Lima Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi Versi The Smart Local

tempat wisata semarang

ADA sejumlah tempat wisata Semarang yang menyita perhatian wisatawan asing. Mereka memasukkan tempat-tempat ini dalam daftar tempat “wajib” dikunjungi saat mereka melancong ke Semarang. The Smart Local (TSL) yang berbasis di Singapura menghimpun daftar itu dalam sebuah liputan.

Apa saja kah tempat itu? Dalam daftar terdepan mereka, Lawang Sewu menempati tempat pertama. Bangunan peninggalan Belanda ini mereka kagumi bukan saja karena keindahan arsitekturnya, tapi juga sejarah dan suasana mistisnya.

Di urutan kedua, mereka merekomendasikan Sam Poo Kong. Tempat ini agaknya memberi kesan khusus bagi mereka, terutama karena berkaitan dengan tokoh Cheng Ho, laksamana dari Tiongkok. Sebagian besar warga Singapura memang berasal dari Tiongkok.

Wisata belanja di kawasan Simpang Lima menempati urutan ketiga. Tempat ini memang menyediakan berbagai jenis barang siap beli. Tapi, yang paling dominan adalah fashion. Bagi warga Singapura, harga barang di kawasan ini jelas lebih murah. Lebih-lebih kalau dibandingkan dengan harga di Orchard Road. Beda jauh.

Wisata alam Umbul Sidomukti di Kabupaten Semarang juga masuk dalam daftar mereka. Udara dingin khas pegunungan berpadu dengan view yang cantik membuat wisatawan betah berlama-lama. Apalagi di sana tersedia berbagai wahana permainan, dari flying fox dan marine bridge. Bikin betah deh.

Terakhir, mereka juga memasukan Rawa Pening. Danau yang terletak di perbatasan Semarang dan Salatiga ini masih cukup indah meski sebagian permukaannya tertutup enceng gondok. Ada fasilitas perahi yang bisa disewa untuk mengelilingi danau ini.

 

Selain lima daftar yang mereka masukkan, sebenarnya masih banyak tempat wisata Semarang yang juga tak kalah menarik. Di Kabupaten Semarang, misalnya, masihada curug Lawe Benowo yang menyuguhkan keindahan alami yang luar biasa.

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Semarang melakukan banyak pembenahan untuk menyambut para wisatawan. Tentu saja, di sini tersedia aneka akomodasi yang membuat wisatawan lebih mudah dan enjoy menikmatinya. Hotel, tempat makan, hingga transportasi tersedia dengan berbagai pilihan harga.

Tempat wisata Semarang bisa diketegorikan ke dalam beberapa tipe, seperti wisata alam, kultural, religi, sejarah dan belanja. Tetapi tempat wisata Semarang yang paling menonjol memang kultural dan belanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.