Guru SDN 1 Wonosobo Juara Lomba Guru Inovatif

Guru SDN 1 Wonosobo Yunina Resmi Prananta berhasil menjadi juara Lomba Guru Inovatif 2015 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ia berhasil meyakinkan 12 dewan juri dan 250 mahasiswa PGSD Unnes dengan mempraktikkan pembelajaran dengan materi Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara Tenggara.

Yunina berhasil memadukan tokoh punakawan, iringan angklung, dan media berbasis TIK  secara harmonis dalam pembelajaran. Perpaduan itu membuat pembelajaran yang dipraktikkannya berlangsung menarik.

Dalam lomba itu, dua puluh siswa kelas 6 SD Labschool Unnes berperan sebagai siswa dalam real teaching selama 25 menit.

Alhasil, Yunina berhasil mengungguli Wahyuningsih Rahayu (SD Batursari 3 Demak) di posisi kedua dan Sutrisno (SD Masehi Temanggung) pada posisi ketiga.

Adapun juara harapan I-III berturut-turut diperoleh Ary Setyowati (SDN Mangunsari Semarang), Caryanto (SDN Prapag Lor 01 Brebes), dan Sri Sungatmi (SDN 01 Karanganyar Kabupaten Karanganyar).

Rektor Prof Fathur Rokhman MHum mengatakan, lomba guru inovatif diadakan Unnes untuk mendorong inovasi pembelajaran oleh guru. Ia berharap, akan muncul lebih banyak sosok guru inovatif yang mampu menginspirasi dunia pendidikan di Indonesia.

“Unnes mendorong mahasiswa kependidikan dan guru agar tidak berhenti belajar. Inovasi pendidikan sangat diperlukan untuk menjawab berbagai tantangan,” katanya.

Lomba yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Unnes dalam rangka Dies Natalis ke-50 ini diikuti 59 guru terbaik perwakilan dari 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.