Soal UTS MKU Bahasa Indonesia Rombel 2

Ujian Tengah Semester (UTS) MKU Bahasa Indonesia dilakukan untuk mengevaluasi perkuliahan. Melalui UTS ini mahasiswa dapat merefleksikan performa diri selama mengikuti perkuliahan dan dapat merumuskan cara agar performa ke depan lebih baik.

Bagi dosen, UTS ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi terhadap mahasiswa agar bisa mengembangkan perkuliahan dengan lebih efektif sebagaimana tujuan perkuliahan. Pada akhirnya, kedua tujuan itu bermuara pada tercapainya tujuan perkuliahan.

Petunjuk:

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan cermat.
  2. Tulislah jawaban Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini dengan mencantumkan nama lengkap dan NIM.
  3. Waktu pengerjaan: 19.00 s.d. 20.30 WIB.

Pertanyaan:

  1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
  2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
  3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
  4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
  5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
  6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
  7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
  8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?

Selamat mengerjakan.

39 Comments

  1. Agung Gunawan

    October 20, 2016 at 1:09 pm

    AGUNG GUNAWAN (5401415057)

    1.Dalam mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia saya mengehaui tentang asala sejarah bahasa Indonesia mulai dari bahasa melayu sebagai dasar lalu berkembang sebagai sebuah bahasa,mengerti nilai kesatuan yang terjadi dengan adanya bahasa Indonesia dan memperkuat persatuan yang ada.Perkembangan nya sendiri semakin tahu akan banyak kosakata bahasa Indonesia yang selama ini belum saya ketahui.

    2.menjadi dan dapat mengpraktekan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan santun kepada teman,dosen maupun orang tua.Mendapatkan kesan yang lebih baik dilihat dari tutur berbahasa saya.

    3.Mengerti dan dapat menganalisa cara penulisan karya sastra,karya jurnalistik,undang-undang,dan karya ilmiah sehingga saya dapat menuliskan artikel-artikel tersebut dengan benar.Mengerti perbedaan ragam bahasa tersebut dan mengetahui diksi yang tepat dalam penulisan artikel tersebut.menerti kooirensi

    4.Orang yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.
    Kesesuaian diksi dengan karya ilmiah yang akan dibuat
    Memberi keterangan sedetail mungkin kepada kata yang tidak lazim digunakan
    Bersifat formal dan Objektif
    Menggunakan bahasa yang baku,efektif dan sesuai EYD

    5.memenuhi sediktnya Subyek dan Predikat
    memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    memiliki kepatutan dan padu
    memiliki pusat perhatian
    memiliki kehematan
    memiliki kevariasian
    sejajar

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen

    7.Tape singkong adalah makanan khas Jawa Barat.Makaanan ini terbuat dari singkong yang di fermentasikan dengan ragi.Bercitarasa manis yang lembut sehingga banyak yang menggemari.Kananan ini pula dapat menjadi bahan makanan lain yang lebih enak seperti cincau,lava cake dan lainnya.

    8.Mulai sering membaca apapun baik itu karya sastra,jurnal,artikel dan makalah sebeagai referensi.Sering menulis beberapa artikel sehingga terbiasa dalam menulis karya yang baik.mengkoreksi hasil tulisan saya dengan apa yang sudah saya ketahui tentang tata cara penulisan yang tepat

  2. dhatuanindhita

    October 20, 2016 at 1:12 pm

    Dhatu anindhita
    5401415058

    1.Saya lebih mengerti tentang sejarah panjang penggunaan bahasa indonesia. Asal mula bahasa indonesia dapat terbentuk dan dipakai sebaga bahasa nasional. Saya juga jadi lebih mengerti bagaimana perkembangan bahasa indonesia sampai sejauh ini. Penambahan kosakata terus bertambah.Manfaat tersendiri untuk saya adalah saya dapat lebih menghargai bahasa saya dan dapat bercerita dengan orang banyak tentang sejarah dan perkembangannya.
    2.Manfaat yang saya peroleh adalah saya dapat mempelajari bahasa kesantunan dan dapat menerapkan dalam kehidupan saya sehingga saya tifak canggung lagi mengobrol dengan orang yang lebih tua. Saya dapat membedakan mana bahasa yang santun dan tidak dan bagaimana berkata-kata yang sopan terhadap dosen.
    3.Manfaat yang saya peroleh adalah saya mengerti bagaimana perbedaan pemilihan kata,gramatikal dan logika pada karya ilmiah,jurnalistik,hukum,karya sastra dan perundang-undangan.
    4.Dalam karya ilmiah pemilihan katanya harus tepat yang artinya dapat mewakili gagasan penulis dengan benar. Adanya kesesuaian pemilihan kata dengan konteks dan pemilihan kata harus santun dan jelas.
    5.Penyusunan kalimat supaya menjadi kalimat efektif harus memperhatikan keutuhan dan kesatuan gagasan, adanya pemusatan perhatian, adanya kepaduan, adanya kevariasian, memiliki kehematan, adanya kesejajaran.
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Kemajuan pembangunan di Indonesia menuntut peran serta seluruh masyarakat untuk ikut aktif dalam pembanhunan di segala bidang termasuk bidang pengolahan makanan. Untuk memperoleh makanan yang baik dengan mutu tinggi, higienis, dan rasa yang memikat diperlukan kemampuan menerapkan teknik yang tepat.
    8. Saya mulai dengan membaca banyak referensi tentang menulis kemudian mencoba untuk menulis seperti menulis karya sastra dan banyak bertanya tentang ketentuan menulis yang baik kepada ahli bahasa.

  3. Muhammad Luthfi A (2411414044)

    October 20, 2016 at 1:15 pm

    Muhammad Luthfi A – 2411414044

    1. Mengetahui sejarah B.Indonesia, Mengetahui darimana kata-kata dalam bahasa Indonesia di serap, Tahu perkembangan ejaan dan kosa kata B. Indonesia
    2. Dapat membedakan penggunaan bahasa sesuai tempat dan kondisinya
    3. Mengerti akan penggunaan kata, ejaan, kalimat yang tepat sesuai tujuan penulisan.
    4. Menggunakan kata ilmiah dan kata populer pada situasi yang tepat, menghindari kata slang, menghindari ungkapan usang, menghindari kata artifisial (tidak alami), menghindari kata percakapan.
    5. Kalimat harus jelas memiliki kesatuan gagasan, kalimat harus hemat menghindari kata mubazir, adanya hubungan logis anatr unsur kalimat untuk menghindari, menggunakan bentuk bahasa yang sama (kesejajaran).
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena keduannya sama-sama memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Dalam 5 tahun belakangan ini industri komik indonesia mengalami perkembangan sangat pesat. Banyak muncul berbagai judul komik dengan tema bervariasi. Tema yang bervariasi memunculkan bermacam segmentasi pembaca. Perkembangan teknologi juga mempermudah akses membaca komik secara online.
    8. Banyak membaca bermacam jenis karya tulis, mempelajari kata sulit yang apabila kita temui saat membaca karya tulis, berlatih menulis.

  4. Aulia Eden (5201415011)

    October 20, 2016 at 1:17 pm

    jawaban
    1. mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia membuat kita sadar akan pentingnya belajar bahasa dan budaya kita dengan baik dengan tetap mempertimbangkan kaidah yang ada ,dan Derasnya arus globalisasi di dalam kehidupan kita akan berdampak pula pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dalam era globalisasi itu, bangsa Indonesia mau tidak mau harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi.

    2.manfaat dari mempelajari kesantunan berbahasa adalah kita dapat menggunakan bahasa kepada orang lain dengan santun dan mengerti unggah ungguh bahasa yang dilakukan jika berkomunikasi dengan yang lebih tua maupun muda.

    3.kita lebih tahu dengan jelas dan luas ragam bahasa di Indonesia dan lebih mengenal karateristik empat ragam bahasa : yaitu bahasa hukum,ragam bahasa ilmiah,ragam bahasa jurnalistik dan sastra.

    4.menggunakan diksi yang tepat,menggunakan ejaan yang benar,menggunakan kalimat efektif,menggunakan paragraf yang padu dan koherensif.

    5.menyusun kalimat efektif dengan mempertimbangkan : • Kesepadanan atau Kesatuan
    . Memiliki keutuhan dan kestuan gagasan
    . memiliki perpautan atau perpaduan
    • Kesejajaran Bentuk (Paralelisme)
    • Penekanan dalam kalimat
    • Kehematan
    • Kevariasian
    • Kelogisan
    dan memiliki kaidah sebagai berikut
    1. Unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat,
    2. Aturan-aturan tentang Ejaan yang Disempurnakan,
    3. Cara memilih kata dalam kalimat.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Pengertian Pengelasan menurut DIN (Deutch Industrie Normen) las adalah suatu ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair. Dari definisi tersebut dapat dijabarkan lebih lanjut bahwa las adalah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas.Pada waktu ini telah dipergunakan lebih dari 40 jenis pengelasan termasuk pengelasan yang dilaksanakan dengan cara menekan dua logam yang disambung sehingga terjadi ikatan antara atom-atom molekul dari logam yang disambungkan.

    8.sering membaca ,menulis secara teratur dan struktur,belajar cara menulis yang baik dan benar,mempunyai mod yang baik saat menulis,dan mengevaluasikanya bersma orang lain,dan minta pendapat orang lai

  5. aziscahyono

    October 20, 2016 at 1:22 pm

    Nama : Azis cahyono
    Nim : 5201415024
    Prodi : Pendidikan Teknik mesin

    jawaban :

    1.saya menjadi tahu asal usul terbentuknya bahasa indonesia yang memang tidak mudah untuk merumuskanya dengan keadaan bangsa yang terpisah akan pulau pulau, beda agama dan keyakinan serta bersifat yang beragam dapat menjadi bahasa pemersatu bangsa indonesia. ketika bahasa ini berkembangpun saya merasa banga karena memiliki bahasa asli tanah air yang belum tentu semua negara memiliki bahasa pemersatunya sendiri.

    2.ketika saya telah mempelajari tentang kesantunan berbahasa saya menjadi lebih faham akan pentingnya kesantunan dalam berbahasa dan bahasa sayapun menjadi lebih santun kepada lawan berbicara saya.

    3. ketika saya telah memahami ragam bahasa yaya jadi mengetahui ada ragam bahasa di dunia saya jadi lebih menghormati dan menghargai akan ragam bahasa yang ada . saya juga lebih tertarik untuk mempelajari dan mengembangkanya.

    4. agar penulis dapat memilih kata dengan tepat untuk menulis karya ilmiah maka yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan diksi adalah hindari kata kata yang tidak mudah dimengerti dan usahakan memakai kata kata ilmiah , hindari adanya jargon dan perbanyaklah kalimat efektif.

    5. caranya adalah susunlah kalimat tersebut hingga kalimat memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan , lalu kata memiliki perpautan dan kepaduan ,lalu juga memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, memiliki kehematan kata , kata memiliki kevariasian , kata juga memiliki kesejajaran atau pararelisme

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika terhadap China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai konsumen.

    7. Master cam adalah suatu software pengolah data untuk membuat suatu kode pengolah data berupa printah-printah dalam bentuk kode angka dan huruf untuk nanti dapat diaplikasikan dalam mesin CNC atau mesin pemproduksi komponen-komponen dalam mesin yang beroprasi dengan menjalankan suatu mesin dengan mengunakan program yang diatur oleh komputer.

    8. agar kemampuan menulis saya meningkat secara signifikan saya akan membaca banyak artikel ilmiah dan jurnal untuk mengasah kemampuan saya mengenai kata dan saya akan melatih tulisan saya dengan meikuti lomba lomba karya tulis ilmiah dan mencoba untuk segera mengajukan judul skripsi.

  6. nursanti

    October 20, 2016 at 1:24 pm

    NURSANTI(5401415068)

    1.Manfaat yang saya dapat setelah mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah saya mengetahui asal sejarah dan perkembangan bahasa indonesia dan mengetahui bahwa bahasa indonesia adalah sebagai bahasa persatuan/pemersatu bangsa indonesia yang memiliki berbagai bahasa daerah.

    2.Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya mengetahui manfaat menggunakan bahasa yang santun dalam kehidupan sehari – hari akan membuat kita lebih disegani orang.

    3.Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi ragam bahasa adalah saya lebih faham dalam memilih diksi yang tepat dan saya mengetahui perbedaan penggunaan bahasa pada penulisan undang- undang,jurnalistik,karya sastra,karya ilmiah.

    4.seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah harus dipertimbangkan kebakuan EYD,bersifat formal dan objektif dan dapat dimergerti bagi orang yang dituju.

    5.menyusun kalimat efektif adalah kalimat tidak mubazir,kalimat memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan,perpautan,memiliki pemusatan perhatian,kesejajaran,dan memiliki kevariasian.

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena diantara kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7.risoles adalah makanan ringan indonesia yang sangat disukai.Makanan ini disukai karena mudah dibuat dan bahan bakunya mudah didapat.isi risoles pun bisa diisi dengan aneka ragam isian sesuai selera kita,
    seperti sayuran -sayuran maupun daging.

    8.hal yang dilakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah saya harus lebih mengetahui atau menguasai bahasa indonesia yang baik dan benar.

  7. Noor Nailu Shufah

    October 20, 2016 at 1:24 pm

    NOOR NAILU SHUFAH (5401415049)

    1.yang saya peroleh dari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah sebagai pemersatu bangsa dan kesatuan bangsa

    2.yang saya peroleh dari materi kesantunan bahasa adalah kita menjadi lebih santun saat berbahasa,menjadi lebih tau bahasa bahasa yang lebih santun saat digunakan.

    3.yang saya peroleh dari materi ragam bahasa adalah saya bisa membedakan perbedaan penulisan uud,jurnalistik,sastra,karya ilmiah

    4.hal yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan diksi,menggunakan kalimat yang tepat,menggunakan kalimat yang efektif,paragraf baku,dan memnggunakan ejaan yang benar

    5.memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan,memiliki kepaduan,memiliki pemusatan perhatian,memiliki kehematan,memiliki keserasian,memiliki kesejajaran

    6.petarungan antara china dan amerika akan semakin sengit karena keduanya sama sama memiliki modal yang besar dan basis pendukung yang banyak.

    7.sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.

    8.lebih sering lagi menuli,lebih sering membaca,lebih belajar menulis EYD,melakukan evaluasi setelah selesai menulis

  8. Galang Ciputra

    October 20, 2016 at 1:26 pm

    1. Dalam mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, mahasiswa yang bersangkutan (penulis) dapat mengetahui asal usul bahasa Indonesia, yang pada awalnya berasal dari bahasa Melayu dan penamaan “Bahasa Indonesia” yang berawal dari Sumpah Pemuda. Bahasa Indonesia juga telah mengalami beberapa perubahan dan proses pembakuan selama perkembangannya.
    2. Penulis mampu setidaknya meningkatkan pengetahuan tentang bahasa yang santun, dan belajar dengan memperbaiki kesantunan bahasa baik dalam tulisan maupun lisan.
    3. Penulis dapat memperoleh setidaknya sedikit kemahiran dalam berbahasa, dan penggunaan bahasa yang tidak menyalahi norma-norma serta aturan yang berlaku dalam berkomunikasi.
    4. Dalam penulisan karya ilmiah, hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kata yang tepat antara lain; membedakan kata-kata denotatif dan konotatif, memperhatikan kata umum dan khusus, penggunaan majas yang cermat, penggunaan aturan EYD.
    5. Untuk menyusun kalimat efektif, hal yang perlu diperhatikan antara lain ; menghemat kata, memiliki subjek dan predikat yang jelas, cermat dala memilih kata, kepaduan pernyataan, dan kelogisan dan sesuai dengan EYD.
    6. “Persaingan ekonomi yang berlangsung antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya sama-sama memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.”
    7. “Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.”
    8. Hal-hal yang dapat dilakukan dalam meningkatkan keterampilan menulis, adalah dengan berlatih menulis. Kegiatan menulis dengan penerapan materi yang didapatkan dalam MKU Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan dalam mengolah kata dan kalimat menjadi tulisan yang baik.

    Galang Ciputra
    2411414011

  9. Athira Shofa Pradipta (5401415051)

    October 20, 2016 at 1:26 pm

    1. Manfaat mempelajari sejarah bahasa Indonesia bagi saya adalah untuk mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan juga akan menambah kebanggaan serta kecintaan terhadap bahasa Indonesia sehingga harapannya dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

    2. Manfaat mempelajari bagi saya adalah saya menjadi lebih tahu mengenai penggunaan bahasa dengan lebih sopan, termasuk dalam hal komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung (via teks) dengan orang yang lebih tua.

    3. Saya lebih bisa mengembangkan diri dengan tulisan-tulisan saya serta meningkatkan kemampuan dalam penulisan karya ilmiah dan juga jurnalistik. Selain itu saya juga bisa membedakan masing-masing tulisan serta mengetahui karakteristiknya.

    4. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kata dalam karya ilmiah :
    a. Memperhatikan EYD (Ejaan yang Disempurnakan)
    b. Pemilihan diksi yang tepat
    c. Penyusunan paragraf agar menjadi paragraf yang padu
    d. Mengetahui mengenai ragam bahasa
    e. Mengetahui tata cara untuk mengutip
    f. Menggunakan kalimat efektif
    g. Memperhatikan mengenai kesantunan berbahasa
    h. Memahami penalaran dan juga pengembangan bahasa

    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat yang efektif ialah dengan mempertimbangkan hal-hal berikut :
    a. Kalimat itu harus memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    b. Memiliki perpautan atau perpaduan
    Sebuah kalimat bisa dikatakan sebagai kalimat yang padu apabila memiliki kata konjungsi (kalimat penghubung) dan memiliki kata ganti.
    c. Memiliki pemusatan perhatian atau penekanan
    d. Menggunakan kata-kata dengan tidak berlebihan )secara hemat)
    e. Memiliki pola dan bentuk kalimat yang bervariasi
    f. Memiliki kesejajaran dan paralelisme
    Hal-hal diatas merupakan syarat sekaligus pedoman yang dapat digunakan dalam menyusun kalimat efektif.

    6. Persaingan dalam bidang ekonomi antara Amerika dengan China akan menjadi semakin sengit karena keduanya sama-sama memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, serta memiliki jumlah rakyat yang banyak yang dapat dijadikan sebagai dasar konsumen.

    7. Air putih ternyata memiliki berbagai macam manfaat dalam tubuh. Selain dapat menghilangkan dahaga air putih juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit, membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi, membantu mengendalikan asupan kalori tubuh, serta berbagai manfaat lain yang tidak kalah pentingnya. Dewasa ini kebanyakan anak-anak lebih menyukai meminum cairan berwarna karena memiliki rasa yang manis dan lezat, alhasil asupan air putih mereka menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan anjuran yang disarankan. Kebutuhan cairan untuk masing-masing orang berbeda-beda. Untuk laki-laki disarankan untuk meminum minimal 2 liter sehari, sedangkan untuk perempuan sebanyak 1,6 liter sehari. Meminum air putih dengan keadaan perut kosong dapat membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.

    8. Cara yang saya lakukan adalah memperbanyak bahan bacaan saya baik dari buku maupun secara online. Karena saya memang gemar menulis cerita maka saya akan meluangkan waktu saya untuk menulis beberapa cerita dalam setiap minggunya yang nantinya akan saya persilakan kepada teman saya untuk menilai apakah masih ada tulisan yang tidak sesuai atau tidak. Setelah itu saya sendiri akan memeriksa kembali tulisan saya dan memperbaiki serta membaca lagi mengenai hal-hal yang bagi saya belum saya pahami.

  10. tia etri ariyanto

    October 20, 2016 at 1:28 pm

    NAMA :TIA ESTRI ARRIYANTO
    NIM :5401415069

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah, bisa mengetahui awal mula bahasa indonesia dijadikan bahasa nasionl, mengetahui berbagai macam peristiwa penting yang mengiringi bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan maupun sebagai bahasa negara, menambahkan nilai nasionalisme terhadap diri sendiri dengan mempelajari maeri sejarah dan perkembangan bahasa indonesia.

    2.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah, sayaa menjadi lebih mengetahui tentang tata cara berkomunikasi yang baik , penggunaan bahasa yang baik.

    3.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah , saya menjadi lebih memahaami tentanng karakteristik ragam bahasa yang di gunakan dalam bidang hukum ,ilmiah , jurnalistik dan sastra . mengetahui sistematika, diksi,ebi,gramatika dan perbedan dari keempat ragam bahasa tersebut.

    4.yan harus d pertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah, seorang penuls harus menguasai kosa kata yang banyak, menggunkan diksi yang tepat, seorang penulis harus mengusai ebi agar pemilihan kata katanya tepat.

    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah, Kesatuan gagasan harus ada beberapa unsur seperti subjek, predikat objek dan keterangan yang dapat membentuk suatu kalimat, Kesejajaran makna dari kesejajaran adalah didalam kalimat memeliki kesamaan imbuhan, Kehematan
    dalam penyusunan kalimat efektif tidak diperlu menggunakan kata-kata yang yang tidak diperlukan yang berlebihan, Penekanan penyusunan kalimat efekti harus ada penenkanan karena pendenagr dan pembaca mengerti apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut, Kelogisan logis atau masuk akal, jadi dalam penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan.

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    Perbaikan : Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah yang besar sebagai basia konsumen.

    7. Ada kalanya bahan dasar tidak segera diolah karena sesuatu dan lain hal. Perhatikan pada usaha atau industri katering misalnya untuk persiapan memasak dinihari maka persiapan bahan sudah dilakukan pada waktu sebelumya. Berbagai bahan untuk berbagai jenis masakan kemungkinan ada diantaranya sama. Bahan-bahan tersebut harus sudah dalam keadaan siap diolah pada dini hari dalam waktu yang relatife singkat. Untuk mempermudah dan memperlancar proses maka bahan tersebut harus dikemas atau dibungkus kemudian disimpan sesuai sifat bahannya. Beberapa jenis bahan harus dalam keadaan baik dan segar, oleh karena itu perlu disimpan dalam pendingin. Satu hal yang perlu diingat bahwa beberapa bahan makanan mempunyai aroma yang kuat yang dapat pengaruhi kualitas makanan lainnya ketika disimpan dipendingin. Pengolahan bahan makanan baik yang berasal dari nabati (buah-buahan dan sayuran) maupun hewani (susu, daging, unggas, ikan) di Indonesia masih merupakan lapangan usaha yang mempunyai prospek yang sangat baik di masa depan. Pemahaman tentang perlakuan pendahuluan mutlak diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan makanan bangsa Indonesia baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Mengingat sangat beragamnya sumber bahan makanan kita dengan banyak variasi sifat dan karakteristiknya maka dalam mempersiapkan proses pengolahan tidak semua perlakuan dapat atau harus diterapkan untuk semua bahan. Jenis, sifat, karakteristik bahan perlu dipertimbangkan dalam menentukan suatu tindakan.

    8.Yang saya lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan adalah lebih banyak belajar, membaca berbgai macam jenis karya, sering membuat artikel atau karya tulis dan meuangkan waktu , mengikuti acara yang dapat meningkatkan kualitas menulis kita.

  11. Litazkiyati

    October 20, 2016 at 1:29 pm

    NAMA : LITAZKIYATI
    NIM : 5401415070

    1. Manfaat yang saya peroleh dari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya menjadi lebih mengetahui tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia. Mulai dari asal-usul lahirnya bahasa Indonesia, kapan tepatnya bahasa Indonesia mulai digunakan, serta mengetahui bahwa bahasa Indonesia memiliki peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia.

    2. Manfaat bagi saya mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya menjadi lebih berhati-hati dan memperhatikan kesantunan saya dalam berbahsasa dengan orang lain terutama dengan orang yang lebih tua.

    3. Manfaat bagi saya mempelajari ragam bahasa adalah saya menjadi lebih mengetahui perbedaan karakteristik seperti sistematika,diksi, EBI, gramatika, dan logika pada masing-masing ragam bahasa yang ada yaitu ragam bahasa hukum, jurnalistik, ilmiah, dan sastra.

    4. Saat menulis karya ilmiah, seorang penulis harus mempertimbangkan 2 syarat dalam memilih kata yaitu ketepatan dan kesesuaian. tepat artinya kata-kata yang dipilih dapat mengungkapkan apa yang ingin disampaikan. sedangkan kesesuaian menuntut kecocokan antara kesempatan dan keadaan pembaca. kata yang digunakan juga harus baku dan bersifat formal dan objektif.

    5.Cara menyusun kalimat efektif adalah kita harus menyusun berdasarkan unsur-unsur suatu kalimat dapat dikatakan efektif yaitu memiliki kesatuan gagasan , perpaduan, pemusatan perhatian, kehematan, kevariasian, dan kesejajaran.

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.Gangguan kesehatan ini dikenal dengan istilah avitaminosis. Contohnya adalah bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. Di samping itu, asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

    8. untuk meningkatkan keterampilan menulis, saya harus lebih banyak membaca untuk memperkaya kosa kata dan juga selalu belajar menulis agar keterampilan menulis saya lebih terasah.

  12. muhammad calvin nasai

    October 20, 2016 at 1:29 pm

    Nama : muhammad calvin nasai
    Nim : 8111416225
    Fakultas : hukum
    1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
    1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tulis.
    2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
    3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
    4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial

    2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
    1. dapat berbicara dengan baik sesuai dengan situasi dan kondisi
    2. mengguasai bahasa lisan secara fasih
    3. dapat berbicara menggunakan tata bahasa, sistem ejaan, artikulasi, dan kalimat yang sesuai dengan aturan bahasa dengan baik
    4. dapat berbahasa sesuai norma-norma budaya

    3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
    1. mampu berbicara dengan bahasa indonesia denga baik dan benar serta menggunakan ejaan bahasa yang telah disempurnakan (EYD)
    2. dapat menggucapkan bahasa indonesia dengan baik serta bertutur kata sopan sebagaimana pedoman yang ada
    3. menjadi manusia yang lebih baik

    4. Hal yang di pertimbangkan seorang penulis dalam memilih diksi saat menulis karya ilmiah adalah
    1. Menggunakan paragraf yang padu dan koherensif
    2. Menggunakan kalimat yang efektif
    3. Pemilihan kata yang lazim
    4. Pemilihan kata yang cermat
    5. Pemilihan Ungkapan idiomatik dengan benar
    6. Penggunaan kata hubung yang tepat
    7. Menggunakan ejaan yang benar (sesuai EYD)

    5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?

    1. Kesatuan gagasan
    Kesatuan gagasan yang dimaksudkan disini adalah dalam menyusun kalimat efektif harus ada beberapa unsur seperti subjek, predikat objek dan keterangan yang dapat membentuk suatu kalimat.

    2. Kesejajaran
    Makna dari kesejajaran adalah didalam kalimat memeliki kesamaan imbuhan.

    3. Kehematan
    Dalam penyusunan kalimat efektif tidak diperlu menggunakan kata-kata yang yang tidak diperlukan yang berlebihan.

    4. Penekanan
    Penyusunan kalimat efekti harus ada penenkanan karena pendenagr dan pembaca mengerti apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut.

    5. Kelogisan
    Logis atau masuk akal, jadi dalam penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan.

    6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    Jawab:
    Pertarungan ekonomi amerika dengan china semakin sengit karena mereka mempunyai modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen
    7. • Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
    Tingkat kejahatan di kota besar meningkat. Bagian kriminal kepolisian Cilandak, Jakarta Selatan mencatat terjadi kenaikan laporan tindak kejahatan sebulan terakhir. Tindak yang paling banyak terjadi yaitu kasus pencurian yang telah mencatat sekitar 237 laporan yang dikategorikan sebagai kasus pencurian. Meningkatnya kasus kejahatan di kota besar terjadi seketika pemerintah menaikkan harga BBM. Kasus pencurian dan pembegalan banyak terjadi di tempat-tempat yang sepi atau disaat jam sibuk. Kepala kepolisian Cilandak sedang menyelidiki, sekelompok genk yang diduga terlibat di balik tindak kejahatan ini.

    8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
    1. Disiplin menulis
    2. Belajar menulis sesuai EYD
    3. Membaca dengan teratur
    4. Melakukan evaluasi setiap selesai menulis
    5. Menggunakan kalimat aktif
    6. Minta saran dan kritik pada dosen,guru,penulis

  13. Seno Bayu Wicaksono

    October 20, 2016 at 1:30 pm

    SENO BAYU WICAKSONO (5401415071)

    1. sebagai pemersatu bangsa, menyatukan bahasa yaitu bahasa indonesia. dan untuk menyatukan rakyat indonesia melalui bahasa

    2. menjadi lebih santun dalam berbicara maupun membuat suatu karya tulis, dan mengetahui kata yang santun dan tidak santun

    3. menjadi mengetahui penggunaan diksi yang tepat, mengetahui berbagai jenis bahasa yang dapat digunakan sebagai variasi.

    4. menggunakan diksi yang tepat, menggunakan kalimat yang tepat, menggunakan ejaan yang benar menggunakan kalimat efektif, dan paragraf yang baku

    5. memiliki keutuhan dan kesatuan gagasan, memiliki perpautan atau kepaduan, memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, memiliki kehematan, memiliki kevariasian, kesejajaran atau paralelisme

    6. pertarungan antara amerika dan china akan semakin sengit. karna mereka sama-sama memiliki modal yang besar, meguasai mayoritas pasar dunia, dan rakyat dalam jumlah besar

    7. Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.

    8. dengan rajin menulis dan sering membaca buku. dan memahami bahasa indonesia dengan eja’an yang disempurnakan

  14. Yurike Wangke

    October 20, 2016 at 1:32 pm

    Nama : Yurike Wangke
    NIM : 5401415044

    jawaban no 1.
    saya dapat mengetahui bagaimana awal mula bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa nasional, mengetahui peran bahasa Indonesia dalam upaya mencapai kemerdekaan, mengetahui pentingnya berbahasa Indonesia dalam dunia pendidikan di Indonesia yang identik dengan beragam bahasa yang dimilikinya. secara pribadi, karna bahasa Indonesia, saya dapat berkomunikasi dengan teman teman yang berasal dari berbagai daerah.

    no. 2
    manfaat yang saya peroleh adalah saya dapat memperbaiki setiap kalimat dan bahasa yang saya gunakan pada saat berbicara dengan orang lain, terutama kepada orang yang lebih tua dan menggunakan bahasa yang tepat agar orang lain tidak tersinggung.

    no. 3
    maanfaat yang saya peroleh adalah saya dapat mengetahui sistemaktika dan membedakan setiap bahasa yang digunakan pada karya ilmiah, sastra, jurnalistik dan hukum. masing masing memiliki karakteristik. saya juga dapat memperbaiki diksi yang saya gunakan untuk meulis karya ilmiah.

    no. 4
    hal yang harus pertimbangkan penulis saat menulis karya ilmiah adalah ketepatan dan kesesuaian kata yang akan digunakan agar pembaca dapat mengerti maksud dari si penulis. menggunakan bahasa yang baku dan formal, tidak bertele tele.

    no. 5
    dalam kalimat harus terdapat subjek dan predikat. kalimat efektif juga harus memiliki kesatuan gagasan, memiliki perpautan yang logis antara unsur-unsur di dalam kalimat, memiliki penekanan salah satu bagian dalam kalimat yang sesuai dengan kebutuhan, memiliki kehematan kata, memiliki kevariasian, dan kesejajaran dalam kalimat.

    no. 6
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    no. 7
    pertumbuhan mikroba pada pangan dapat menimbulkan kerugian dan keuntungan. mikroba yang merugikan misalnya menyebabkan kerusakan pada rasa, bau dan tekstur bahkan memyebabkan kercunan dan penyakit. sedangkan mikroba yang menguntungkan adalah yang berperan pada proses fermentasi pangan, contphnya kecap, nata de coco, tape, yoghurt, dll. dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat melakukan tindakan pencegahan pertumbuhan mikroba yang menyebabkan kerusakan pada makanan dan merangsang mikroba yang menguntungkan.

    no. 8
    lebih banyak membaca untuk memperkaya kosa kata, lebih banyak belajar menulis.

  15. Arum Widiani

    October 20, 2016 at 1:34 pm

    Arum Widiani (3601415010)
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah saya dapat mengetahui asal mula bahasa Indonesia dan bagaimana perkembangan bahasa Indonesia hingga sekarang karena sesuai dengan perkembangan zaman perkembangan bahasa Indonesia muncul kata-kata baru contoh baper.
    2. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari kesantunan berbahasa saya dapat megetahui etika berbahasa terutama saat berbicara dengan orag yang lebih dihormati atau orang yang lebih tua, disini saya dapat lebih mengetahui tata cara berbahasa dengan orang lain karena telah mempelajari materi kesantunan dalam berbahasa.
    3. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa adalah saya lebih mengetahui tata aturan bahasa atau cara-cara dalam berbahasa yang baik dan benar. Dilihat dari beberapa tokoh yang kita analisis kita dapat mengambil contoh mana bahasa yang baik, benar dan santun.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah, penulis tersebut seharusnya mengetahui tata cara dalam penulisan karya ilmiah, penulis tersebut seharusnya memiliki banyak keragaman bahasa, karena dalam penulisan karya ilmiah sebaiknya kita mengetahui kata-kata yang belum kita ketahui karena kata-kata dalam karya ilmiah biasanya mengantung kata-kata yang asing yang berhubungan dengan keilmiahan. Dalam penulisan karya ilmiah kita sebaikya memperhatikan Ejaan Bahasa yang Disempurnakan (EYD), KBBI< dan tata umum penggunaan bahasa.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif, sebaiknya kita menggunakan kata-kata yang mudah dioahami, ukuranpanjang kalimat sedang, penggunaan majas sangat dibatasi, menghindari ungkapan yang bersifat ekstrem atau emosional, menghindari kata-kat yang mubazir, ringkas padatkonsisten dalam penggunaan tanda baca dan kata ganti.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    Pembenaran : Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan berlangsung sengit karena keduannya memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia dan memiliki jumlah rakyat yang besar sebagai basis konsumen.
    7. Dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial kita mempelajari segala yang berbau sosial, semisal sosiologi, ekonomi, sejarah, dan geografi. Kita mempelajari berbagai macam ilmu yang berguna bagi kita di masa depan, karena di dalamnya kita pelajari ilmu yang mengandung segala hal yang berbau sosial dan alam. Ilmu yang kita pelajari juga dapat diamalkan di kehidupan masyarakat.
    8. Keterampilan menulis yang saya lakukan supaya lebih signifikan sering menulis karya ilmiah, menambah kosa kata yang kita tidak ketahui, belajar membuat kalimat yang efektif dan membuat paragraf yang padu. Karena degan terus menerus berlatih menuliis kita akan melatih keterampilan kita dalam menulis.

  16. Dina Amalia Utami

    October 20, 2016 at 1:35 pm

    NAMA : DINA AMALIA UTAMI
    NIM : 5401415064

    1. Sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia dapat bermanfaat untuk perkembangan berbahasa saya di masa depan. Dengan mempelajari itu saya dapat mengerti tentang asal mula bahasa Indonesia di sah kan dan dibentuk. Dengan itu, kita dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan jiwa tanah air. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa, dimanapun kita berada kita akan merasa nyaman karena merasa nyaman dengan bahasa persatuan yang kita miliki. Sejarah perkembangan bahasa Indonesia sangat unik. Kita dapat lebih menghargai perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa dengan begitu saya dapat mengetahui sejarah perkembangan bahsa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.

    2. Manfaat mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Kita dapat berkomunikasi dengan lebih efektif, lebih sopan dan santun dalam berbahasa. Dengan begitu kita lebih menghargai lawan bicara. Kesantunan berbahasa sendiri ada kebijaksanaan, kedermawanan, kesederhanaan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dengan begitu kita dapat menghormati kepada lawan bicara dan orang yang lebih tua.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat mengetahui dan memahami ragam bahasa harus memperhatikan diksi, gramatika, sistematika dan logika. Saya juga lebih mengetahui tentang perbedaan yang mendasar pada analisis ragam bahasa dari hukum, jurnalistik, karya sastra dan karya ilmiah. Bahwa dari keempat yang saya analisis tersebbut memiliki ke khas an dan memiliki perbedaan sendiri-sendiri.

    4. Yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah seorang penulis harus menguasai EBI agar kata dan huruf abjad nya tepat. Menggunakan ragam bahasa yang formal. Menggunakan kalimat efektif, dan juga diksi yang tepat dan membentuk kalimat efektif juga sangat berpengaruh.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh dihilangkan dan juga unsur-unsur yang seharusnya tidak ada tidak perlu dimunculkan kembali. Kalimat efektif juga mempunyai ciri-ciri kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.Kalimat efektif juga harus memiliki kesatuan gagasan yaitu SPOK.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen
    Perbaikan : Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Makanan akan tercemar dan tidak terlindungi dari mokroorganisme yang merugikan. Tidak terjaganya higiene saat pengolahan pangan. Jika pangan tersebut di konsumsi oleh konsumen, maka akan menimbulkan kerugian bagi konsumen dan bisa berakibat fatal. Dengan demikian masyarakat konsumen akan terlindungi keamanan dan keselamatannya. Kenyataan tersebut perlu di sadari benar karena setiap tahap proses pengolahan makanan selalu memungkinkan terjadi kontaminasi dan pencemaran oleh mikroorganisme.

    8. Saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah lebih gemar membaca dan belajar bahasa Indonesia. Membaca berbagai karya sastra, artikel dan bacaan lainnya. Lebih sering meluangkan waktu untuk menulis dan membuat karya sastra serta artikel sederhana agar meningkatkan potensi. Serta mengikuti berbagai pelatihan dan seminar agar meningkatkan kemahiran menulis.

  17. Dina Amalia Utami

    October 20, 2016 at 1:35 pm

    NAMA : DINA AMALIA UTAMI
    NIM : 5401415064

    1. Sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia dapat bermanfaat untuk perkembangan berbahasa saya di masa depan. Dengan mempelajari itu saya dapat mengerti tentang asal mula bahasa Indonesia di sah kan dan dibentuk. Dengan itu, kita dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan jiwa tanah air. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa, dimanapun kita berada kita akan merasa nyaman karena merasa nyaman dengan bahasa persatuan yang kita miliki. Sejarah perkembangan bahasa Indonesia sangat unik. Kita dapat lebih menghargai perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa dengan begitu saya dapat mengetahui sejarah perkembangan bahsa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.

    2. Manfaat mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Kita dapat berkomunikasi dengan lebih efektif, lebih sopan dan santun dalam berbahasa. Dengan begitu kita lebih menghargai lawan bicara. Kesantunan berbahasa sendiri ada kebijaksanaan, kedermawanan, kesederhanaan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dengan begitu kita dapat menghormati kepada lawan bicara dan orang yang lebih tua.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat mengetahui dan memahami ragam bahasa harus memperhatikan diksi, gramatika, sistematika dan logika. Saya juga lebih mengetahui tentang perbedaan yang mendasar pada analisis ragam bahasa dari hukum, jurnalistik, karya sastra dan karya ilmiah. Bahwa dari keempat yang saya analisis tersebbut memiliki ke khas an dan memiliki perbedaan sendiri-sendiri.

    4. Yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah seorang penulis harus menguasai EBI agar kata dan huruf abjad nya tepat. Menggunakan ragam bahasa yang formal. Menggunakan kalimat efektif, dan juga diksi yang tepat dan membentuk kalimat efektif juga sangat berpengaruh.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh dihilangkan dan juga unsur-unsur yang seharusnya tidak ada tidak perlu dimunculkan kembali. Kalimat efektif juga mempunyai ciri-ciri kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.Kalimat efektif juga harus memiliki kesatuan gagasan yaitu SPOK.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen
    Perbaikan : Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Makanan akan tercemar dan tidak terlindungi dari mokroorganisme yang merugikan. Tidak terjaganya higiene saat pengolahan pangan. Jika pangan tersebut di konsumsi oleh konsumen, maka akan menimbulkan kerugian bagi konsumen dan bisa berakibat fatal. Dengan demikian masyarakat konsumen akan terlindungi keamanan dan keselamatannya. Kenyataan tersebut perlu di sadari benar karena setiap tahap proses pengolahan makanan selalu memungkinkan terjadi kontaminasi dan pencemaran oleh mikroorganisme.

    8. Saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah lebih gemar membaca dan belajar bahasa Indonesia. Membaca berbagai karya sastra, artikel dan bacaan lainnya. Lebih sering meluangkan waktu untuk menulis dan membuat karya sastra serta artikel sederhana agar meningkatkan potensi. Serta mengikuti berbagai pelatihan dan seminar agar meningkatkan kemahiran menulis.

  18. Bias Nurul Pratiwi (5402415014)

    October 20, 2016 at 1:37 pm

    1. Mengetahui alasan mengapa menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan, sehingga akan lebih bersemangat untuk mempelajarinya.

    2. Dengan mengetahui kesantunan berbahasa saya semakin sadar bahwa selama ini bahasa yang saya gunakan belum sepenuhnya benar.

    3. Dalam penggunaan bahasa indonesia dapat disesuaikan dengan tujuan penulisan. Cakupan karya yang diciptakan dengan bahasa indonesia yang ditempatkan sesuai tujuannya akan menciptakan karya sesuai tujuan penulisan.

    4. Tujuan dari penulisan, Tema yang diangkat dalam karya tulis, budaya sekitar karena terkadang pemilihan kata yang tidak biasa dengan budaya sekitar akan menimbulkan prsepsi yang berbeda.

    5. Kesatuan gagasan, kalimat satu dengan yang lain saling padu. Dalam suatu paragraf terdapat penekanan yang menjadi pusat perhatian. Memiliki kehematan.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, karena mereka memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Memiliki rambut panjang adalah dambaan setiap wanita. Namun dengan perkembangan dunia fashion saat ini rambut panjang tidak lagi menjadi dambaan setiap wanita. Ada banyak gaya rambut yang ditawarkan dengam perkembangan fashion saat ini. Salah satu fashion rambut yang digandrungi para wanita saat ini adalah model rambut layer panjang, dimana rambut dipangkas dengam kepanjangan yang berbeda sehingga menimbulkan kesan rambut bervolume. Model rambut tersebut akan sangat cocok diaplilasilan dengam sedikit sentuhan curly disetiap ujung rambut.

    8. Perbanyak membaca sesuai bidang yang ingin didalami. Karena dengan begitu kita akan banyak menemukan bacaan yang dikembangkan dengan berbagai teknik yang berbeda.

  19. cairin melina

    October 20, 2016 at 1:43 pm

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah dapat mengetahui perkembangan bahasa indonesia dari zaman ke zaman, dimulai dari awal mula hingga sekarang, serta mengetahui persamaan maupun perbedaan bahasa indonesia dari generasi ke generasi.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah dapat berbahasa dengan santun yang tidak menyinggung perasaan atau menimbulkan salah paham dengan mitra tutur, sehingga tujuan komunikasi saya dapat tercapai dengan baik.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah dapat mengetahui macam-macam ragam bahasa indonesia yang sering digunakan.
    4. a. Mengindari penggunaan kata slang
    b. menggunakan kata-kata sesuai dengan situasi
    c. membedakan makna denotasi dan konotasi kata
    d. menghindari kata-kata yang diciptakan sendiri
    e. membedakan dengan cermat kata-kata yang bersinonim
    f. berhati-hati dalam penggunan kata asing
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif:
    1. Memperhatikan keutuhan atau kesatuan gagasan
    2. memiliki perpautan atau kepaduan
    3. memiliki pemusatan perhatian atau penekanan
    4. memperhatikan kehematan kata
    5. memiliki kevariasian
    6. kesejajaran atau paralelisme
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Kejahatan seksual di Indonesia semakin marak terjadi, terutama terjadi pada anak-anak. Anak-anak menjadi sasaran utama kejahatan, karena mereka selalu diposisikan sebagai sosok yang lemah dan tidak berdaya. Terkait dengan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, di mana batas usia menikah bagi perempuan adalah minimum 16 tahun dan bagi laki-laki 19 tahun. Sementara menurut Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun. Jika kedua undang-undang tersebut disandingkan, maka dapat diartikan bahwa negara justru membuka pintu terjadinya kejahatan seksual pada anak. Dengan kata lain, ada peluang kejahatan seksual yang tidak bisa diutak-atik secara hukum karena dilegalkan oleh negara. Anak-anak selalu dibayang-bayangi oleh bahaya yang bisa merenggut kebahagiaan mereka. Tidak ada lagi tempat yang benar-benar aman bagi mereka, baik tempat umum, ibadah, sekolah, bahkan dalam lingkup keluarga sekaligus. Keluarga yang seharusnya menjadi tempat berlindung dan zona ternyaman mereka, terkadang dari situlah orang-orang terdekat mereka yang bisa kapan saja melakukan tindakan keji teresebut. Terlihat bahwa tidak ada jaminan keamanan dan perlindungan dari tindak kejahatan seksual. Kejahatan seksual terhadap anak memiliki dampak yang buruk bagi masa depan mereka, sementara mereka adalah pengemban masa depan bangsa.
    8. Hal yang saya lakukan agar ketrampilan menulis meningkat signifikan adalah pertama saya harus terus membaca buku agar wawasan saya terus bertambah, kedua mengamati fenomena atau peristiwa yang terjadi disekitar sehingga nantinya dapat menginspirasi saya, dan ketiga saya harus mencintai bahasa indonesia.

    • cairin melina

      October 20, 2016 at 1:45 pm

      cairin melina (8111416224)

  20. Cinta Amalia Kasih

    October 20, 2016 at 1:43 pm

    AGUNG GUNAWAN (5401415057)

    1.Dalam mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia saya mengehaui tentang asala sejarah bahasa Indonesia mulai dari bahasa melayu sebagai dasar lalu berkembang sebagai sebuah bahasa,mengerti nilai kesatuan yang terjadi dengan adanya bahasa Indonesia dan memperkuat persatuan yang ada.Perkembangan nya sendiri semakin tahu akan banyak kosakata bahasa Indonesia yang selama ini belum saya ketahui.

    2.menjadi dan dapat mengpraktekan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan santun kepada teman,dosen maupun orang tua.Mendapatkan kesan yang lebih baik dilihat dari tutur berbahasa saya.

    3.Mengerti dan dapat menganalisa cara penulisan karya sastra,karya jurnalistik,undang-undang,dan karya ilmiah sehingga saya dapat menuliskan artikel-artikel tersebut dengan benar.Mengerti perbedaan ragam bahasa tersebut dan mengetahui diksi yang tepat dalam penulisan artikel tersebut.menerti kooirensi

    4.Orang yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.
    Kesesuaian diksi dengan karya ilmiah yang akan dibuat
    Memberi keterangan sedetail mungkin kepada kata yang tidak lazim digunakan
    Bersifat formal dan Objektif
    Menggunakan bahasa yang baku,efektif dan sesuai EYD

    5.memenuhi sediktnya Subyek dan Predikat
    memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    memiliki kepatutan dan padu
    memiliki pusat perhatian
    memiliki kehematan
    memiliki kevariasian
    sejajar

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen

    7.Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam. Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

    8.Mulai sering membaca apapun baik itu karya sastra,jurnal,artikel dan makalah sebeagai referensi.Sering menulis beberapa artikel sehingga terbiasa dalam menulis karya yang baik.

    • Cinta Amalia Kasih

      October 20, 2016 at 1:51 pm

      CINTA AMALIA KASIH (5401415076)

      1.saya mengetahaui tentang asal sejarah bahasa Indonesia mulai dari bahasa melayu sebagai dasar lalu berkembang sebagai sebuah bahasa,mengerti nilai kesatuan yang terjadi dengan adanya bahasa Indonesia dan memperkuat persatuan yang ada.Perkembangan nya sendiri semakin tahu akan banyak kosa kata bahasa Indonesia yang selama ini belum saya ketahui.

      2.saya dapat mempraktekan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan santun kepada teman,dosen maupun orang tua.Mendapatkan kesan yang lebih baik dilihat dari tutur berbahasa saya.

      3.saya dapat mengerti dan dapat menganalisa cara penulisan karya sastra,karya jurnalistik,undang-undang,dan karya ilmiah sehingga saya dapat menuliskan artikel-artikel tersebut dengan benar.Mengerti perbedaan ragam bahasa tersebut dan mengetahui diksi yang tepat dalam penulisan artikel tersebut.menerti kooirensi

      4.Orang yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.
      Kesesuaian diksi dengan karya ilmiah yang akan dibuat
      Memberi keterangan sedetail mungkin kepada kata yang tidak lazim digunakan
      Bersifat formal dan Objektif
      Menggunakan bahasa yang baku,efektif dan sesuai EYD

      5.memenuhi sediktnya Subyek dan Predikat
      memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
      memiliki kepatutan dan padu
      memiliki pusat perhatian
      memiliki kehematan
      memiliki kevariasian
      sejajar

      6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen

      7. Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam. Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

      8.Mulai sering membaca apapun baik itu karya sastra,jurnal,artikel dan makalah sebeagai referensi.Sering menulis beberapa artikel sehingga terbiasa dalam menulis karya yang baik.

  21. ARI PRATIWI

    October 20, 2016 at 1:45 pm

    1. dengan mempelajari bahasa indonesia kita dapat mengetahui bagaimana berbahasa yang baik dan benar baik sekarang hingga kedepannya.
    2. karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Bahasa Indonesia telah berhasil menyatukan semangat para pemuda untuk bersatu pada saat Sumpah Pemuda . Karena itulah, bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang berbeda-beda ini.
    3. Kita dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan kalimat yang tidak lengkap, kata yang tidak baku, membalik susun kataatau struktur atau struktur kalimat
    4. dengan menggunakan kebakan bahasa dibaromateri oleh Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), tata istilah, Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan Tata bahasa baku bahasa indonesia.
    5. -Gagasan yang diungkapkan dengan lengkap, jelas, ringkas, dan tepat.
    -menghindari ungkapan yang bersifat ekstrem dan emosional
    -menghindari kata-kata yang mubazir
    -bersifat moderat
    -Ukuran panjang kalimat sedang
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Susu mengandung kalsium yang berperan aktif dalam proses pembentukan dan penguatan tulang manusia. Dengan adanya kalsium ini, tulang manusia mendapatkan asupan makanan yang cukup sehingga tidak mudah keropos dan kuat. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, sehingga membantu kita untuk menambah tinggi badan. Tidak hanya tulang saja yang mendapatkan manfaat dari zat kalsium ini, tetapi bagian-bagian tubuh yang lain seperti gigi, dan rambut. Namun, tahukah Anda selain kalsium, susu juga mengandung protein. Zat ini disebut dengan zat pembangun karena protein berfungsi untuk membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.
    8. Belajar, berlatih, dan sabar

  22. Nidyo Atzy Munitsa Ghaida (5401415066)

    October 20, 2016 at 1:45 pm

    1. Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi dan sejarah bahasa indonesia yaitu saya menjadi mengetahui tentang sejarah bahasa Indonesia dan dengan mengetahui sejarah tersebut, saya berusaha untuk melestarikan bahasa Indonesia dengan menggunakannya pada kegiatan sehari-hari, baik dalam forum formal maupun nonformal.

    2. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya lebih mengetahui bagaimana etika berbicara ataupun kesantunan berbahasa ketika berbicara secara tatap muka, maupun melalui alat komunikasi seperti telepon genggam kepada orang lain. Sehingga tidak menyinggung pihak yang sedang saya ajak bicara.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika saya mempelajari ragam bahasa adalah saya menjadi mengetahui karakteristik atau ciri-ciri dari tiap-tiap ragam bahasa seperti Ragam Undang-undang, Ragam Jurnalistik,Ragam Ilmiah, dan Ragam Sastra. Sehingga saya mampu menerapkannya.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan yaitu:
    a) Pemilihan diksi
    b) Penggunaan EYD
    c) Penyusunan paragraf
    d) Ragam Bahassa
    e) Pengutipan
    f) Penggunaan kalimat efektif
    g) Kesantunan berbahasa
    h) Penulisaan daftar pustaka
    i) Penalaran

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat yang efektif,yaitu dengan memenuhi persyaratan kalimat efektif seperti:
    a) Memiliki keutuhan dan kesatuan gagasan, maksudnya disini adalah dengan menyusun kalimat yang subjek,predikat dan objeknya jelas.
    b.)Memiliki perpautan atau kepaduan, maksudnya adalah menggunakan preposisi atau konjungsi.
    c.) Memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, maksudnya adalah penulis menonjolkan salah satu dari kalimat sesuai kebutuhan.
    d.) Memiliki kehematan, maksudnya adalah menghilangkan kata-kata yang tidak dibutuhkan.
    e.) Memiliki kevariasian, maksudnya adalah memiliki variasi dalam penyusunan pola kalimat dan bentuknya bervariasi.
    f.) Memiliki kesejajaran atau paralelisme.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dengan China semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki sama-sama memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7.Proses fermentasi adalah proses yang memanfaatkan kemampuan mikroba. Mikrtoba dalam proses fermentasi berperan untuk menghasilkan produk baru. Untuk menghasilkan suatu produk fermentasi tertentu, dibutuhkan kondisi fermentasi dan jenis karakteristik mikroba tertentu. Oleh karena itu, diperlukan keadaan lingkungan , media ,serta perlakuan sehingga menghasilkan produk yang optimal. Setelah produk yang dihasilkan optimal, maka hasil fermentasi sudah dapat dikonsumsi. Hasil fermentasi juga memiliki banyak manfaat yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan,menyehatka, meningkatkan kandungan nutrisi dan memiliki nilai jual yang tinggi. Karena manfaat inilah, banyak orang-orang yang berwirausaha produk-produk fermentasi. Karena selain menguntungkan, produk-produk fermentasi memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

    8. Yang dapat saya lakukan agar ketrampilan menulis saya meningkat signifikan adalah terus berlatih menulis, entah itu menulis essai, karya ilmiah, cerpen, atau bahkan pengalaman pribadi di blog maupun diary. Selain itu dengan banyak membaca buku sehingga memunculkan inspirasi yang mendorong saya untuk menulis dan berkarya.

  23. Ivanda ardhatya saputra(3601415049)

    October 20, 2016 at 1:49 pm

    Ivanda Ardhatya Saputra (3601415049)
    ivandaardhatyasaputra@gmail.com
    1. Saya jadi mengetahui sejarah sebenarnya bahasa indonesia yang digunakan sebagai bahasa nasional sehingga saya lebih memahami makna bahasa indonesia dan saya jadi lebih bangga menggunakan bahasa indonesia dimanapun saya berada
    2. Saya bisa berbahasa lebih santun terhadap semua orang dan sangat bermanfaat untuk masa depan saya yang salah satunya untuk melamar pekerjaan
    3. Sebagai mahasiswa saya bisa lebih bijak dalam memilih kata atau memahami aturan dalam setiap tugas yang diberikan dosen seperti membuat karya ilmiah dan saya bisa memahami prinsip keindahan berbahasa dalam ragam sastra
    4.Hal yang dipertimbangkan antara lain menggunakan diksi yang tepat,menggunakan ejaan yang benar,menggunakan kalimat efektif,menggunakan paragraf yang padu dan komprehensif.
    5. Yang pertama kalimat harus memiliki subjek dan predikat kemudian kalimat yang disusun harus memenuhi unsur kesatuan gagasan,kehematan perpautan,penekanan,kevariasian,dan kesejajaran.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina akan berlangsung sengit karena kedua negara itu memiliki modal yang besar,menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sabagai basis konsumen.
    7. Ilmu pengetahuan sosial merupakan ilmu yang mempelajari tentang berbagai unsur sosial. Ilmu sosial terdiri dari sosiologi,geografi,ekonomi,sejarah,dan politik.Sosiologi mempelajari tentang masyarakat,geografi mempelajari tentang daerah tempat tinggalnya,ekonomi memelajari tentang kebutuhannya,sejarah mempelajari masa lampau kehidupannya,sedangkan politik mempelajari tentang pemerintahan di dalamnya.Semua cabbang ilmu tersebut merupakan kesatuan ilmu pengetahuan sosial.
    8. caranya yaitu sering melakukan kegiatan menulis seperti membuat karya tulis dan sering mencatat saat perkuliahan.

  24. Rusydi Salahuddin

    October 20, 2016 at 1:52 pm

    Rusydi Salahuddin/3601415012

    1. Manfaat yang diperoleh ketika saya mendapatkan materi tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yakni, lebih dapat memahami sejarah bahasa Indonesia dengan detail baik dikaji berdasarkan sejarah bahasa Indonesia, asal usul terbentukya bahasa Indonesia yang dijadikan sebagai suatu ciri atau identitas negara Republik Indonesia, bahasa yang dijadikan sebagai alat interaksi (komunikasi) antara mitra tutur dll.

    2. Dalam kajian yang diperoleh setelah mendapatkan materi kesantunan berbahasa, dalam diri pribadi lebih dapat meningkatkan mutu dalam berinteraksi khususnya interaksi yang dilakukan di dalam lingkungan masyarakat. Artinya kesantunan berbahasa adalah dasar dan pondasi utama ketika seseorang ingin berkomunikasi. Salah satunya ketika berinteraksi dengan makhluk sosial kita dapat mengaplikasikan prinsip dasar kesantunan berbahasa yakni kibijaksanaan, kesederhanaan, kesimpatian, kesesuaian dengan pembahasan dan isi yang nantinya dijadikan sebagai topik pembicaraan dengan mitra tutur.

    3. Sebelum membahas manfaat dan pengaruh yang didapatkan diri pribadi setelah mendapatkan materi ragam bahasa, sangatlah perlu dalam kajian ini dibahas pengertian dari ragam bahasa. Ragam bahasa yakni, sebuah variasi dari bahasa menurut pemakaiannya yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan. Jadi apabila disimpulkan manfaatnya adalah sebagai berikut:
    a.) Lebih dapat membedakan ragam bahasa yang di terapkan dalam karya tulis baik karya sastra, karya ilmiah. Dalam identifikasi ragam bahasa yang akan diangkat dalam kajian ini adalah mengambil contoh ragam bahasa karya sastra. Dalam kehidupan sehari-hari yang saya rasakan,saya apabila menulis sebuah karya sastra yang berbentuk puisi lebih dapat menggunakan ragam bahasa yang indah, mengandung makna, dan dapat bernada dalam setiap diksi yang dipergunakan.

    4. Yang harus dipertimbangkan penulis ketika ingin mengkaji sebuah karya tulis ilmiah harus mempertimbangkan aspek-aspek dasar berbahasa salah satunya menggunakan bahasa yang baku, kajian yang dibahas jelas dan sesuai dengan topik kajian ilmiah yang nantinya akan di teliti, menggunakan ragam bahasa keilmuan. Dan harus mempertimbangkan ejaan yang sesuai (EYD).

    5. Cara menyusun kalimat yang efektif harus mempertimbangkan keutuhan atau kesantunan gagasan dalam menulis yang nantinya dapat membentuk kalimat efektif, dalam kalimat harus mengintegrasikan kepaduan atau memiliki kepautan (artinya harus ada hubungan yang logis dalam setiap kalimat yang dirangkai), dan harus mengandung subjek, predikat, dan objek.
    6. Pertarungan ekonomi atara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia,dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Perkembangan zaman rupanya mulai mengalami penurunan dalam konsep pemahaman karakter sosial. Banyak dijumpai pada kalangan peserta didik di negara Indonesia mulai melupakan akan pentingnya pendidikan IPS. Artinya nilai-nilai yang terkandung dalam setiap pengintegrasiannya tidak secara utuh diterapkan pada lingkungan bermasyarakat dan bernegara. Maka dari itu perlu halnya dikaji dan digali secara mendalam bagaimana langkah yang tepat untuk mengupas dan menyelesaikan kasus-kasus sosial yang dirasakan dalam dunia pendidikan.
    Pendidikan IPS merupakan bagian atau aspek ilmu-ilmu sosial yang telah diseleksi dan disesuaikan untuk digunakan di sekolah atau di dalam situasi pengajaran lainnya (Wesley 1964). Dalam penerapannya, pembelajaran pendidikan IPS harus mencakup komponen-komponen pendukung agar sistem dan metode penyampaian materi kepada peserta didik nantinya dapat menciptakan generasi bangsa yang berkualitas dan berkarakter. Serta dapat menciptakan semangat belajar dalam mengintegrasikan semua aspek ilmu-ilmu sosial yang berkorelasi dengan pembelajaran IPS pada lingkungan pendidikan.

    8. Berlatih, dan teruslah berlatih. Dalam hal ini kajian dalam dunia literasi sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan mutu dalam penulisan yang lebih baik dan bermutu serta berguna untuk pembacanya.

  25. Ganang yulianto (3601415004)

    October 20, 2016 at 1:53 pm

    . Jelas sangat bermanfaat bagi saya karena sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia membuat saya mengetahui akan sejarah bahasa Indonesia yang sebenarnya yang digunakan sebagai bahasa kesatuan Indonesia yang dulunya berasal dari bahasa melayu sehingga membuat saya lebih memahi makna bahasa Indonesia yang sebenarnya dan menjadikan saya lebih bangga menggunakan bahasa Indonesia.
    2.Menjadikan saya lebih mengerti bertata bahasa yang baik dan benar terhadap orang lain khususnya orang yang lebih tua.
    menjadikan saya lebih santun berbahasa terhadap orang lain khususnya kepada orang yang lebih tua.
    3.Membuat saya lebih mengetahui dan mengerti akan ragam bahasa dalam memilih kata yang lebih baik ,mengerti aturan dalam penulisan sehingga membuat saya lebih mudah dalam penulisan yang baik dan benar.
    4.Yang harus dipertimbangkan dalam menulis karya ilmiah adalah harus menggunakan diksi yang tepat , harus menggunakan ejaan yang benar , harus menggunakan kaliamat efektif dan harus menggunakan paragraf yang padu dan koherensif .
    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu:
    pertama sebuah kalimat harus memiliki subyek ,predikat dan penjelasan kalimat yang disusun dengan memenuhi syarat memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan , memiliki perpautan atau kepaduan ,memiliki pemusatan perhatian atau penekanan ,memiliki kehematan , memiliki kevariasian atau paralelisme
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China berlangsung sengit karena kedua itu memiliki modal yang besar , menguasai mayoritas pasar dunia dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Perkembangan zaman yang lebih pesat dan maju mengalami banyak dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakata khususnya bagi remaja sebagai generasi penerus . Perkembangan arus globalisasi dan kemajuan iptek sangat berpengaruh terhadap banyaknya nilai – nilai sosial dalam masyarakat mulai pudar bagi remaja-remaja sekarang ini , Dalam mengadapi kasus seperti ini layaknya pendidikan IPS sangat berperan dalam mengkaji permasalah ini karena dalam pendidikan IPS didalamnya ditanamkan nilai-nilai sosial yang sangat berpangruh dalam bermasyarakat dan didalamnya dikaji permasalahan – permasalahan sosial .
    8.Terus berlatih ,berusaha membuat karya tulis dengan banyak refrensi sehingga dapat meningkatkan mutu penulisan yang lebih baik dan mudah dipahami bagi pembaca.

  26. Tafaf Dwi Purwanto

    October 20, 2016 at 2:10 pm

    Nama : Tafaf Dwi Purwanto
    NIM : 3601415044

    1. yang saya dapatkan adalah jadi mengerti perkembangan bahasa yang terjadi di indonesia, sepengetahuan saya dari yang menggunaan ejaan lama sampai ejaan yang sekarang yaitu ejaan yang disempurnakan
    2. saya dapat membuat kalimat yang lebih sopan terhadap orang yang lebih tua dari saya, tidak sewenang wenangnya. sehingga dapat mengirim pesan pada dosen dengan kalimat yang lebih santun.
    3. saya dapat mengetahui beberapa gaya bahasa dan beberapa kalimat yang baik digunakan saat berbicara didepan umum harus bagaimana. serta dapat mengetahui beberapa ragam bahasa.
    4. hal yang dipertimbangkan yaitu harus memahami kalimat yang baku, sehingga dapat dipahami oleh kebanyakan orang. sehingga dapat menjadi karya ilmiah yang baik dan benar.
    5. harus memenuhi ciri ciri pembuatan kalimat efektif yaitu kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.
    6. pertarungan ekonomi antara amerika dengan china akan berlangsung sengit, karena Amerika dengan China memiliki modal yang yang besar, dan dapat menguasai pasar dunia karena mempunyai penduduk yang berjumlah besar sehingga dapat dijadikan basis konsumen.
    7. Daerah pegunugan di sermarang mempunyai banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Dengan adanya perkebunan teh yang terdapat didaerah pegunungan sehingga dapat dijadikan tepat wisata alam. Dan menjadi pemasukan pendapatan wilyah daerah itu.
    8. hal yang saya lakukan supaya ketrampilan menulis bisa meningkat adalah saya akan mempelajari dulu cara penulisan yang baik, lalu sesering mungkin melakukan latihan. sehingga dapat melatih kita dalam menulis.

  27. Rini Nur Utami (5401415074)

    October 20, 2016 at 2:12 pm

    1.Manfaat yang saya peroleh dari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya menjadi lebih mengetahui tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia. Mulai dari asal-usul lahirnya bahasa Indonesia, kapan tepatnya bahasa Indonesia mulai digunakan, serta mengetahui bahwa bahasa Indonesia memiliki peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia.
    2. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari kesantunan berbahasa saya dapat megetahui etika berbahasa terutama saat berbicara dengan orag yang lebih dihormati atau orang yang lebih tua, disini saya dapat lebih mengetahui tata cara berbahasa dengan orang lain karena telah mempelajari materi kesantunan dalam berbahasa.
    3.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah , saya menjadi lebih memahaami tentanng karakteristik ragam bahasa yang di gunakan dalam bidang hukum ,ilmiah , jurnalistik dan sastra . mengetahui sistematika, diksi,ebi,gramatika dan perbedan dari keempat ragam bahasa tersebut.
    4.menggunakan diksi yang tepat, menggunakan kalimat yang tepat, menggunakan ejaan yang benar menggunakan kalimat efektif, dan paragraf yang baku
    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh dihilangkan dan juga unsur-unsur yang seharusnya tidak ada tidak perlu dimunculkan kembali. Kalimat efektif juga mempunyai ciri-ciri kesepadanan struktur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa.Kalimat efektif juga harus memiliki kesatuan gagasan yaitu SPOK.
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7.Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk
    8.lebih sering lagi menulis,lebih sering membaca,lebih belajar menulis EYD,melakukan evaluasi setelah selesai menulis

  28. indah waning kosasih (5401415054)

    October 20, 2016 at 2:17 pm

    nama : Indah Waning Kosasih
    NIM : 5401415054

    1. manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya menjadi tau bahwa bahasa indonesia merupakan pengembangan dari bahasa melayu, dan alasan-alasan mengapa bahasa melayu, bukan bahasa lain yang digunakan. dengan mempelajari materi ini juga saya bisa ikut merasakan semangat para pejuang kemerdekaan yang saat itu memilih gagasan dengan segala pertimbangan menggunakan nama Indonesia menjadi nama bahasa kesatuan dan menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan

    2. manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah menjadi lebih paham cara berbahasa yang santun terhadap orang-orang disekitar kita, dan dapat mengaplikasikan bahasa santun tersebut dengan memahami ciri-ciri tuturan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip kesantunan.

    3. manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa, saya dapat membedakan ciri-ciri ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan naskah-naskah yang biasa kita temui.

    4. yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah:
    a. memilih kata yang memiliki relefansi dengan topik yang dibicarakan
    b. menggunakan kata yang mudah dipahami pembaca atau kata yang sederhana
    c. jangan menggunakan bahasa kedaerahan, gunakan bahasa yang baku
    d. penggunaan kata-kata ilmiah di minimalisir, hanya untuk hal-hal yang tidak bisa diubah dengan kata lain

    5. cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatiakan ciri-ciri kalimat efektif itu sendiri, dan mengaplikasan ciri-ciri tersebut kedalam kalimat yang dibuat, kalimat dikatakan efektif apabila :
    a. memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    b. memiliki kepaduan
    c. memiliki pemusatan perhatian
    d. memiliki kehematan
    e. memiliki kevariasian
    f. memiliki kesejajaran
    apabila dalam suatu kalimat terdapat ketidak sesuaian terhadap ciri-ciri tersebut maka kalimat tersebut menjadi tidak efektif.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit. keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Pendidikan Tata Boga merupakan salah satu prodi (program studi) di jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang bertujuan menciptakan calon pendidik dalam bidang tata boga . dalam prodi ini mahasiswa dituntut untuk menjadi calon pendidik yang mandiri, kompeten dan bertanggung jawab terhadap bidangnya. hal tersebut diawali dari sks (satuan kredit semester) yang diambil oleh setiap mahasiswa, dimana dalam setiap sks tersebut terdapat banyak penilaian yang akan menentukan tingkat kemampuan mereka. sks tersebut tentunya telah relefan dengan bidang ini sehingga dengan memenuhi standar kelulusan setiap sks, maka dipastikan mahasiswa untuk program studi tata boga siap menjadi calon pendidik dibidang ini.

    8. agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan hal-hal yang akan saya lakukan adalah:
    a. mendengarkan dialog, pidato, tokoh-tokoh masyarakat atau hal-hal yang serupa lainnya
    b. membiasakn diri untuk berkomunikasi menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
    c. membaca buku, jurnal atau surat kabar, untuk menambah referensi bahasa
    d. memaparkan ide-ide dan gagasan yang dimiliki dalam bentuk tulisan, atau mencoba membuat suatu karya tulis.

  29. Ganang yulianto (3601415004)

    October 20, 2016 at 2:23 pm

    1.Jelas sangat bermanfaat bagi saya karena sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia membuat saya mengetahui akan sejarah bahasa Indonesia yang sebenarnya yang digunakan sebagai bahasa kesatuan Indonesia yang dulunya berasal dari bahasa melayu sehingga membuat saya lebih memahi makna bahasa Indonesia yang sebenarnya dan menjadikan saya lebih bangga menggunakan bahasa Indonesia.
    2.Menjadikan saya lebih mengerti bertata bahasa yang baik dan benar terhadap orang lain khususnya orang yang lebih tua.
    menjadikan saya lebih santun berbahasa terhadap orang lain khususnya kepada orang yang lebih tua.
    3.Membuat saya lebih mengetahui dan mengerti akan ragam bahasa dalam memilih kata yang lebih baik ,mengerti aturan dalam penulisan sehingga membuat saya lebih mudah dalam penulisan yang baik dan benar.
    4.Yang harus dipertimbangkan dalam menulis karya ilmiah adalah harus menggunakan diksi yang tepat , harus menggunakan ejaan yang benar , harus menggunakan kaliamat efektif dan harus menggunakan paragraf yang padu dan koherensif .
    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu:
    pertama sebuah kalimat harus memiliki subyek ,predikat dan penjelasan kalimat yang disusun dengan memenuhi syarat memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan , memiliki perpautan atau kepaduan ,memiliki pemusatan perhatian atau penekanan ,memiliki kehematan , memiliki kevariasian atau paralelisme
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China berlangsung sengit karena kedua itu memiliki modal yang besar , menguasai mayoritas pasar dunia dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Perkembangan zaman yang lebih pesat dan maju mengalami banyak dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakata khususnya bagi remaja sebagai generasi penerus . Perkembangan arus globalisasi dan kemajuan iptek sangat berpengaruh terhadap banyaknya nilai – nilai sosial dalam masyarakat mulai pudar bagi remaja-remaja sekarang ini , Dalam mengadapi kasus seperti ini layaknya pendidikan IPS sangat berperan dalam mengkaji permasalah ini karena dalam pendidikan IPS didalamnya ditanamkan nilai-nilai sosial yang sangat berpangruh dalam bermasyarakat dan didalamnya dikaji permasalahan – permasalahan sosial .
    8.Terus berlatih ,berusaha membuat karya tulis dengan banyak refrensi sehingga dapat meningkatkan mutu penulisan yang lebih baik dan mudah dipahami bagi pembaca.

  30. RIKY MAULANA

    October 20, 2016 at 2:23 pm

    Nama :Riky Maulana
    NIM:3601415042

    1. Manfaat yang saya peroleh adalah mengetahui asal usul bahasa indonesia serta perkembangannya dan menambah pengetahuan mengenai sejarah bahasa yang selama ini saya gunakan
    2. Mengetahui mengenai bagaimana bahasa yang santun, mengetahui cara berkomunikasi yang baik agar tidak menyinggung orang lain dan mengetahui cara menyampaikan informasi agar orang lain tahu mengenai hal yang kita maksud.
    3. Memperoleh pengetahuan baru mengenai jenis/ragam bahasa yang digunakan dalam koran, undang-undang, karya ilmiah serta sastra ternyata berbeda. selain itu, mengetahui penempatan jenis diksi yang digunakan dalam menulis
    4.Menghindari kata-kata ciptaan sendiri,memperhatikan penggunaan akhiran asing, membedakan kata umum dan khusus, membedakan dengan cermat kata-kata yang bersinonim, memperhatikan perubahan makna pada kata-kata yang sudah dikenal
    5. Perhatikan kesatuan gagasan, kepaduan, penekanan,seta kehematan kata yang dipilih
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, dengan menguasai mayoritas pasar dunia dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen
    7.Perceraian merupakan salah satu penyebab penyimpangan sosial. Perceraian mengakibatkan anak dari keluarga tersebut terguncang jiwa serta batinnya karena orang tuanya tidak lagi tinggal serumah dan hidup bersama. Hal tersebut berakibat pada kurangnya pengawasan terhadap pergaulan seorang anak korban perceraian sehingga ia terjerumus pada hal yang menyimpang seperti sex bebas, mencuri, minum minuman keras serta mengonsumsi narkoba.
    8. terus belajar menulis serta sering membaca karya-karya penulis terkenal dan disertai prakteknya

  31. Cinta Amalia Kasih

    October 20, 2016 at 2:25 pm

    CINTA AMALIA KASIH (5401415076)

    1.saya mengetahaui tentang asal sejarah bahasa Indonesia mulai dari bahasa melayu sebagai dasar lalu berkembang sebagai sebuah bahasa,mengerti nilai kesatuan yang terjadi dengan adanya bahasa Indonesia dan memperkuat persatuan yang ada.Perkembangan nya sendiri semakin tahu akan banyak kosa kata bahasa Indonesia yang selama ini belum saya ketahui.

    2.saya dapat mempraktekan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan santun kepada teman,dosen maupun orang tua.Mendapatkan kesan yang lebih baik dilihat dari tutur berbahasa saya.

    3.saya dapat mengerti dan dapat menganalisa cara penulisan karya sastra,karya jurnalistik,undang-undang,dan karya ilmiah sehingga saya dapat menuliskan artikel-artikel tersebut dengan benar.Mengerti perbedaan ragam bahasa tersebut dan mengetahui diksi yang tepat dalam penulisan artikel tersebut.menerti kooirensi

    4.Orang yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.
    Kesesuaian diksi dengan karya ilmiah yang akan dibuat
    Memberi keterangan sedetail mungkin kepada kata yang tidak lazim digunakan
    Bersifat formal dan Objektif
    Menggunakan bahasa yang baku,efektif dan sesuai EYD

    5.memenuhi sediktnya Subyek dan Predikat
    memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    memiliki kepatutan dan padu
    memiliki pusat perhatian
    memiliki kehematan
    memiliki kevariasian
    sejajar

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen

    7. Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. Bubur biasanya disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam. Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

    8.Mulai sering membaca apapun baik itu karya sastra,jurnal,artikel dan makalah sebeagai referensi.Sering menulis beberapa artikel sehingga terbiasa dalam menulis karya yang baik.

  32. Fatimah Azzahro' (5401415056)

    October 20, 2016 at 2:28 pm

    Nama : Fatimah Azzahro’
    NIM : 5401415056

    1. manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu dapat mengetahui lebih baik tentang asal mula penggunaan bahasa indonesia menjadi bahasa utama dan bahasa pemersatu bangsa indonesia serta mengetahui perkembangan-perkembangan yang terjadi terhadap penggunaan bahasa indonesia dari awal ditetapkannya bahasa indonesia sebagai bahasa resmi negara hingga sekarang ini.

    2. manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari kesantunan berbahasa , yakni dapat lebih memahami bagaimana cara yang benar dalam berbicara santun , sesuai dengan tata krama dalam berbicara kepada orang lain .

    3. manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari ragam bahasa yaitu dapat mengetahui dan juga memahami beragam bahasa yang ada , dan juga mengetahui kegunaan dari setiap ragam bahasa yang ada itu sehingga ketika suatu saat harus menggunakannya telah tahu cara yang benar dalam penulisannya .

    4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu dengan memilih kata yang digunakan secara umum atau populer sehingga mudah dipahami maksud dari penulis oleh pembacanya dan jangan terlalu sering menggunakan kata-kata ilmiah yang sulit dipahami maksudnya oleh pembaca agar dapat menghindari kesalahpahaman penerimaan maksud dan tujuan dari penulisan karya ilmiah , penulis juga harus menghindari penggunaan kata-kata yang tidak baku .

    5. cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu dengan memperhatikan persyaratan dari penyusunan kalimat tersebut . syarat-syaratnya antara lain : kesatuan gagasan , kepaduan , kehematan , kevariasian , pararelisme dan lain sebagainya .

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. tata boga merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan boga atau makanan . bidang ini sangatlah luas . bidang ini tidak hanya membahas tentang makanan saja , namun juga pengetahuan akan bahan pangan , zat gizi pada bahan pangan tersebut , perlakuan yang tepat terhadapnya , baik dilakukan secara tradisional maupun menggunakan teknologi pendukung . sehingga makanan yang dihasilkan menjadi makanan yang sehat untuk di konsumsi dan dapat menjadikan kesehatan pengkonsumsi lebih baik .

    8. untuk meningkatkan kemampuan menulis , saya akan melakukannya dengan cara lebih sering mendengar dan juga membaca . sehingga , kosa kata yang saya miliki akan bertambah . ketika pembendaharaan kata saya meningkat makan dalam menulis , kesulitan yang saya hadapi ketika menulis akan lebih sedikit dan menjadikan ketrampilan menulis saya menjadi jauh lebih baik . dan juga apabila saya sudah terbiasa dengan membaca maka saat menulis akan terasa lebih mudah karena sudah tahu bagaimana cara menulis yang baik dan benar .

  33. MUHAMMAD FAIZUN ULURROSYAD (7211415097)

    October 20, 2016 at 2:40 pm

    MUHAMMAD FAIZUN ULURROSYAD (7211415097)

    1. mengerti akan pentingnya bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan. tujuannya untuk mempersatukan masyarakat indonesia yang beragam budaya, suku, dan bahasa. Sebagai bahasa kesatuan, sebagai pengantar komunikasi yang sama dalam pendidikan.

    2. Belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik, sopan, dan santun kepada orang lain. Khususnya kepada orang yang lebih tua dari kita.

    3. Memahami perbedaan, penggunaan diksi yang tepat dan penggunaan kalimat efektif pada ragam bahasa Undang-Undang, ragam jurnalistik, ragam ilmiah, dan ragam sastra.

    4. – Penggunaan diksi yang tepat. Bagaimana sang penulis menjelaskan apa yang dimaksud kepada pembaca. kecocokan atau kesesuaian kata terhadap topik pembahasan. Pemilihan kata yang tidak menyinggung orang lain
    – Menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang benar. penggunaan tanda baca yang tepat.
    – Menggunakan kalimat efektif. Bagaimana seorang penulis harus menggunakan kalimat yang efisien / tidak pemborosan kata. Sebuah kalimat dapat mewakili secara tepat isi pikiran penulis
    – Menggunakan paragraf yang padu. Kalimat satu dengan kalimat yang lain memiliki perpaduan atau kesatuan yang saling berhubungan dan menjelaskan dari topik atau gagasan yang dibahas

    5. kalimat efektif memiliki ciri-ciri sbb :
    -memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan. yaitu minimal mewakili Subjek dan Predikat
    -memiliki perpautan atau kepaduan yang logis diantara unsur-unsur dalam kalimat. penggunaan preposisi dan konjungsi yang tepat
    -memiliki pemusatan perhatian atau penekanan. yaitu kalimat aktif, pasif, dan inversi.
    -memiliki kehematan kata. Hindari kalimat yang mubazir
    -memiliki kevariasian. tujuannya untuk sang pembaca nyaman membacanya
    -Kesajajaran atau paralelisme. Penggunaan bentuk bahasa yang sama atau berkonstruksi bahasa yang sama dalam susunan serial

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, juga menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia masuk dalam urutan ke 18 dari 20 negara yang mempunyai PDB terbesar dunia. Bank Dunia mengeluarkan daftar 5 negara Asia yang masuk dalam catatannya, termasuk Indonesia. Selain Indonesia negara lainnya adalah Jepang peringkat 2, China peringkat 3, dan Korea Selatan peringkat 15. Indonesia patut berbangga dengan PDB US$700 miliar. Pendapatan perkapita mencapai angka US$3000 per tahun, sehingga mampu menempatakan Indonesia sebagai salah satu negara yang mempunyai pendapatan perkapita yang besar.

    8. Rajin membaca, berlatih menulis, dan mengoreksi kalimat-kalimat yang efektif dan benar kepada dosen atau teman yang ahli dalam bidangnya. Dan mencoba membuat artikel yang menarik perhatian orang lain.

  34. Ami Rima Rahmawati

    October 20, 2016 at 3:00 pm

    Nama: Alif Aulia Rahman
    NIM: 4101415004

    Jawaban pertanyaan UTS Bahasa Indonesia Rombel 2
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu:
    a. Mengetahui asal mula bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.
    b. Mengetahui proses dipilihnya istilah bahasa Indonesia dengan alasan mengandung nilai patriotisme dan semangat kebangsaan.
    c. Mengetahui bahwa bahasa Indonesia resmi digunakan pada tanggal 28 Oktober 1928 pada Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia (Sumpah Pemuda)
    d. Bahasa Indonesia dapat membangkitkan semangat kebangsaan dan rasa nasionalisme bangsa Indonesia.
    e. Bahasa Indonesia dapat menjadi sarana pencerdasan bangsa Indonesia.
    f. Mengetahui bahwa bahasa Indonesia menunjukan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.
    g. Dapat menumbuhkan rasa bangga sebagai warga Indonesia, karena bahasa Indonesia lahir dan digali dari leluhur bangsa Indonesia sendiri bukan bahasa kaum penjajajah.
    h. Mengetahui perubahan ejaan dalam bahasa Indonesia, mulai dari ejaan van Ophuijsen sampai Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
    i. Mengetahui Kongres Bahasa Indonesia dan hasil yang dicapai disetiap kongresnya.

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa, yaitu:
    a. Memiliki kesopanan dalam berbicara dengan orang lain, baik berbahasa secara lisan maupun tulisan.
    b. Mengetahui ciri, perbedaan, dan penggunaan maksim kebijaksanaan, maksim kesederhanaan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kemufakatan, maksim simpati`
    c. Lebih menghargai lawan bicara ketika mengobrol karena sudah bisa menerapkan maksim-maksim yang ada.
    d. Merasakan hal positif ketika menerapkan maksim-maksim yang ada.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu:
    a. Mengetahui perbedaan dari keempat ragam bahasa dalam bahasa Indonesia.
    b. Mengetahui ciri khusus dari setiap ragam bahasa:
    1). Ragam Undang-undang (Hukum) > pemakaian istilah dan komposisinya.
    2). Ragam Jurnalistik > komunikatif ( mudah dipahami dan tidak menimbulkan salah tafsir ketika membaca).
    3). Ragam Sastra > keindahan.
    4). Ragam Ilmiah > ketentuan-ketentuan baku (aturan ejaan, kalimat, atau penggunaannya).
    c. Dapat membedakan kalimat baku dan kalimat tidak baku.
    d. Mengetahui ciri umum ragam bahasa imliah, yaitu menggunakan diksi yang tepat, menggunakan ejaan yang benar, menggunakan kalimat efektif, menggunakan paragraf yang padu dan koherensif.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah, yaitu:
    a. Ketepatan pilihan kata.
    b. Ketepatan makna kata.
    c. Pendayagunaan kata adalah kecocokan atau kesesuaian diksi.
    d. Menggunakan kata dan idom yang baku.
    e. Menggunakan diksi yang tepat, menggunakan ejaan yang benar, menggunakan kalimat efektif, menggunakan paragraf yang padu dan koherensif.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif, yaitu :
    a. Kalimat minimal terdiri dari subjek dan predikat(SP)
    b. Pemilihan diksi harus tepat.
    c.Memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    d.Memiliki perpautan atau kepaduan
    e. memiliki pemusatan perhatian atau penekanan
    f. Memiliki kehematan
    g. Memiliki kevariasian
    h. Kesejajaran atau paralelisme

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China semakin sengit, karena keduanya memiliki modal besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Contoh paragraf di bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik.
    Geogebra merupakan salah satu aplikasi yang membantu siswa dan guru dalam pembelajaran matematika. Geogebra merupakan singkatan dari Geometry dan Algebra. Program aplikasi ini diciptakan oleh Markus Hohenwarter. Alamat resmi gerogebra adalah geogebra.org. Geogebra merupakan program aplikasi ICT yang ditujukan untuk membantu pembelajaran Matematika dalam bidang Geometri, Satistika, Kalkulus, dan Aljabar. Kita dapat meghubungkan titik, garis, segmen, vektor dengan bentuk yang lebih dinamis. Harapannya dengan aplikasi geogebra akan menimbulkan semangat siswa dalam belajar matematika khusunya materi geometri dan aljabar.

    8. Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan, yaitu:
    a. Banyak menulis tentang kritik sosial yang terjadi di lingkungan sekitar kita.
    b. Banyak membaca buku referensi mengenai pelatihan menulis.
    c. Mengikuti seminar berkaitan dengan keterampilan menulis.
    d. Aktif dalam diskusi.

  35. Ami Rima Rahmawati

    October 20, 2016 at 3:02 pm

    Ami Rima Rahmawati
    (5201415001)
    Jawaban soal UTS Bahasa Indonesia Rombel 02
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu:
    – saya menjadi tahu sejarah bahasa Indonesia, dari kapan terbentuknya dan kapan secara resmi bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi negara Indonesia
    -saya lebih merasa bangga mempunyai Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Indonesia.
    -saya lebih menghargai para pendahaulu yang sudah memperjuangkan bahsa Indonesia sebahai Bahasa resmi.

    2.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu :
    – Saya lebih berhati-hati dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
    -menerapkan maksim-maksim sopan santu dalam bercakap dengan orang sekitar. seperti ketika saya bercakap dengan teman saya mengamati menggunakan maksim apa dalam kita bercakap. ada 6 maksim sopan santun menurut Tarigan dan Leech yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesedehanaan, maksim kemufakatan, dan maksim simpati.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa :
    – mengetahui perbedaan dari keempat ragam bahasa
    – mengetahui ciri khusus dari keempat ragam Bahasa
    4.Hal-hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu :
    – ketepatan dan kesesuaina diksi : pada ketepatan diksi akan menyangkut masalah makna kata. pada ketepatan diksi ada beberapa syarat menurut Keraf yaitu : membedakan dengan cermat denotasi dari konotasi, membedakan dengan cermat kata-kata yang bersinonis, membedakan kata-kata yang mirip dengan ejaannya, menghindari kata-kata ciptaan sendiri, berhati-hati dalam penggunaan bahasa asing, memperhatkan kelangsungan pemilihan kata, dan memperhatikan perubahan makna yang terjadi pada kata-kata yang sudah dikenal.

    -kecocokan atau kesesuaian diksi :yang dipersoalkan yaitu apakah kita dapat menggunakan pikiran kita dengan cara yang sama dalam semua kesempatan dan lingkungan yang kita masuki. beberapa syarat yang perlu diperhatikan yaitu menggunakankata-kata ilmiah yang khusus, menghindari ungkapan-ungkapan usang atau idiom yang mati, dan menjauhi kata-kata atau bahasa yang artifisial.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif :
    – kalimat minimal terdiri atas SP ( subjek-Predikat)
    -pemilihan diksi harus tepat.
    – kalimat memiliki ciri-ciri sebgai berikut : memiliki kesatuan gagasan,memiliki kepaduan, memiliki penekanan, memiliki kehematan, memiliki kevariasian, dan kesejajaran atau paralelisme.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Susunan paragraf
    Teknik Tenaga Listrik adalah ilmu yang mempelajari konsep dasar kelistrikan dan pemakaian alat yang asas kerjanya berdasarkan aliran elektron dalam konduktor. dalam teknik tenaga listrik dibagi menjadi dua arus yaitu arus seara dan arus bolak-balik. arus searah sering disebut juga istilah DC. Sedangkan arus bolak-balik sering disebut AC.
    paragraf ini merupakan pola deduktif.

    8.yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan yaitu:
    -banyak membaca buku
    -aktif dalam diskusi
    -menulis kritik social
    -latihan menulis, misalnya menulis dibuku sehari-hari.

  36. Dimas Agung Baskara

    November 3, 2016 at 1:51 am

    Dimas Agung Baskara
    (2401415008)
    dimasagungbaskara0@gmail.com

    1. saya jadi bisa mengerti bahwa bahasa persatuan yang akan digunakan adalah bahasa melayu dan banyak penjelasan tentang mengapa bahasa melayu hampir dipilih menjadi bahasaa persatuan.

    2. saya jadi mengerti bagai mana menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan atau melakukan mitra tutur baik di ikuti gerak air muka,gerak anggota ubuh,mauppun tidak.

    3. saya jadi bisa mengenal lebih lanjut tentang ragam bahasa tentang macam macam ragam bahasa seperti ragam undang undang,ragam jurnalistik,ragam ilmiah,ragam sastra,ciri raga bahasa ilmiah.dan juga kata baku dan tidakbaku.

    4. pertimbangkan topik yang di bahas, pengumpulan informasi untuk penulisan karya ilmiah, membuat catatan dari bahan-bahan pustaka,membuat ringkasan dan ‘paraphrasing’, membuat kutipan.

    5. Menyempit/spesialisasi
    yaitu kata yang tergolong kedalam perubahan makna ini adalah kata yang pada awalnya penggunaannya bias dipakai untuk berbagai hal umum,tetapi penggunaannya saat ini hanya terbatas untuk satu keadaan saja.

    Meluas/generalisasi
    yaitu penggunaan kata ini berkebalikan dengan pengertian menyempit.

    Amelioratif
    yaitu pada awalnnya,kata ini memiliki makna kurang baik,kurang positif,dan tidak menguntungkan.

    Peyoratif
    yaitu makna kata sekarang mengalami penurunan nilai rasa kata daripada makna kata pada awal pemakaiannya.

    Asosiasi
    yaitu yang tergolong kedalam perubahan makna ini adalah kata-kata dengan makna-makna yang muncul karena persamaan sifat.Sering kita mendengar kalimat “hati-hati dengan tukang catut itu”. Tukang catut dalam kalimat diatas tergolong kata-kata dengan makna asosiatif,begitu pula dengan kata kacamata dalam:menurut kacamata saya,perbuatan anda tidak benar.

    Sinestesia
    yaitu perubahan makna terjadi karena pertukaran tanggapan antara dua indera,misalnya dari indera pengecap keindera penglihatan.

    6.Persaingan dalam pasar dunia antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit dikarenakan Amerika dan China saling memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki masyarakat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7.
    Awal perkembangannya, istilah seni rupa lebih banyak dipahami sebagai tradisi fine art sebagaimana yang berkembang di didunia Barat yang mencakupi seni lukis ,seni patung dan seni grafis. Pemahaman makna ini kemudian berkembang lebiih luas pada karya seni rupa lainnya yang memiliki nilai estetik seperti kerajinan dan desain.

    8.dengan cara membaca,memahami dan memeraktekan secara berkala,dan melakukan konsultasi kepada yang lebih ahli.

  37. annisa arum mustikaningtyas

    November 3, 2016 at 1:53 am

    Nama: Annisa Arum Mustikaningtyas
    NIM: 5401415053

    1. Manfaat yang saya peroleh, saya menjadi tau bahwa perkembangan bahasa Indonesia di Indonesia sangatlah pesat. Dan saya amatlah bangga dengan bahasa indonesia, karena merupakan bahasa persatuan sekaligus sebagai identitas bangsa Indonesia.
    2. Manfaat yang saya peroleh, saya lebih selektif memilih kalimat dalam berkomunikasi. Dan saya mengetahui bahwa berbahasa dengan santun, membuat saya lebih disegani walaupun usia saya masih muda.
    3. Manfaat yang saya peroleh, saya mempunyai pemikiran yang luas terhadap penggunaan ragam dalam berbahasa.
    4. Ketepatan diksi dan kesesuaian diksi.
    5. Harus memiliki kesatuan gagasan. Subjek, predikat dan objeknya harus jelas dan saling mendukung membentuk satu kesatuan gagasan.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena negara – negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai konsumen.
    7. Makanan utama (main course) adalah hidangan pokok dari suatu susunan menu lengkap yang dihidangkan pada waktu lunch maupun dinner, ukuran porsinya lebih besar dari appetizer. Makanan yang dihidangkan terdiri dari lauk pauk hewani yang disertai kentang dan sayuran antara lain adalah :
    1. Lauk pauk hewani yang dihidangkan pada main course seperti daging, ikan (kakap, tuna, tenggiri), unggas (ayam, bebek, kalkun), dan sea food (kerang, cumi-cumi, udang, lobster, kepiting) yang diolah dengan bermacam cara dan menghidangkanya dengan saus dan besar porsinya berkisar 175 gram s.d 225 gram.
    2. Sayuran yang dihidangkan pada main course ialah sayuran continental. Pada umumnya seperti buncis, bunga kol, lobak putih, brocoli, asparagus, dan lainya dan besarnya adalah 75 gram.
    3. Untuk garniture, kentang maupun penggantinya seperti macam-macam pasta yang dihidangkan dengan roti / roll yang besar porsinya 75 gram. Untuk nasi kadang juga mengganti kentang dengan lauk-pauk yang sesuai.
    Makanan utama ditata dalam dinner plate sebagai makanan pokok yang utama. Kombinasi main course dengan kentang ataupun sayur sebagai lauk pauknya harus serasi dari rasa, warna, dan bahan lauk pauk yang dihidangkan disertai dengan saus atau greavynya atau saus beku yang disebut maitre de’hotel menata lauk pauk di tengah sebelah bawah logo piring, sedangkan kentang sebelah kanan, dan sayur sebelah kiri.
    8. Hal yang akan saya lakukan:
    1. berlatih menulis (membuat karya ilmiah maupun karya sastra)
    2. sering membaca karya ilmiah maupun karya sastra
    3. menganalisis sebuah karya ilmiah maupun karya sastra, bagaimana karya – karya tersebut terlihat baik penulisan EYD maupun tata bahasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.