Wow, Pemerintah Gelar Lomba Menulis Cerita Rakyat Berhadiah Rp30 Juta

Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Penulisan Cerita Rakyat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas bercerita di kalangan masyarakat dalam rangka melindungi kekayaan budaya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terdokumentasi cerita-cerita rakyat dan tertanam nilai-nilai budaya sehingga nilai-nilai tersebut teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Lomba dengan tema “Cerita Rakyat sebagai Wahana Pembangunan Karakter Bangsa”  berupa penulisan kembali cerita rakyat yang bersumber pada cerita rakyat Indonesia dengan versi penulis, baik dalam jenis mite, legenda, maupun dongeng. Lomba ini dibagi dalam dua kategori, yakni cerita rakyat untuk anak dan cerita rakyat untuk umum.

Hadiah yang disediakan panitia termasuk cukup fantastis, yakni Rp30 juta untuk juara pertama, Rp20 juta untuk pemenang kedua, dan Rp15 juta untuk pemenang ketiga. Selain itu masih ada juara harapandan hadiah hiburan.

Berikut rincian hadiahnya:
1.    Juara I sebesar Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah),
2.    Juara II sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah),
3.    Juara III sebesar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah),
4.    Harapan I sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah),
5.    Harapan II sebesar Rp. 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah),
6.    Harapan III sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah),
7.    Enam hadiah hiburan masing-masing sebesar Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah).

Naskah cerita merupakan penulisan kembali karya orisinal perorangan yang belum pernah dipublikasikan dan bersumber pada cerita rakyat Indonesia. Cerita rakyat yang ditulis kembali diharapkan diambil dari cerita rakyat yang selama ini belum banyak digali.

Panjang naskah terdiri atas 10.000–15.000 karakter (10–15 halaman) tanpa gambar/ilustrasi.Naskah diketik di atas kertas A4, Times New Roman 12, spasi 1,5, margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm.

Pendaftaran lomba dimulai tanggal 10 Juni 2015 dan ditutup tanggal 20 Agustus 2015 (stempel pos/jasa Kurir). Naskah yang dilombakan menjadi milik Direktorat Internalisasi Nilai dan DiplomasiBudaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta hak cipta tetap pada pengarang.

Naskah dan fotokopi KTP/Kartu Pelajar peserta dikirim dalam bentuk softcopy ke alamat email kekayaanbudaya@gmail.com atau hardcopy ke alamat: Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Kompleks Kemdikbud Gedung E Lantai 10. Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.