan pendapatan seperti kewirausahaan. Dikatakan, suatu bangsa akan menjadi maju manakala jumlah wairausahawannya mencapai minimal 2 % dari total penduduk.

Untuk itu, ke depan, para mahasiswa penerima beasiswa ”Semarang Cerdas”, akan dibekali keterampilan oleh BAZ Kota dengan tentor para praktisi bisnis yang telah berpengalaman bertahun-tahun. SuaraMerdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.