Okupasi Hotel di Semarang Kembali Normal

SETELAH sempat turun, tingkat hunian (okupansi) hotel di Semarang telah naik kembali pada pertengahan Februari 2012 . Tingkat hunian kamar kembali normal setelah banyak acara yang menggunakan tempat pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (meeting, incentive, convention, and exhibition/MICE).

“Kontribusi MICE bisa sampai 70 persen terhadap tinggat okupansi, karena kami juga memiliki paket MICE dengan kamar,” kata Roni, Publik Relation Manager Patra Semarang Convention Hotel Roni di Semarang, Sabtu.

Tempat MICE dapat mendongkrak tingkat hunian kamar karena hampir seluruh ruangan MICE digunakan. Sementara jumlah tempat MICE yang dimiliki Hotel Patra mencapai 11 tempat, mulai yang kecil hingga ruangan yang berkapasitas ribuan orang.

Sejumlah tempat MICE tersebut, yakni Grand Rama yang mampu menampung 3.000 tamu undangan (standing), Poncowati mampu menampung 1.700 tamu (standing), Rama Shinta (1.200 tamu dalam kondisi standing), Ramayana (500 tamu standing), dan enam tempat MICE lainnya menampung lebih sedikit tamu undangan dari 20 tamu hingga 70 tamu undangan.

“Untuk ‘pool side’ bisa menampung 1.000 tamu undangan (standing). Saat ini banyak tempat untuk rapat dan pernikahan,” katanya.

Roni menyebutkan tingkat hunian kamar pada awal tahun antara 40 persen dan 50 persen, kemudian pada medio Februari tingkat hunian kamar sudah kembali normal antara 60 persen dan 70 persen.

Ia mengatakan bahwa okupansi pada awal tahun ini dibandingkan dengan tingkat hunian hotel tahun-tahun sebelumnya lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.