Universitas PGRI Semarang

UNIVERSITAS PGRI SEMARANG adalah lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) berbentuk IKIP terbesar di Jawa Tengah. Konsisten dengan bentuk lembaga sebagai IKIP ketika IKIP lain berubah menjadi universitas, IKIP PGRI berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi paling diminati.

IKIP PGRI Semarang didirikan pada 23 Juli 1981 oleh Pengurus Daerah Tingkat I PGRI Provinsi Jawa Tengah melalui Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) IKIP PGRI Jawa Tengah. Tujuannya, untuk menyiapkan calon guru berkualitas yang akan turut membangun dan meningkatkan mutu pendidikan.

Empat Fakultas

Hingga 2011 IKIP PGRI Semarang memiliki 10 program studi yang terpisang dalam empat fakultas. Fakultas Ilmu Pendidikan, mengelola program studi Bimbingan Konseling, PGSD (S1), dan PG-AUD. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, program studi PPKn.

Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika, program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Biologi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Jawa.

Sebagai LPTK rekam jejak IKIP PGRI Semarang dalam dunia pendidikan telah diakui publik. Selain alumninya yang tersebar di pelosok negeri bekerja sebagai guru dan dosen, pengajar dan mahasiswa IKIP PGRI memiliki andil besar dalam berbagai penelitian pendidikan. Mantan rektor IKIP PGRI, Sulistyo, menjadi Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia.

Menjadi Universitas PGRI

Terhitung sejak 17 April 2014, IKIP PGRI Semarang resmi menyandang status universitas . Ketetapan itu berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No 174 pada tanggal tersebut.

Dengan berubahnya institut menjadi universitas otomatis terjadi peleburan antara IKIP PGRI Semarang dan Akademi Teknologi Semarang (ATS) yang berada dalam satu yayasan menjadi satu lembaga. Program studi yang dimiliki Universitas PGRI Semarang pun tidak lagi  didominasi bidang kependidikan tetapi juga non kependidikan.

Setelah menjadi universitas maka ada tambahan tujuh prodi di bidang teknik untuk strata satu (S-1), satu  prodi pendidikan (S-1), dan satu prodi pascasarjana (S-2). Prodi-prodi itu diantaranya, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Informatika, Teknik Lingkungan, Teknologi Pangan, dan Arsitektur. Untuk S-1 pendidikan ada tambahan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Sedangkan S-2 ada prodi baru, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

_______________________________________________________________________________

IKIP PGRI SEMARANG
Gedung Pusat (GP): Jl. Sidodadi Timur No. 24, Dr. Cipto-Semarang 50125
Gedung Baru: Jl. Lontar No. 1, Semarang 50125, Telepon: (024) 8316377, 8448217
Email: ikip_pgrismg@yahoo.com, Website: www.ikippgrismg.com
_______________________________________________________________________________

SEJARAH PROGRAM STUDI | KEUNGGULAN | BIAYA KULIAH |  ARSIP IKIP PGRI SEMARANG

Facebook Comments

2 Comments

  1. Widiyana

    August 24, 2014 at 4:32 pm

    Alhamdulillah, kerja keras civitas akademika Universitas PGRI Smrg berbuah manis. Skrg sudah jadi universtas, cuy. Makasih Pak Sulistyo, Pak Sudharto, juga Pak Muhdi…

  2. ria norma safitri

    August 25, 2014 at 8:20 am

    Saya mau ndaftar ke pendidikan bahasa inggris karena d smk saya suka bahasa inggris . .tpi saya kurang memahaminya tpi semua itu yang membuat saya ingin memperdalam ilmu bebahasa inggris saya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *