375 Siswa Tidak Lolos SNMPTN, Ada Apa dengan SMA 3 Semarang?

Pengumuman hasil SNMPTN 2016 menjadi tragedi bagi keluarga besar SMA 3 Semarang. Pasalnya, tidak satu pun siswa dari program IPA di sekolah tersebut lolos dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi itu.

Kejadian ini mengagetkan karena SMA Negeri 3 Semarang memiliki rekam jejak yang bagus. Pada tahun-tahun sebelumnya, siswa dari sekolah ini banyak melenggang ke perguruan tinggi negeri favorit. Terlebih, baik secara akademik maupun nonakademik, siswa di SMA 3 Semarang memang dikenal unggul (Baca: Menteri Luar Negeri RI Ternyata Alumni SMA 3 Semarang).

Diketahui, siswa yang tidak lolos SNMPT N adalah 375 siswa yang memakai sistem kredit semester (SKS).

Orang tua siswa mengungkapkan kehereanannya atas kejadian itu.”Putera saya selalu peringkat 1-4 di kelas dengan Ujian Nasional (UN) mapel eksak (bio, kim, mat dan fisika) rata-rata 92 dengan 7 kejuaraan tingkat propinsi pun tidak lolos,” katanya. (Baca: Inilah Berbagai Kegiatan Ekstrakurikuler SMA 3 Semarang)

Ia menuturkan, bahkan ada seorang siswa peringkat 1 dengan kejuaran tingkat nasional, dan pernah memperoleh  medali emas OSN pun tak lolos. Siswa yang lolos adalah siswa yg tidak memakai sistem SKS.

Kondisi ini membuat siswa dan orang tua kecewa. Harapan untuk lolos ke perguruan tinggi negeri unggul harus tertunda. Padahal SNMPTN adalah jalur seleksi dengan kuota paling banyak, yaitu 50 persen.

“Saya yakin ini kesalahan sistem. rembug orang tua siswa lulusan SMA 3 Semarang segera kita lakukan. jika ini kesalahan kepala sekolah, maka tahun ini juga harus turun, jika dimungkinkan ada kebijakan solusi penerimaan snmptn bagi korban sistem sks , itu lebih baik,” kata orang tua ini.

Tak ada salahnya komite sekolah undang ka.dinas p dan k propinsi untuk penyeselsaian kasus ini. Segera SMA N 3 Semarang undang semua orang tua wali siswa untuk bicarakan hal ini.

“Masalah ini harus segera diselesaikan sebelum verifikasi SNMPTN tiba waktunya. Kasihan siswa yg unggul prestasi akademisnya. yang kalah dengan siswa yg lebih rendah prestasinya hanya karena korban sistem SKS,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala SMA 3 Semarang Bambang Nianto Mulyo mengatakan bahwa pihaknya belum dapat memberikan penjelasan dengan rinci, baik kepada media maupun orang tua siswa. Kepada awak media menyampaikan bahwa ia akan segera menindak lanjuti masukan.

“Surat protes akan kami layangkan hari ini juga, besok kami juga akan mencoba berkunjung ke ketua panitia SNMPTN,” tegas Bambang.

Sumber gambar: Youtube

Facebook Comments

22 Comments

  1. andiyani

    May 11, 2016 at 3:44 am

    Gurunya gmn….inputnya sdh anak pintar2 se semarang jd tinggal mengembangkan dan memantau aja kok gak full power….mending menghadapi 100 orang pinter drpd 1 orang bodoh

  2. woko

    May 11, 2016 at 5:05 am

    Andiyani pekok.
    la wong anaknya sudah pintar kok nyalahkan gurunya, slahkan sekolahnya to ya…

    • Adnan Nugraha

      May 11, 2016 at 11:05 am

      Setuju sama Woko -_-
      Siswa2 nya sudah berprestasi kok guru yg disalahkan

  3. Cristiano Dita Alvanto

    May 11, 2016 at 10:29 am

    Orang sepintar apapun bisa kalah dengan orang bejo(beruntung)

    Pasrahkan sj kpd Allah. Mgkn Dia lbh th yg trbaik buat mereka nantinya.

    • Dito

      May 13, 2016 at 8:34 am

      Yo jangan cuma pasrah tanpa usaha dunk.. Complain dlu penyebab utamanya sekiranya ada kesalahan sistem segera dibenahi jng cuma pasrah trus diam aja

  4. Dr. Abdul Jalil, MS

    May 11, 2016 at 11:32 am

    ya jangan saling mem-PEKOKan diri sendiri toh mas/mbak 🙂

    kalo sudah jalannya untuk tidak lolos snmptn mau protes sama Tuhan ya ?, kan masih ada SBMPTN dan UM… 😀

  5. nurhalimah

    May 11, 2016 at 1:24 pm

    mungkin memang bukan rejeki…sepinter2nya orng jg kalo Allah berkata sperti itu mau diapakan…mungkin ini yg terbaik dimata Allah

  6. Benyamin as

    May 11, 2016 at 1:39 pm

    Saya alumni sma 3 smg angkatan 1979, ikut berduka cita untuk kondisi ini

  7. herman

    May 11, 2016 at 2:30 pm

    dear semua,

    mhn direnungkan, jebolan sekolah pintar2 blom terbukti membawa perubahan signipikan bagi indonesia. terutama dalam bidang ekonomi ?

    dari 10 orang kaya di indonesia ada alumni PTN yang notenya sekolahnya orang2 pintar ????

    • Doni

      May 11, 2016 at 5:14 pm

      Perubahan di bidang ekonomi bukan dengan menjadi orang yang kaya, apalagi mengasosiasikan orang pintar harus kaya…kalo orang pintar itu diukur kekayaan orang macam habibie termasuk bodoh, dosen2 dan guru2 anda termasuk bodoh, apalagi guru ngaji tingkatannya idiot…

  8. buku

    May 11, 2016 at 3:04 pm

    Selagi masih di Jawa Tengah apapun bisa terjadi… Selama ini belum pernah saya melihat SMA 3 Semarang dapat menemukan sesuatu yang berguna dan hemat daya. Seperti SMA lainnya, hanya teori saja…

  9. anon

    May 11, 2016 at 3:11 pm

    Kurang bersyukur atas nikmat yg diberikan Allah, masih ada kesempatan sbmptn, dan notabene siswa siswa cerdas, seharusnya optimis untuk lolos di kesempatan selanjutnya yaitu sbmptn

    • Hye Seul

      May 12, 2016 at 3:42 pm

      hmm, memang begitu. mungkin beberapa tidak masalah jika harus ikut SBMPTN. Tapi beberapa sangat berharap pada SNMPTN. Mereka mgkin pintar, tp mereka tau, semampu apakah mereka untuk menghadapi SBM? Kalau selama try out SBM dia selalu dibawah gmn? Kalau mmang tidak bisa bersaing lwt SBM gmn?
      Mmg harus bersyukur, tapi utk menjalani SBM dgn saingan saingan sprti itu g gampang. meskipun g ada pilihan lain, kalo boleh jujur, pasti tidak ada yang akan bersyukur kalo tidak lulus SNMPTN kan.

  10. Mustain

    May 11, 2016 at 10:33 pm

    Bagi yg belum tau, SNMPTN itu semacam PMDK atau penerimaan siswa oleh PTN yg dilakukan bersama dan serentak dlm satu kepanitiaan. Jadi tidak sama dengan UMPTN yg jalur test/ujian. Jd (mohon maaf) kalau nyebut 375 seharusny lolos, itu berlebihan. Krn gak ada sekolah yg bs lolos PMDK melebihi 100 orang, saya pun sangsi klo ada sekolah yg bs meloloskan 50 siswany diterima di jalur PMDK (SNMPTN skr).

    Btw, klarifikasi panitia SNMPTN bisa dilihat di:
    m.detik.com/news/berita/3207939/panitia-snmptn-2016-kepsek-sman-3-semarang-sembrono-yang-disalahkan-panitia

  11. Pingback: Kritik Keras: Inilah Lima Bentuk Ketidakadilan dalam SNMPTN 2016

  12. abri

    May 11, 2016 at 11:23 pm

    memang sekolah harus bisa memberikan penjelasan masalah sebenarnya kepada orang tua murid.hasil sudah didapat,yang perlu diingat adalah bukan hanya menyalahkan tetapi mempersiapkan kedepannya,menyesali dan mencari kesalahan tidak akan pernah selesai…kedepannya kepadaorangtua murid dan komite sekolah jangan terlalu pasrah kepadapihak sekolah dalam pengisian SNMPTN…mereka harus mengawal, semestinya sejak awal orangtua sudah menanyakan kepadaanak bukti pendaftaran SNMPTN berupa hasil cetak form pendaftaran…di sekolah lain,siswa sudah bisa secara mandiri mencetak form pendaftaran SNMPTN…apakah ini sejak awal sudah ditanyakan orang tua kepada anaknya..

  13. Anyone

    May 12, 2016 at 1:38 am

    Assalamuialaikum,
    Saya ikut komentar
    saya adalah salah satu korban seperti SMAN 3 SEMARANG, saya dari SMAN 2 GENTENG BANYUWANGI.Ini juga merupakan pukulan yang menyakitkan bagi saya dan juga sekolah saya, namun saya juga bingung letak kesalahan ada dimana. saya san teman teman hanya bisa berdoa agar semua korban dapat lolos masuk PTN dalam seleksi apapun. Tetap semangat SMAN 3 SEMARANG dunia tidak kiamat hanya karna gagal SNMPTN. Semangattttt

  14. agrend wisnu kusuma

    May 12, 2016 at 6:35 am

    Sambut Hari Pendidikan Nasional dan Hari BUKU Se-Dunia

    (Ijin promo admin – Beli 5 Gratis 1 selama promo)
    Telah hadir buku seri Olimpiade BIOLOGI dan FISIKA antar Perguruan Tinggi.
    Bonus 1 Bolpoint Plus 1 Bross Cantik Hijab/Tirai
    Siap launching dan stock ready calon-calon medalis olimpiade ON MIPA & OSNPTI.
    Salam Bakti Kami Padamu Negeri Spesial buat para pejuang tangguh OSNPTI, Guru dan Dosen Pelatih Olimpiade MIPA (Let’s go to get all of medalion)
    Also event Road To Palembang OSN 2016
    Setelah lahir dan sukses buku Persiapan Pelatihan dan Pembinaan ON MIPA PT dan OSN Pertamina bidang studi Matematika Kini siap hadir buku yang sama Fisika dan Biologi, Kimia terakhir menyusul kemudian. (Buku Revolusioner dan Pertama di Indonesia) Mohon doa restu.

    Teori Singkat Studi Kasus dan Bedah Soal Soal OSK,OSP, dan OSN Fisika Tahun 2014 dan 2015 lengkap dengan pembahasannya Soal seleksi tingkat kampus dan pembahasannya. Soal ON MIPA PT dan OSN Pertamina 3-5 tahun terakhir tingkat regional dan nasional
    Bonus Soal dan Pembahasan Olimpiade Fisika Tim Pelatnas TOFI oleh Prof. Yohanes Surya, Phd. Bonus Soal Sampel Apho dan Ipho lengkap dengan pembahasannya (1 paket).

    Buku ON MIPA Biologi :
    Soal dan Pembahasan KSM, OSK,OSP, OSN Biologi Tahun 2015
    Bonus Soal dan Pembahasan Olimpiade Biologi (TOBI) oleh Tim Pembina Kemenristek RI.
    Soal dan Pembahasan Seleksi tingkat kampus. Soal dan Pembahasan ON MIPA PT Biologi 3 tahun terakhir plus soal-soal OSN Pertamina.
    Bonus soal sampel IBO dan IJCO beserta warna-warni Testimoni jejak sukses Para Juara Sejati (medalis) lengkap.
    Info plus proses pendaftaran, seleksi hingga babak final OSN Pertamina
    Tips dan Triks Motivasi Building menjadi Sang Juara dan Pejuang Sejati.
    Buku khusus ini dibuat atas permintaan dan saran dari para pelanggan sebelumnya agar lebih mewarnai khasanah keilmuwan sains dan turut mencerdaskan dunia pendidikan nasional tingkat perguruan tinggi.

    Yang minat dan serius mohon konfirmasi pemesanan dari sekarang, silahkan hubungi Ibu Yeni Suryani WA/HP. 08561321290 atau PIN BB 5B5D1D3A. (Limit Edition)
    Harga Promosi berlaku hanya sampai bulan Juni 2016 :
    Rp. 200.000 belum ongkir
    Harga normal : Rp. 225.000 (Pelajar dan Mahasiswa), Guru dan Dosen (Rp. 250.000)
    Spesifikasi Buku :softcover full colour, Ukuran B5, Tebal 500-600 halaman, berat sekitar1,25 kg-1,5 kg, Banyak Halaman warna. Partai besar dapat discount spesial 25 % antar Institusi.

    Note Penting :
    Alhamdulillah testimoni terbukti 10 Orang Mahasiswa PTN/PTS Pembeli buku berprestasi dan lolos seleksi ON MIPA PT Tingkat Regional dan Nasional.

    Telah tercatat 65 PTS dan PTN terdaftar dalam user buku on mipa pt bidang studi Matematika sebelumnya. Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan, doa dan support para kontributor penulis termasuk kritik dan saran para pelanggan.
    Pengiriman buku paket reguler atau yes via JNE Cabang Kampus IPB Dramaga Bogor/ Pos Indonesia.

    Penulis Buku : Agrend Wisnu Kusuma, dkk. (Bersama para peraih medalis osn dan on mipa pt)
    Penerbit APPM Publishing – Klinik Pendidikan XPERT Global Bogor Silahkan share ke teman-teman sekolah dan kampusmu
    Buruan order sekarang juga limit edition.
    Pre Order 2 hari sebelumnya yach….capcuss goodluck
    Jika info ini baik dan bermanfaat silahkan di share.
    TERIMA KASIH.

  15. kang musa

    May 12, 2016 at 11:07 am

    Ada solusi cerdas sebagai tanggungjawab moral sekolah untuk musibah ini yaitu memberikan layanan bimbingan ekstra untuk menghadapi sbmptn. Berikan motivasi dan layanan belajar yg baik sebagai tanggungjawabmoral dan support siswa. Diberikan gratis dan bebas serta kompeten

  16. Hye Seul

    May 12, 2016 at 3:34 pm

    It’s okay. Everything will be happy in the end, tidak mungkin semuanya berakhir seperti ini. cuma masalah waktu. Innallaha ma’asshabirin.

  17. robby

    May 13, 2016 at 3:16 am

    ini lho bentuk pembelajaran karakter dan budaya Bangsa…yang telah ditunjukkan Kepala SMA N 3 Semarang yang konon favorit katanya…375 siswanya tidak masuk SNMPTN..langsung protes/kunjungan (nglabrak/ngluruk = jawa)Panitia SNMPTN, masih ada SBMPTN kok repot,kalau siswanya hebat-hebat pasti lulus 105% bagaimana SMA N 3 Semarang ini…..?

  18. Hadi mahsun

    May 13, 2016 at 6:13 am

    Kalo emang hebat silahkan bertarung di SNBPTN, Kalo anda layak dapat kursi kuliah emang anda pandai, Kalo tidak lolos, ada apa denganmu… Tong kosong nyaring bunyinya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *