375 Siswa Tidak Lolos SNMPTN, Ada Apa dengan SMA 3 Semarang?

Pengumuman hasil SNMPTN 2016 menjadi tragedi bagi keluarga besar SMA 3 Semarang. Pasalnya, tidak satu pun siswa dari program IPA di sekolah tersebut lolos dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi itu.

Kejadian ini mengagetkan karena SMA Negeri 3 Semarang memiliki rekam jejak yang bagus. Pada tahun-tahun sebelumnya, siswa dari sekolah ini banyak melenggang ke perguruan tinggi negeri favorit. Terlebih, baik secara akademik maupun nonakademik, siswa di SMA 3 Semarang memang dikenal unggul (Baca: Menteri Luar Negeri RI Ternyata Alumni SMA 3 Semarang).

Diketahui, siswa yang tidak lolos SNMPT N adalah 375 siswa yang memakai sistem kredit semester (SKS).

Orang tua siswa mengungkapkan kehereanannya atas kejadian itu.”Putera saya selalu peringkat 1-4 di kelas dengan Ujian Nasional (UN) mapel eksak (bio, kim, mat dan fisika) rata-rata 92 dengan 7 kejuaraan tingkat propinsi pun tidak lolos,” katanya. (Baca: Inilah Berbagai Kegiatan Ekstrakurikuler SMA 3 Semarang)

Ia menuturkan, bahkan ada seorang siswa peringkat 1 dengan kejuaran tingkat nasional, dan pernah memperoleh  medali emas OSN pun tak lolos. Siswa yang lolos adalah siswa yg tidak memakai sistem SKS.

Kondisi ini membuat siswa dan orang tua kecewa. Harapan untuk lolos ke perguruan tinggi negeri unggul harus tertunda. Padahal SNMPTN adalah jalur seleksi dengan kuota paling banyak, yaitu 50 persen.

“Saya yakin ini kesalahan sistem. rembug orang tua siswa lulusan SMA 3 Semarang segera kita lakukan. jika ini kesalahan kepala sekolah, maka tahun ini juga harus turun, jika dimungkinkan ada kebijakan solusi penerimaan snmptn bagi korban sistem sks , itu lebih baik,” kata orang tua ini.

Tak ada salahnya komite sekolah undang ka.dinas p dan k propinsi untuk penyeselsaian kasus ini. Segera SMA N 3 Semarang undang semua orang tua wali siswa untuk bicarakan hal ini.

“Masalah ini harus segera diselesaikan sebelum verifikasi SNMPTN tiba waktunya. Kasihan siswa yg unggul prestasi akademisnya. yang kalah dengan siswa yg lebih rendah prestasinya hanya karena korban sistem SKS,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala SMA 3 Semarang Bambang Nianto Mulyo mengatakan bahwa pihaknya belum dapat memberikan penjelasan dengan rinci, baik kepada media maupun orang tua siswa. Kepada awak media menyampaikan bahwa ia akan segera menindak lanjuti masukan.

“Surat protes akan kami layangkan hari ini juga, besok kami juga akan mencoba berkunjung ke ketua panitia SNMPTN,” tegas Bambang.

Sumber gambar: Youtube

22 Comments

  1. Pingback: Kritik Keras: Inilah Lima Bentuk Ketidakadilan dalam SNMPTN 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.