Soal UTS Bahasa Indonesia Rombel 23

Ujian Tengah Semester (UTS) MKU Bahasa Indonesia dilakukan untuk mengevaluasi perkuliahan. Melalui UTS ini mahasiswa dapat merefleksikan proses dan hasil selama mengikuti perkuliahan dan dapat merumuskan cara agar inerja ke depan lebih baik.

Bagi dosen, UTS ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi terhadap mahasiswa agar bisa mengembangkan perkuliahan dengan lebih efektif sebagaimana tujuan perkuliahan. Pada akhirnya, kedua tujuan itu bermuara pada tercapainya tujuan perkuliahan.

Petunjuk:

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan cermat.
  2. Tulislah jawaban Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini dengan mencantumkan nama lengkap dan NIM.
  3. Waktu pengerjaan: 09.00 s.d. 10.30 WIB.

Pertanyaan:

  1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
  2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
  3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
  4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
  5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
  6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
  7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
  8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?

Selamat mengerjakan.

26 Comments

  1. Nuning Suci Rianti

    October 25, 2016 at 2:55 am

    Nama : Nuning Suci Rianti
    NIM : 5301415014
    Rombel : 23
    Prodi : Pendidikan Teknik Elektro

    1. Saya menjadi paham tentang sejarah bahasa Indonesia, bagaimana awal mula bahasa Indonesia dapat tercipta dan kaitannya dengan perubahan EYD yang terus berkembang dari masa ke masa. Tentang bagaimana sebelumnya bahasa Indonesia menggunakan oe untuk huruf u, dj untuk huruf c dan lain sebagainya.
    Dari memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia juga membuat saya lebih termotivasi untuk lebih memperdalam ilmu saya tentang bahasa Indonesia karena saya tahu bahwa tidaklah mudah untuk mencapai tata bahasa Indonesia seperti yang sekarang ini dapat kita semua nikmati.
    Perkembangan bahasa Indonesia juga membuat saya lebih menghargai bahasa Indonesia dan berusaha menggunakan serta menerapkannya sesuai dengan kaidah yang berlaku.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan berbahasa adalah saya menjadi paham akan penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta kapan penggunaan bahasa tersebut diterapkan dan juga saya lebih paham bagaimana menghormati seseorang lewat berbahasa yang baik. Karena bagaimana kita berbahasa juga mencirikan siapa diri kita sebenarnya, bagaimana kita memilih bahasa yang baik tentu ada kaitannya dengan pendidikan yang kita dapat mengenai bahasa Indonesia. Orang yang santun tentu akan berhat-hati dalam pemilihan bahasanya, sebab ia harus mampu menyampaikan maksud dan tujuannya dengan jelas kepada orang yang hendak ia beri informasi tanpa orang tersebut merasa di rendahkan akibat penggunaan kesantunan bahasa yang salah/tidak tepat.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya mampu membedakan ragam bahasa sastra, hukum, karya ilmiah, jurnal, dan lain sebagainya. Saya juga mampu menerapkan pada saat saya menulis, sehingga tidak tertukar mana kata/kalimat yang seharusnya digunakan untuk bahasa hukum dan mana untuk bahasa sastra. Sebab antar ragam bahasa baik hukum, karya ilmiah dan jurnal memiliki ciri khasnya masing-masing. Sebagaimana pada sastra ia bebas enggunakan jenis kata apa saja, baik yang baku maupun non baku sebab yang dilihat hanyalah keindahan kalimatnya sedangkan pada karya ilmiah kata-kata yang digunakan adalah jenis kata yang ilmiah dan baku sehingga pembacanya tidak salah menafsirkan maksud dari penulis.
    4. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan kata yang tepat untuk menulis karya ilmiah adalah : a.) Berhati-hati dalam pemilihan kata baku dan juga non baku, dalam penulisan karya ilmiah kita wajib menggunakan kata baku sehingga kita harus menghindari penulisan kata-kata yang tidak baku. b.) Menggunakan kata-kata ilmiah, sebab hal itulah yang mencirikan sebuah tulisan karya ilmiah, tidak menggunakan kata-kata yang sangat sederhana yang mampu dipahami oleh umum. c.) Harus memperhatikan keefektifan kalimat, sebab dalam karya ilmiah kalimat yang bertele-tele juga tidak baik jika digunakan.
    5. Cara menyusun kalimat efektif adalah:
    1.) Memperhatikan kesatuan
    2.) Memperhatikan kesejajaran (paralelisme)
    3.) Memperhatikan penekanan dalam kalimat, harus ada penekanan pada kalimat yang penting.
    4.) Kehamatan
    5.) Kevariasian
    6.) Kelogisan, dalam kalimat efektif didalamnya harus terjadi kelogisan pada kalimat.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Nama saya Nuning Suci Rianti, saya adalah mahasiswi jurusan Teknik Elektro semester 3 di Universitas Negeri Semarang. Saya menjadi mahasiswi jurusan Teknik Elektro melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi. Pada jurusan tersebut saya diajari banyak hal salah satunya adalah kelistrikan, tentang bagaimana mengontrol listrik dan bagaimana memasang listrik pada rumah/instansi.
    8. Hal yang saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat adalah membaca beragam buku, baik buku sastra maupun keilmiahan sebab kita dapat menulis dengan baik apabila kita kaya dengan pembendaharaan kata dan salah satu cara memperbanyak pembendaharaan kata adalah dengan membaca. Selain itu saya juga rajin menulis artikel dan meminta pendapat orang yang berkompeten, mahasiswa jurusan sastra misalnya untuk memperbaiki jika ada kesalahan pada tulisan saya.

  2. Pradipta Adhyatmika

    October 25, 2016 at 2:59 am

    1. Manfaat yang saya dapat dalam mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu saya dapat mengetahui bawha bahasa indonesia pada awalnya belum ada, awalnya akan diambil bahasa melayu atau bahasa jawa sebagai bahasa nasional, namun akhirnya dengan kesepakatan bersama maka bangsa indonesia membuat bahasa indonesia sebagai bahasa nasional yang diambil dari beberapa bahasa. Dan dengan mempelajari sejarah dan perkembangan saya memahami bahwa bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan karena mengambil banyak bahasa daerah
    2. Manfaat yang saya dapat dalam mempelajari kesantunan bahasa adalah saya dapat menggunakan bahasa dengan lebih situasional dan efektif, dan saya tidak lagi menggunakan bahasa dengan sembarangan.
    3. Manfaat yang saya dapat dalam mempelajari ragam bahasa adalah saya menjadi mengetahui karakteristik dan ciri dari ragam bahasa(sastra, ilmiah, hukum, dan jurnalistik)
    4. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan kata saat menulis karya ilmiah adalah 1) ditujukan kepada siapa tulisan itu. 2) kesantunan diksi. dan 3) menggunakan bahasa yang baku.
    5. Cara menyusun kalimat efektif adalah dengan memperhatikan 1) Kesatuan gagasan. 2) kesejajaran. 3) Kehematan. 4) Penekanan. 5) Kelogisan.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung semakin sengit karena Amerika dan China memiliki beberapa kesamaan yaitu ; modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Menulis paragraf dalam bahasa inggris tidak semudah menulis paragraf dalam bahasa indonesia.al ini disebabkan karena bahasa inggris bukan merupakan bahasa ibu. Selain itu dalam bahasa inggris ada yang disebut dengan tenses untuk menyebutkan waktu kejadian dalam cerita. Namun sistematika dalam penulisan dalam bahasa inggris tidak jauh berbeda dengan bahasa indonesia.
    8. Hal yang saya lakukan supaya kemampuan menulis saya meningkat secara signifikan adalah dengan sering membaca dan menulis.

    Nama : Pradipta Adhyatmika
    NIM : 2201415168

  3. Maria Ana Mei Lestari

    October 25, 2016 at 3:10 am

    Maria Ana Mei Lestari
    2201415069
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu saya menjadi tahu bagaimana pembentukan atau perkembangan bahasa Indonesia itu sendiri. Mengerti bagaimana sebuah kalimat terbentuk dan bagaimana cara penggunaannya. Mendapat pengetahuan apa itu bahasa alay, dan bagaimana cara untuk mengatasai atau mengurangi penggunaannya dikehidupan sehari-hari.
    2. Manfaat yang diperoleh saat mempelajari materi kesantunan bahasa yaitu saya mengetahui beberapa maksim yang dikemukakan oleh beberapa ahli, serta dapat mengaplikasikannya dalam sebuah penulisan atau percakapan sehari-hari. Selain itu dapat membedakan dan menganalisis bagaimana orang yang menjadi mitra tutur kita berbicara santun atau tidak.
    3. Manfaat yang diperoleh saat mempelajari ragam bahasa yaitu, dapat mengerti dan memahami ragam bahasa dari beberapa contoh tulisan formal. Seperti ragam bahasa perundangan, jurnalistik, sastra, dan ilmiah. Mengetahui perbedaan dari masing-masing ragam bahasa tersebut dan akhirnya mampu untuk mengaplikasikan dalam tulisan yang saya buat.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan :
    – Menggunakan kata yang tepat untuk karya ilmiah tertentu. Misalnya jika membuat karya ilmiah dalam bidang biologi, maka menggunakan kata yang biasanya muncul dalam bidang tersebut.
    – Memilih kata yang logis dalam penulisan karya ilmiah.
    5. Cara menyusun kalimat menjadi kalimat efektif :
    – Memperhatikan diksi yang digunakan, apabila diksi tersebut sesuai dengan konteks yang sedang dibuat, maka informasi yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik.
    – Memperhatikan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Memperhatikan tanda baca dan kapitalisasi huruf yang dibuat. Serta menggunakan kata baku yang ada.
    – Adanya kesatuan antarkata. Memiliki subjek, predikat dan objek yang jelas.
    – Menggunakan ragam bahasa yang tepat.
    – Penghematan terhadap kata, jika ada satu atau dua kata yang dapat dihilangkan tetapi tidak mengubah makna kalimat tersebut, maka kata itu merupakan kata yang mubazir.
    – Logis dan lugas.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina akan berlangsung sengit karena Amerika dan Cina memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Penyusunan paragaraf :
    Dalam mempelajari bahasa Inggris, skill atau kemampuan dasar adalah pegangan yang harus dikuasai. Skill atau kemampuan tersebut adalah listening, speaking, reading, dan writing. Kemampuan dalam bidang listening merupakan kemampuan paling dasar, karena hal tersebut sudah menjadi keahlian kita sejak lahir. Selanjutnya adalah kemampuan speaking atau berbicara. Setelah kita memiliki keahlian dalam bidang listening atau mendengarkan maka kita dapat menirukan apa yang kita dengar dengan cara speaking. Kemampuan berikutnya adalah reading atau membaca. Mungkin kemampuan ini terbilang mudah, karena kita hanya melakukan scanning atau penyerapan informasi dari membaca. Tetapi tentu saja ada beberapa syarat atau cara untuk dapat membaca dengan baik. Setelah kita mampu untuk membaca, maka keahlian yang paling sulit adalah writing atau menulis.
    Selain harus menguasai kemampuan dasar dalam berbahasa Inggris, ada beberapa penunjang atau hal pendukung yang sangat penting untuk dikuasai juga. Hal pendukung tersebut ialah, vocabulary, grammar, pronounciation, dan lain-lain. Dalam penulisan tentu saja kita harus menguasai banyak vocabulary atau kosa kata yang akan menunjang penulisan kita. Selain itu grammar atau tata bahasa yang baik dan tepat juga harus dikuasai karena hal tersebut dapat mempengaruhi maksud dari kalimat itu sendiri. Hal lain yang harus diperhatikan yaitu pronounciation atau pelafalan. Di dalam Bahasa Inggris, terdapat banyak kata yang memiliki pelafalan serupa atau sama, sebagai contoh kata ship dengan sheep, kata beach dengan bitch, dan lain sebagainya. Jika kita tidak bisa membedakan cara pelafalanya maka akan terjadi kesalahpahaman dalam percakapan.
    8. Hal yang akan dilakukan jika peningkatannya signifikan :
    – Terus berlatih menulis, dan mencoba hal-hal yang baru diluar jurusan kita, agar tidak lupa dengan teknik menulis dengan baik.
    – Membaca sumber-sumber yang tersedia untuk menambah ilmu tentang penulisan.

  4. Alvio Andrianto

    October 25, 2016 at 3:10 am

    Alvio Andrianto 5301415003

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah semakin sadarnya diri saya bahwa bahasa Indonesia merupakan identitas negara yang harus dijunjung tinggi. Dengan demikian semakin bertambah semangat saya untuk mempelajari dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah bertambahnya pengetahuan saya mengenai bagaimana berbahasa yang santun,sehingga kurangnya kesantunan saya dalam berbahasa ketika beraktifitas dapat saya benahi.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah bertambahnya pengetahuan saya mengenai ragam bahasa, sehingga saya dapat menggunakan ragam bahasa yang tepat saat akan menulis sesuatu.
    4. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan seorang penulis karya ilmiah dalam memilih kata yang tepat adalh sebagai berikut:
    a. Awalan di- atau ke- atau kata depan ditulis serangkai apabila dihubungkan dengan kata kerja dab dipisah apabila bukan kata kerja
    b. Hindari singkatan dalam penulisan karya ilmiah
    c. Hindari penggunaan istilah atau kata-kata asing
    d. Hindari menulis huruf kapital ditengah kalimat
    e. Kata ulang ditulis dengan menggunakan tanda hubung di antara keduanya
    f. Kata depan di dank e ditulis terpisah dengan kata sifat dan kata benda yang mengikutinya
    g. Imbuhan per yang berarti “tiap” ditulis terpisah dari bagian kalimat yang mendahului dan mengikutinya. Sebaliknya per pada bilangan pecahan ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya.
    h. Hati-hati ketika menuliskan nama gelar
    5. Cara menyususn suatu kalimat menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut :
    a. Adanya kesatuan gagasan
    b. Adanya kesejajaran bentuk
    c. Adanya kehematan kata
    d. Adanya penekanan pada kata tertentu
    e. Adanya kelogisan kalimat
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki jumlah penduduk yang besar sebagai basis konsumen.
    7. Kontroler PID merupakan kontroler mekanisme umpan balik yang biasa dipakai pada sistem kontrol industri. Sebuah kontroler PID secara kontinyu menghitung nilai kesalahan output sebagai beda antara setpoint yang diinginkan dengan variabel proses terukurnya. Kontroler berusaha untuk meminimalkan nilai kesalahan setiap waktu dengan penyetelan variabel kontrol, seperti posisi keran kontrol, damper, atau daya pada elemen pemanas, ke nilai baru yang ditentukan oleh setpoint.
    8. Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah dengan menerapkan apa yang sudah saya pelajari ketika perkuliahan bahasa Indonesia dalam makalah, laporan, maupun proposal yang akan saya buat.

  5. Anang Tri Nugroho

    October 25, 2016 at 3:20 am

    Nama : Anang Tri Nugroho
    NIM : 5301415020
    Rombel : 23

    1.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi tentang sejarah dan perkembangan bahasa indonesia saya dapat mengetahui sejarah dari bahasa indonesia dari waktu penggunaannya di dalam sumpah pemuda, alasan-alasan bahasa indonesia diambil dari bahasa melayu (Riau) dan mengapa bahasa indonesia dijadikan bahasa nasional atau persatuan.
    2.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah bagaimana menggunakan bahasa indonesia yang santun kepada orang yang lebih tua dari saya dan bagaimana menggunakan bahasa indonesia dengan teman-teman yang umurnya tidak terlalu jauh.
    3.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah mengetahui macam-macam ragam bahasa beserta contohnya, karakteristiknya, dan bahasa yang digunakan dalam masing-masing ragam bahasa tersebut.
    4.Hal yang harus dipertimbangkan supaya penulis dapat memilih kata yang tepat dalam menulis karya ilmiah antara lain menggunakan diksi yang sesuai, kata yang digunakan harus kata baku, kalimatnya tidak mubadsir.
    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif antara lain memperhatikan kepaduan atau kesesuaian, memiliki penekanan, memiliki penghematan kalimat, memiliki kevariasian dan memiliki kesejajaran atau paralelisme.
    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina semakin sengit. Hal itu disebabkan karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai sebagian besar pasar dunia dan jumlah penduduknya sangat besar sebagai basis konsumen.
    7.Bahan superkonduktor dibagi menjadi dua menurut medan magnet kritisnya, yaitu superkonduktor tipe I dan superkonduktor tipe II. Superkonduktor tipe I hanya memiliki satu harga medan magnet kritis (Hc). Superkonduktor tipe I ini terdiri dari logam dan metaloid yang menunjukkan sifat konduktivitas di suhu ruangan. Superkonduktor tipe I membutuhkan suhu yang sangat dingin untuk menjadi bahan yang mempunyai sifat superkonduktif. Superkonduktor tipe II mempunyai dua harga medan magnet kritis, yaitu Hc1(medan kritis rendah) dan Hc2(medan kritis tinggi). Ketika medan magnet luar harganya lebih kecil dari Hc1, sifat superkonduktor tipe II ini akan sama dengan superkonduktor tipe I.
    8.Hal yang saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis antara lain benar-benar memahami materi perkuliahan bahasa indonesia terutama yang berkaitan dengan karya tulis dan menerapkannya dalam karya tulis yang akan saya buat.

  6. Handy Nur Pratama

    October 25, 2016 at 3:20 am

    Nama : Handy Nur Pratama
    NIM : 5202415054

    1. Manfaat yang saya dapatkan ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya bangga terhadap bahasa Indonesia dan saya menjadi lebih mengetahui sejarah terbentuknya bahasa indonesia.
    2. Manfaat yang saya dapatkan ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya menjadi lebih memahami bagaimana menggunakan bahasa yang santun, dan menerapkan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan situasi dan kondisi yang saya lakukan.
    3. Manfaat yang saya dapatkan ketika mempelajari materi ragam bahasa adalah
    a) memberikan pengetahuan tentang macam-macam ragam bahasa yaitu ragam bahsa ilmiah, jurnalistik, sastra dan undang-undang.
    b) memahami ciri-ciri ragam bahasa yang digunakan oleh setiap jenis ragam bahasa.
    4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan kata yang tepat untuk menulis karya ilmiah adalah
    a) Penulis memilih kata yang dapat menjelaskan arti atau penjelasan dalam suatu konsep.
    b) Penulis memilih kata yang santun, dan maksud dari kata yang dipilih tepat.
    5. Cara menyusun kalimat efektif yaitu menyusun kalimat dengan memilih kata yang tepat, maknanya logis, kalimatnya lugas ( tidak berbelit-belit), memiliki kesatuan makna atau gagasan, tidak boros dalam menggunakan kata, antar kalimat memiliki pertautan dan kesejajaran , dan memiliki kevariasian agar pembaca tidak bosan.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia karena mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Teknik mesin adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip sains. Ilmu Teknik Mesin tidak hanya pada penerapan ilmu pembuatan mesin, melainkan bidang cakupan Teknik Mesin adalah analisis struktur, kinematika, mekanika fluida , mekanika tronika serta manufaktur.
    8. Yang saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan dalam menulis yaitu membaca jurnal-jurnal di jurusan saya, lalu mengkoreksinya dari beberapa komponen seperti pemilihan kata, kalimatnya jelas atau terlalu berbelit, dan melakukan penerapan pada pembuatan karya ilmiah untuk Program kreativitas Mahasiswa ( PKM) di tahun 2017.

  7. Candra Heri Saputro

    October 25, 2016 at 3:20 am

    Nama : Candra Heri Saputro
    NIM : 5301415001
    ROM : 23
    1.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya dapat mengetahui dan paham mengapa bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa nasional bangsa Indonesia .karena bahasa indonesia merupakan bahasa yang berasal dari bahasa melayu ,dan tidak memiliki suatu tingkatan bahasa, sehingga mudah diketahui dan dipelajari oleh semua kalangan.
    2.Dengan adanya materi kesantunan berbahasa ,saya menjadi mengerti dan paham tentang bahasa yang santun.dan dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari ,yaitu mengirim pesan tertulis maupun tak tertulis (langung) .
    3.Manfaat yang saya peroleh dengan adanya materi ragam bahasa yaitu , saya dapat mengetahui beberapa macam ragam bahasa dan ciri-ciri dari masing-masing ragam bahasa tersebut ,dan mampu membuat contoh dari ragam bahasa .mampu mengimplementasikan dalam sebuah media, misalnya dalam penulisan karya ilmiah ,dengan adanya materi ragam bahasa maka memudahkan saya dalam pembuatan karya ilmiah .
    4.Hal yang harus dipertimbangkan supaya penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi (pilihan kata) yang digunakan harus tepat , penggunaan bahasa baku , kalimat yang digunakan tidak boleh mubadzir, kalimat harus obyektif dan tidak bertele-tele .
    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memerhatikan kesatuan bahasa , keterpaduan, penekanan bahasa, kehematan,kevariasian,dan yang terakhir yaitu parallel .
    6.Persaingan ekonomi antara Amerika terhadap China semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen
    7.Feldspar adalah suatu kelompok mineral yang berasal dari batu karang yang ditumbuk dan dapat memberikan sampai 25 % flux (pelebur) pada badan keramik. Bila keramik dibakar, feldspar akan meleleh (melebur) dan membentuk leburan gelas yang menyebabkan partikel tanah dan bahan lainnya melekat satu sama lain. Pada saat membeku, bahan ini memberikan kekuatan pada badan keramik. Feldspar tidak larut dalam air, mengandung alumina, silika dan flux yang digunakan untuk membuat gelasir suhu tinggi.
    8.Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat secara signifikan adalah dengan menerapkan hasil belajar mata kuliah bahasa Indonesia kedalam bentuk karya tulis ( Program Kreatifitas Mahasiswa) , berlatih secara terus menerus membuat sebuah karya tulis, dengan cara tersebut kemampuan menulis saya bisa meningkat secara signifikan.

  8. Alwa Fanah Shinta

    October 25, 2016 at 3:21 am

    Nama : Alwa Fanah Shinta
    NIM : 5301415004
    Prodi : Pendidikan Teknik Elektro
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah yang pertama Saya dapat mengetahui perkembangan bahasa dari dulu sampai sekarang. Yang kedua, Saya dapat membedakan bahasa yang baik dan benar setelah mengetahui sejarahnya dan dapat memahami keberagaman bahasa yang ada di Indonesia. Yang ketiga, saya dapat mengaplikasikannya karena bahasa indonesia adalah bahasa kesatuan.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan bahasa adalah saya dapat mengetahui maksim-maksim dalam kesantunan bahasa sehingga dalam berkomunikasi dengan orang lain dapat terjalin dengan nyaman dan informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar/orang lain. Dalam penggunaanya akan membuat tutur kata kita lebih sopan baik terhadap dosen, orangtua, maupun kerabat sehingga bahasa ynag kita gunakan tidak terlihat angkuh.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya dapat membedakan jenis-jenis ragam bahasa. Dalam pembuatan ragam bahasa harus sesuai dengan unsur-unsur yang ada dalam ragam bahasa yang akan dibuat sehingga informasi yang kita sampaikan dapat tersampaikan dengan jelas tanpa menimbulkan makna lain.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan kata saat menulis karya ilmiah adalah yang pertama harus sesuai dengan unsur-unsur karya ilmiah, yaitu pendahuluan, pembahasan serta penutup. Yang kedua, sumber yang digunakan harus jelas dan harus dicantumkan di daftar pustaka, kemudian bahasa yang digunakan formal dan terartur.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah adanya unsur keterpaduan antar kalimat, pemilihan kata yang sesuai, kevariasian, dan kehematan kata agar informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China berlangsung sengit disebabkan Amerika dan China memiliki modal yang besar. Keduanya menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Nama saya Alwa Fanah Shinta. Saya berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Dalam Teknik Elektro terdapat dua penjurusan yaitu arus kuat dan arus lemah. Arus kuat adalah arus yang mempunyai daya tegangan tinggi, sedangkan arus lemah adalah arus yang mempunyai daya tegangan rendah. Saya mengambil arus lemah karena saya lulusan SMK jurusan Teknik Audio Video jadi pemahaman saya mengenai arus lemah sudah saya pahami dasar-dasarnya. Hal yang saya sukai dalam teknik elektro adalah saya dapat membuat alat secara otomatis dengan menggunakan arus lemah dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
    8. Hal yang akan saya lakukan agar ketrampilan menulis saya meningkat adalah yang pertama membaca, dengan sering membaca akan dapat menggali kosa kata yang nantinya kita akan memiliki kosa kata yang banyak sehingga dalam kegiatan menulis kita tidak akan kebingungan dalam pemilihan kata.

  9. NUR ASIH, 5301415013

    October 25, 2016 at 3:21 am

    1. Kita dapat mengetahui secara terperinci mengenai proses awal penggunaan bahasa Indonesia dan alasan dinamakan bahasa Indonesia serta alasan bahasa Indonesia dijadikan bahasa persatuan, yang padahal secara jelas masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki bahasa yang mencirikan daerahnya masing-masing.
    2.Dengan mempelajari kesantunan berbahasa, kita bisa menggunakan bahasa secara baik dan benar serta dapat menempatkan bahasa sesuai situasi dan kondisi lingkungan kita baik formal maupun nonformal sehingga tidak ada kekeliruan dalam penggunaan bahasa yang dapat menyinggung maupun menjatuhkan nama baik orang lain.
    3.Manfaat yang kita peroleh dari mempelajari ragam bahasa yaitu kita bisa menempatkan bahasa yang kita gunakan sesuai dengan pemanfaatannya. Dimisalkan, ragam bahasa jurnalistik, bahasa yang digunakan komunikatif serta penuturan informasi sesuai dengan keadaan yang ada dilapangan atau bisa dikatakan lugas dan kekinian, lain halnya dengan karya ilmiah dan ragam bahasa hukum, yang cenderung menggunakan bahasa yang formal atau baku.
    4.–bahasa yang baku
    -diksi yang tepat
    -bisa diterima akal
    -memiliki kesatuan dan kepaduan antar kalimatnya
    -menghindari penggunaan pendapat sendiri
    -memperhatikan kalimat-kalimat yang hampir mirip, misalkan antara bawah dan bahwa
    -memperhatikan kalimat-kalimat atau istilah yang digunakan.
    5. 1) mimiliki objek yang jelas
    2) kepaduan antar kalimat
    3) memperhatikan paralelisme
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Jurusan ini membawahi dua program pendidikan yaitu Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) dan Pendidikan Teknik Elektro. PTIK lebih mengarah pada software dan hardware arus lemah, sedangkan untuk Pendidikan Teknik Elektro lebih mengarah lebih mengarah pada software dan hardware arus lemah dan juga software ataupun hardware pada arus kuat.
    8. 1) Sering membuat karya tulis agar kita terbiasa dan terlatih dalam menulis karya serta tidak malu untuk berkonsultasi kepada dosen mengenai karya tulis yang kita buat
    2) Sering membaca karya tulis baik Nasional maupun Internasional agar wawasan kita mengenai ragam bahasa dalam setiap karya dapat kita terapkan dengan tepat.
    3) Mempelajari mengenai ragam bahasa baik untuk ragam bahasa hukum, jurnalistik, ilmiah maupun ragam bahasa sastra. Agar kita tidak keliru dalam penggunaanya

  10. Miftahul Barizi

    October 25, 2016 at 3:28 am

    Nama : Miftahul Barizi
    NIM : 6301415018

    1. Setelah saya mempelajari tentang materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia saya mendapatkan banyak hal seperti,asal-usul bahasa indonesia dimana yang dulunya bahasa indonesia berasal dari bahasa melayu yang dipakai untuk membantu administrasi bagi kalangan pegawai pribumi karena penguasaan bahasa Belanda para pegawai pribumi dinilai lemah. Dengan menyandarkan diri pada bahasa Melayu Tinggi. sejumlah sarjana Belanda mulai terlibat dalam standardisasi bahasa. Promosi bahasa Melayu pun dilakukan di sekolah-sekolah dan didukung dengan penerbitan karya sastra dalam bahasa Melayu. Akibat pilihan ini terbentuklah “embrio” bahasa Indonesia yang secara perlahan mulai terpisah dari bentuk semula bahasa Melayu Riau-Johor.
    2. Setelah saya mempelajari tentang kesantunan bahasa saya lebih menggunakan cara berbahasa dan berperilaku yang lebih baik dari sebelumnya. Kedua hal tersebut saya lakukan untuk menunjukkan tingkat kesantunan berbahasa.dan setelah saya mempelajari Kesantunan berbahasa saya lebih mementingkan etika, norma, dan budaya di masyarakat.
    3. Setelah saya mempelajari materi tentang ragam bahasa saya tahu bahwa Ragam Bahasa itu bervariasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara. Ragam bahasa yang oleh penuturnya dianggap sebagai ragam yang baik , yang biasa digunakan di kalangan terdidik, di dalam karya ilmiah (karangan teknis, perundang-undangan), di dalam suasana resmi, atau di dalam surat menyurat resmi (seperti surat dinas) disebut ragam bahasa baku atau ragam bahasa resmi. dan saya bisa memilih ragam bahasa yang mana yang tepat untuk keperluan keseharian saya (tugas kuliah,berkomunikasi dengan masyarakat dll).
    4.yang harus di perhatikan untuk memilih kata dalam menulis karya ilmiah dengan tepat yang pertama harus memperhatikan kaidah makan,kaidah kalimat,kaidah sosial,kaidah karang mengarang. kemudian yang kedua untuk kata yang tepat harus memenuhi syarat seperti kebakuan,kelaziman,dan kecermatan. dan juga harus memperhatikan ungkapan penghubung,ungkapan bersinonim,kata-kata yang bermiripan,
    5. cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif
    a.kita harus memperhatikan Subyek
    Subyek adalah unsur yang di perkatakan dalam kalimat.
    Contoh:
    Aku adalah seorang artis.
    b. Prediket
    Kata yang dalam sebuah kalmat berfungsi memberitahukan apa, mengapa, atau bagaimana subyek itu di sebut prediket.
    Contoh:
    Aku sebetulnya seoarang artis
    c. Pelengkap
    Sering kali prediket sebuah kalimat harus di lengkapi lagi dengan unsur lain, sehingga terjadilah suatu pernyataan yang lebih lengkap. Unsur pelengkap biasanya berada di belakang prediket.
    Contoh:
    Aku tidak menyukai pekerjaan itu.
    d. Kata Perangkai
    unsur ini berfungsi merangkaikan dua unsur subyek, dua unsur prediket, atau dua unsur pelengkap di dalam sebuah kalimat. Contoh: Kegemaranku ialah menulis dan melukis.
    e.Kata Penghubung
    Kata penghubung berfungsi menghubungkan dua buah informasi di dalam satu kalimat.
    Contoh:Pekerjaan itu tidak kusukai, tapi aku memperoleh penghasilan besar darinya.
    f. Kata Frase
    Merupakan sebuah kelompok kata dan seringkali berfungsi sebagai keterangan prediket untuk keperluan-keperluan tertentu.Misalnya, keterangan waktu,tempat, sebab dan lain sebagainya.
    6. Persaingan dibidang ekonomi antara Amerika dan China berlangsung semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar,karena keduanya menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7.Pada penelitian yang dilakukan mahasiswa olahraga Universitas Negeri Semarang mengenai pentingnya perbaikan gizi kepada setiap atlit, dimana hal tersebut akan mempengaruhi performa atlet ketika bertanding.
    8. saya akan melatih kemampuan menulis saya dengan cara belajar menulis karya ilmiah, belajar menulis jurnal olahraga. dengan demikian saya berharap agar kemampuan menulis saya meningkat secara bertahap dan akhirnya menjadi bisa.

  11. Budi Wijaya

    October 25, 2016 at 3:29 am

    Budi Wijaya (5301415006)

    1.Saya mendapatkan pengetahuan tentang sejarah awal munculnya bahasa Indonesia dan mengetahui macam-macam perkembangannya. Perkembangan Bahasa Indonesia salah satunya melalui perkembangan ejaan yaitu EYD, EBI. Perkembangan ejaan membuat bertambahnya pengetahuan dalam berbicara secara lisan maupun tulisan.

    2.Saya mendapatkan pengetahuan tentang kesantunan dalam berbahasa yang bisa dipakai sehari-hari. Penggunaannya dengan menerapkan teori yang dipelajari dan melihat kondisi lingkungan ketika berbicara.

    3.Saya mendapatkan pengetahuan tentang macam-macam ragam bahasa,menerapkan penggunaan ragam bahasa melalui lisan dan tulisan, dan mengenal perbedaan dari setiap ragam bahasa.

    4.Penulis harus menggunakan bahasa yang jelas dan lugas, memilih diksi yang tepat, memperhatikan pembaca karya ilmiah. Pemilihan diksi harus berdasarkan fakta, dan aktual

    5.Dalam penyusunan kalimat efektif harus memperhatikan kesatuan gagasan dari kalimat, menggunakan kesejajaran kata, memperhatikan kelogisan setiap gagasan, menggunakan penekanan, mengurangi penggunaan kata tidak hemat, dan pemiihan kata paralel tepat.

    6. Amerika dan China melakukan pertarungan ekonomi yang berlangsung semakin sengit karena Kedua negara memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat sebagai konsumen.

    7.Mahasiswa unnes jurusan teknik elektro menemukan sebuah alat yang berguna bagi masyarakat. Alat tersebut menggunakan Arduino UNO sebagai otak pengendali. Arduino UNO tersebut mengendalikan pintu air secara otomatis untuk irigasi sawah. Air yang keluar sesuai dengan kelembaban tanah pada sawah ketika penghitungan kelembaban kurang dari batas yang ditentukan. Setelah kelembaban diketahui cukup untuk persawahan, alat tersebut secara otomatis menutup pintu air. Dalam pembuatan alat ini mengahabiskan biaya yang cukup besar mencapai Rp.10.000.000.

    8.Saya mempelajari teori-teori dari buku seperti ragam bahasa, diksi, kalimat efektif dan paragraf, selai itu mencoba untuk menerapkannya dalam kehidupan dengan menulis karya ilmiah, makalah, dan catatan harian.

  12. Dede Wasiatun

    October 25, 2016 at 3:29 am

    Nama : Dede Wasiatun
    NIM : 5301415005
    Jawaban
    1. Setelah mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia saya menjadi lebih mengetahui bahwa bahasa nasional diperoleh dengan usaha para pendiri negara dengan susah payah dan perjuangan yang tiada henti. Dapat mengetahui perkembangan bahasa Indonesia dari mulai awal proses ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional pada sumpah pemuda. Dapat menghargai dan menjunjung tinggi bahasa pemersatu bangsa Indonesia.
    2. – Dapat mengetahui cara berbahasa yang santun
    – Mengetahui bagaimana cara bertutur kata yang baik dan benar sesuai ejaan bahasa Indonesia.
    – Mengerti tentang cara berbahasa yang santun ketika situasi formal dan nonformal.
    – Dapat menilai kesantunan berbahasa seseorang dengan memperhatikan maksim dan prinsip kesopanan yang digunakan ketika ia bertutur dengan mitra tuturnya.
    3. – Mengetahui ragam bahasa yang digunakan pada karya seseorang.
    – Saya menjadi tahu ragam bahasa yang digunakan dalam karya sastra, karya hukum, karya jurnalistik dan karya ilmiah, baik karya sastra, hukum, jurnalistik, dan karya ilmiah.
    – Mengetahui karakteristik ragam bahasa dari masing-masing kary
    – Menambah pengetahuan tentang perbedaan ragam bahasa yang digunakan pada masing-masing karya sesuai dengan topik yang ada.
    – Menjadi lebih tahu mengenai ragam bahasa lisan yang pengucapannya lebih spontan dan bahasanya panjang namun tidak dapat direvisi.
    – Mengetahui bahasa tulisan yang pemikiran dan penyusunannya lebih lama daripada bahasa lisan akan tetapi dalam bahasa tulisan kalimat atau kata dapat direvisi.
    4. – Mampu menggunakan diksi yang tepat, biasanya menggunakan kata dan idiom baku.
    – Menggunakan ejaan yang benar sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia dan gramatikal.
    – Menggunakan kalimat yang efektif.
    – Menggunakan paragraf yang padu dan koheren.
    5. Harus sesuai dengan karakteristik kalimat efektif :
    – Keutuhan struktur gramatikal ( subjek, predikat, objek) yang jelas dan fokus.
    – Kalimat ideal minimal terdiri dari subjek dan predikat.
    – Memiliki perpautan atau kepaduan , yang dimaksud adalah adanya hubungan yang logis antar unsur di dalam kalimat.
    – Memiliki kefokusan atau pemusatan perhatian, untuk menjelaskan apa yang dimaksud dalam kalimat ada yang ditinjolkan dengan memberikan penekanan pada kata atau kalimat tersebut.
    – Kehematan dalam penggunaan kalimat, artinya kata yang digunakan tidak mubadzir.
    – Kevariasian (tidak mengulang bentuk / kata yang sama).
    – Kesejajaran / paralelisme ( dapat berasal dari kelas kata yang sama).
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, dikarenakan kedua negara ini mempunyai modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Arduino Uno adalah papan mikrokontroller yang berukuran sebesar kartu ATM, dapat dioperasikan dengan beberapa alat elektronika lainnya. Dalam pemrograman komputer terdapat proses penyelaan atau penghentian sementara program yang sedang dijalankan pada arduino, program ini disebut Interrupt. Ada tiga jenis Interrupt, yaitu Interrupt Falling, Rising dan Any Change.
    8. Hal yang saya lakukan agar ketrampilan menulis lebih signifikan, yaitu :
    – Saya berlatih menulis cerpen
    – Menyusun Program Kreatifitas Mahasiswa untuk melatih pembuatan karya ilmiah.
    – Merevisi karya ilmiah yang telah dibuat.
    – Mencari referensi untuk pengembangan penulisan.

  13. Sriatun

    October 25, 2016 at 3:30 am

    Nama : Sriatun
    NIM : 2601415004

    1.Manfaat yang saya peroleh dalam mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia yaitu saya dapat mengetahui sejarah awal munculnya Bahasa Indonesia dari bahasa melayu hingga menjadi bahasa pemersatu Bangsa Indonesia. Selain itu saya dapat mengetahui perkembangan Bahasa Indonesia dari ikrar sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 sampai peresmian Bahasa Indonesia.
    2. Kesantunan dalam berbahasa sangat dibutuhkan. Terkhusus bagi pemuda-pemudi yang saat ini dalam hal kesantunan berbahasa sangat rendah. Pemuda seperti saya dengan mempelajari kesantunan berbahasa manfaat yang dapat saya peroleh yaitu saya bisa menggunakan bahasa sesuai dengan tatakrama berbahasa, contohnya saya saat berbicara dengan orang yang lebih tua dari umur saya, dalam berbahasa saya dapat menggunakan bahasa dengan sopan.
    3. Manfaat yang dapat saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa yaitu saya dapat mengetahui berbagai ragam bahasa seperti ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa karya sastra, ragam bahasa undang-undang serta ragam bahasa karya ilmiah. Kemudian saya bisa membedakan dari keempat ragam bahasa tersebut.
    4. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan penulis dapat memilih kata saat menulis karya ilmiah yaitu harus memperhatikan pemilihan kata (diksi). Hal ini sangat penting, karena kesalahan pemilihan diksi akan berakibat buruk pada hasil karya ilmiah. Selain itu, dalam pemilihan kata harus memperhatikan kepaduan antara kata dalam kalimat.
    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat efektif yaitu dengan memperhatikan penempatan unsur-unsur kalimat seperti subyek, predikat dan pelengkap. Kemudian harus mengetahui kata hubung, misal konjungsi. Harus memperhatikan frase, kalimat ambigu harus dihilangi.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China semakin sengit, karena kedua Negara tersebut memiliki modal yang besar dalam menguasai pasar dunia, serta mempunyai rakyat dalam jumlah yang besar sebagai basis konsumen.
    7. Fakultas Bahasa dan Seni merupakan fakultas yang mengkaji berbagai bidang keilmuan bahasa dan seni. Bahasa yang dikaji pada fakultas ini meliputi Bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Arab, Jepang, Mandarin, dan Jawa. Dalam bidang seni, fakultas ini mengkaji seni tari, musik, rupa dan desain. Semua bidang keilmuan bahasa dan seni ini terbagi dalam delapan jurusan.
    8. Hal yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan saya dalam menulis yaitu dengan berlatih menulis, seperti menulis esai, artikel, dan lain sebagainya. Selain itu harus sering-sering membaca buku agar wawasan saya dalam menulis semakin berkembang.

  14. Diah Setyowati

    October 25, 2016 at 3:32 am

    Nama : Diah Setyowati
    NIM : 5301415008
    Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
    Rombel : 23
    1. Yang saya peroleh ketika saya mempelajari materi sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia adalah
    a. Saya lebih memahami sejarah awal mula mengapa dipakainya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, yang dulunya merupakan bahasa Melayu Riau karena bahasa tersebut dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
    b. Saya lebih memahami dan mengenal perkembangan Bahasa Indonesia yang dari ejaan ejaan terdahulu sampai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).
    c. Saya lebih memahami mengenai perjuangan orang terdahulu yang telah berhasil membuat Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Persatuan tanpa adanya konflik.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan bahasa adalah
    a. Bisa lebih memahami mengenai materi kesantunan bahasa.
    b. Membuat saya bisa berbicara menggunanakan bahasa yang santun dalam pengaplikasiannya di masyarakat.
    c. Bisa menghargai orang lain sebagai mitra bicara diri sendiri dengan menggunakan beberapa maksim yang telah dipelajari.
    3. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari ragam bahasa adalah
    a. Dapat mengetahui macam macam ragam bahasa yaitu ragam bahasa undang-undang, ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa ilmiah dan lain lain.
    b. Dapat mengetahui karakteristik dan ciri dari ragam bahasa tersebut. Misalnya ragam bahasa jurnalistik mempunyai ciri yang komunikatif, sederhana , dinamis dan demokratif.
    c. Dapat mengaplikasikannya dalam membuat tugas pendidikan, dalam masyarakat dan dalam kehidupan sehari hari.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata yang tepat saat menulis karya ilmiah adalah
    a. Ketepatan memilih kata (diksi) yaitu cara dimana yang disampaikan oleh penulis dapat tersampaikan dengan pembaca sesuai yang difikirkan oleh penulis. Ketepatan memilih kata ini perlu diperhatikan dalam pemilihan kata sinonim, kata yang hampir sama dan lain lain.
    b. Kesesuaian memilih kata (diksi) yaitu suatu cara dimana penulis tersebut dapat menyesuaikan kata kata yang dipilih sesuai dengan kondisi.
    c. Menjadikan setiap kalimat tersebut menjadi kalimat yang efektif, yaitu dengan menggunakan keutuhan gagasan, kepaduan dan saling keterpautan, penekanan kata pada kalimat, penghematan kalimat, variasi dan memperhatikan kesejajaran atau paralelisme kalimat.
    5. Cara menyusun kalimat menjadi kalimat yang efektif adalah adalah dengan memperhatian hal-hal berikut ini :
    a. Keutuhan gagasan yaitu sesuai yang disampaikan oleh dosen, bahwa suatu kalimat harus mempunyai minimal struktur gramatikal subjek dan objek.
    b. Kepaduan dan Keterpautan yaitu setiap kalimat harus mempunyai kepaduan keterkaitan dalam kalimat.
    c. Penekanan kata pada kalimat, yaitu adanya penekanan yang jelas pada sebuah kalimat agar kalimat tersebut mudah dipahami dan menjadi efektif.
    d. Penghematan yaitu setiap kalimat harus menghilangkan kata kata yang mubadzir agar kalimat tersebut menjadi efektif.
    e. Variasi, yaitu dalam kalimat satu dan kalimat lainnya harus mempunyai variasi daam penyusunan kalimat agar pembaca tidak jenuh dengan kalimat tersebut.
    f. Kesejajaran atau Pararelisme, yaitu persamaan arti dua buah kata dalam kalimat.
    6. Perbaikan kalimat agar menjadi kalimat yang efektif adalah :
    Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Contoh paragraf yang baik sesuai dengan bidang keilmuan saya (Pendidikan Teknik Elektro) adalah
    Resistor merupakan salah satu komponen elektronika. Ia berfungsi sebagai hambatan dalam tegangan listrik. Proses kerja dalam menghambat tegangan dengan memutus tegangan yang berlebih pada arus yang masuk. Arus yang masuk tersebut kemudian diteruskan kembali ke rangkaian listrik.
    8. Yang akan saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat signifikan adalah
    a. Belajar membiasakan diri untuk menulis sesuatu. Misalnya mengenai kegiatan sehari hari yang telah dilakukan dan lain lain.
    b. Memahami struktur penulisan yang baik dan benar, keefektifan kalimat dan pemilihan kata yang tepat.
    c. Mengikuti berbagai ajang perlombaan untuk menguji kemampuan menulis saya.

  15. Amirul Mahmud

    October 25, 2016 at 3:33 am

    Nama : AMIRUL MAHMUD
    NIM : 5301415002
    1. Manfaat yang Saya peroleh setelah mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia antara lain : (a) Saya dapat mengetahui sejarah terbentuknya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sehingga dapat meningkatkan rasa cinta Saya terhadap bangsa Indonesia; dan (b) Saya dapat mengetahui perkembangan bahasa Indonesia dari dulu sampai sekarang.
    2. Manfaat yang Saya peroleh setelah mempelajari materi kesantunan berbahasa antara lain : (a) Saya dapat mengerti bahwa dalam berkomunikasi dengan orang lain memerlukan kesantunan; (b) Saya dapat mengetahui cara berkomunikasi yang santun melalui macam-macam maksim; dan (c) Saya dapat berkomunikasi dengan orang lain secara komunikatif tanpa menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain.
    3. Manfaat yang Saya peroleh setelah mempelajari materi ragam bahasa antara lain : (a) Saya dapat mengetahui bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya karena memiliki bermacam-macam ragam bahasa, misalnya ragam bahasa ilmiah; ragam bahasa jurnalistik; ragam bahasa hukum; dan ragam bahasa sastra; (b) Saya dapat mengetahui ciri-ciri dari masing-masing ragam bahasa yang dapat membantu saya dalam membuat karya tulis dengan ragam bahasa tertentu; (c) Saya dapat memilih ragam bahasa yang tepat ketika Saya akan membuat suatu karya tulis; dan (d) Saya dapat menerapkan konsep ragam bahasa ilmiah dalam pembuatan skripsi kelak.
    4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan agar penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah antara lain : (a) perhatikan bidang ilmu yang sesuai dengan karya ilmiah yang akan dibuat; (b) menggunakan kata-kata yang sudah umum dan baku; (c) perhatikan keefektifan kalimat ketika menggunakan suatu kata; dan (d) menghindari kata-kata buatan sendiri dan kata-kata jargon.
    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat yang efektif antara lain : (a) membuat kalimat dengan unsur-unsur yang lengkap, yaitu ada subjek, predikat, objek, dan/atau keterangan; (b) masing-masing unsur tersebut memiliki hubungan yang logis; (c) memberikan penekanan atau pemusatan pada kata atau bagian kata yang ingin ditonjolkan; (d) menghindari penggunaan kata-kata yang mubazir, misalnya kata-kata yang bersinonim; (e) membuat variasi dari kata ganti agar pembaca tidak bosan; dan (f) menggunakan prinsip kesejajaran kata yang digunakan jika dihubungkan dengan kata “dan” atau “atau”.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Sistem kontrol merupakan seperangkat alat yang dirancang untuk mengendalikan peralatan tertentu. Sistem kontrol terdiri dari beberapa bagian yaitu set point, bagian kontrol, aktuator, dan output. Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. Namun, bagian-bagian tersebut saling melengkapi sehingga terbentuk sistem kontrol yang dapat bekerja secara optimal.
    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan antara lain : (a) rajin membaca buku tentang kaidah menulis yang baik dan benar; (b) rajin membaca karya ilmiah, misalnya jurnal atau skripsi agar mengetahui sistematika penulisan yang benar, mengetahui pemilihan diksi yang tepat, dan memiliki referensi kosa kata; dan (c) berlatih membuat makalah.

  16. Muhammad BagusLaroybafih

    October 25, 2016 at 3:34 am

    Nama : Muhammad Bagus Laroybafih
    NIM : 5212415023
    Prodi : Teknik Mesin, S1
    Jawab
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia yaitu saya menjadi mengerti tentang sejarah Bahasa Indonesia tentang lahirnya Bahasa indonesia, asal mula Bahasa indonesia, mengerti juga tentang kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia dalam kehidupan. Materii sejarah dan perkembangan Bahsa Indonesia juga membuat saya lebih mengerti tentang berkembangnya Bahasa Idonesia, serta kongres yang ada dalam rangka berkembangnya Bahasa Indonesia.

    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya mengerti tentang cara menggunakan Bahasa Indonesia dengan santun, santun disini berarti mengerti kedudukan lawan bicara kita. Materi ini jugamengajarkan kita untuk memilih kata yang tepat untuk digunakan sesuai dengan lawan bicara kita, sehingga tidak menyakiti perasaan dia dan informasi yang kita sampaikan dapat dimengerti dengan jelas.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya menjadi mengerti tentang ragam Bahasa Indonesia. Ragam Bahasa Indonesia dibagi menjadi empat, yaitu, ragam bahsa hukum, ragam bahasa ilmiah, ragam bahasa jurnalistik, dan ragam bahasa sastra. Materi ini membuat saya mengerti tentang bahasa dan kata yang digunakan dalam informasi, yang mana hal itu sangat membantu juga untuk membuat informasi. Seperti contoh ketika kita nantinya menjadi jurnalis, kita tidak akan bingung daklam menyusun serta memilih diksi untuk penulisan berita.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan agar seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah ketepatan dan kesesuaian diksi. Ketepatan diksi disini berarti pemilihan diksi yang tepet agar informasi yang dimaksudkan penulis dapat sesuai dengan apa yang diterima pembaca. Kesesuaian diksi adalah bagaiana kita menggunakan diksi disaat yang tepat, yang nantinya dapat sesuai menjadi rangkaian kalimat, yang selanjutnya diusun menadi sebuah paragraf.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif sebagai berikut :
    a. Memperhatikan subyek dan obyek, dalam kalimat efektif harus ada subyek dan obyek.
    b. Gagasan pokok, dalam sebuah kalimat harus mengemukakan gagasan pokok, baik itu diletakkan di awal, tengah, maupun akhir
    c. Kata hubung dalam kalimat dan kata hubung antar kalimat. Pemilihan kata hubung dapat mengakibatkan kalimat menjadi tidak efektif
    d. Kehematan, dalam kalimat efektif pemilihan kata harus sangat hati-hati agar tidak terjadi pemborosan kata. Sebagai contoh : “agar supaya…..”
    e. Kelogisan atau masuk akal, jadi dalam penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan antara satu dengan yang lain.
    f. Penekanan, harus ada hal yang ditekankan dalam kalimat efektif
    6. Perbaikan kalimat menjadi kalimat efektif
    Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China semakin sengit, karena kedua negara ini memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Paragraf yang baik tentang bidang keilmuan saya sesuai dengan kriteria paragraf yang baik

    Mesin bubut adalah mesin perkakas yang digunakan untuk menyayat benda kerja yang diputar pada spindle. Membubut sendiri adalah proses penyayatan benda kerja yang dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat. Gerakan pahat dibagi menjadi tiga sumbu yaitu bergerak pada sumbu X, Y, dan Z, seperti kaidah tangan kanan. Untuk kecepatan putaran dalam proses penyayatan dapat diatur dengan mempertimbangkan beberapa indikator, antara lain, jenis pahat, jenis besi yang akan disayat, dan material pendingin

    8. Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah:
    a. Sering membaca karya tulis yang baik dan benar.
    b. Rajin menulis, semakin kita rajin menulis dengan memperhatikan kriteria tulisan yang baik dan benar maka keterampilan menulis kita akan signifikan.
    c. Melakukan koreksi sendiri terhadap hasil tulisan kita sendiri dengan melihat rujukan berupa EYD.
    d. Meminta kritik dan saran kepada pembaca tulisan kita terutama pembaca yang sudah ahli di bidang kebahasaan.
    e. Mengikuti kelas Bahasa Indonesia dengan disiplin serta memperhatikan materi.

  17. sutiyo

    October 25, 2016 at 3:35 am

    Nama : Sutiyo
    NIM : 5212413036

    Jawaban
    1) a. Manfaat yang saya peroleh setelah mendapatkan materi sejarah adalah saya menjadi lebih mengetahui cerita-cerita terdahulu dan asal muasal dari suatu sejarah. Dimana cerita tersebut dapat di legendakan sebagai wujud penghargaan contohnya adalah sejarah Pahlawan Nasional.
    b. Manfaat perkembangan Bahasa Indonesia bagi saya adalah dapat mejadikan diri saya lebih mudah berkomunikasi dan dapat diterima oleh pendengar sesuai dengan apa yang saya pikirkan. Seperti penggunaaan kata yang tepat, logis, lugas, dan mudah untuk dipahami.

    2) Manfaat yang saya dapatkan setelah mendapatkan materi kesantunan bahasa adalah saya bisa memeilih kata dalam suatu kalimat sesuai dengan siapa kita berbicara. Seperti ketika saya berbicara dengan kalangan umum yang lebih tua, saya lebih memilih kata-kata yang formal, sopan, dan mudah untuk dipahami.
    3) Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari ragam bahasa adalah:
    Saya bisa memahami ketika sedang berkomunikasi dengan orang yang berbeda daerah dan berbeda bahasa.
    4) Hal – hal yang perlu dipertimbangkan untuk penulisan karya tulis yang baik dan tepat:
    a. Format penulisan sesuai dengan ketentuan
    b. Penggunaan kata sesuai dengan bidangnya
    c. Pengguaan diksi yang baik
    d. Mudah dipahami pembaca
    e. Penggunaan kalimat lebih bersifat fakta
    5) Cara menyusun kalimat menjadi kalimat efektif sebagai berikut
    a. Dari kata ke kata dapat menyambung
    b. Tidak membingungkan
    c. Penggunann kata Bahasanya sesuai dengan siapa berbicara
    d. Menguasai diksi yang baik
    6) Persaingan di bidang ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena, Amerika dan China sama-sama memiliki modal yang besar untuk dapat menguasai pasar dunia, dan mereka juga sama-sama memiliki rakyat dalam jumlah yang besar sebagai basis konsumen.

    7) Indonesia memiliki banyak pulau dan kaya akan lautnya. Melihat potensi ombak yang cukup besar untuk menuju ke bibir pantai, saya dapat menciptakan alat DEFORC (Dual System Floating Oscilating Water Colomn) yaitu alat yang dapat memanfaatkan gelombang air laut menjadi sumber energi listrik yang ramah lingkungan.

    8) Hal yang perlu saya terapkan untuk kemampuan menulis saya adalah
    a. Saya harus menyukai sesuatu yang saya lakukan
    b. Lebih sering membaca sabagai reverensi penggunaan kalimat yang baik
    c. Topik yang saya tulis harus menarik
    d. Lebih banyak belajar penggunaan diksi yang tepat

  18. Fajar Dwi Safitri

    October 25, 2016 at 3:37 am

    NAMA : FAJAR DWI SAFITRI
    NIM : 5301415010

    1. Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu dapat mengetahui betapa pentingnya bahasa dalam kehidupan sehari-hari dan saya menjadi lebih tahu ternyata dengan adanya bahasa Indonesia menciptakan rasa persaatuan dan saling memiliki sehingga bahasa Indonesia dapat terlestarikan. Dengan adanya bahasa Indonesia kita sesama warga Indonesia bisa berkomunikasi dengan baik walaupun berbeda daerah.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya bisa membedakan ucapan-ucapan (kata-kata) yang harus saya sampaikan kepada seseorang yang entah itu dengan teman sebaya, orang yang lebih muda, atau orang yang lebih tua dari kita. Setelah mempelajari kesantunan berbahasa saya menjadi lebih tahu ternyata apa yang saya ucapkan selama ini masih belum memenuhi syarat kesantunan berbahasa baik yang saya sampaikan secara lisan ataupun tulis.setelah mempelajari tentunya menjadikan diri saya untuk lebih baik lagi dalam berucap. Selain itu saya juga memperoleh pengetahuan mengenahi maksim-maksim kesantunan yang dijadikan sebagai tolok ukur dalam kesantunan berbahasa.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu mejadi lebih tahu tentang penulisan – penulisan yang benar dalam membuat karya tulis, jurnalistik, karya sastra, dan perundang-undangan. Selain itu saya juga menjadi lebih tahu kenapa bahasa yang digunakan didalam karya tulis, jurnalistik, karya sastra, dan Undang-undang itu berbeda. Selain itu di dalam materi ini saya juga mendapat pengetahuan mengenai penggunaan diksi yang tepat, penggunaan ejaan yang benar, kemudian penggunaan kalimat efektif dan penggunaan paragraf yang padu dan koheren.
    4. Yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu ketepatan dan kesesuaian diksi dan penggunaan kalimat yang efektif, penggunaan kata-kata yang baku dan menggunakan ejaan yang benar.
    5. Cara menyusun kalimat efektif yaitu kalimat-kalimatnya harus memiliki struktur gramatikal yang utuh, hubungan antar unsur-unsur di dalam kalimat haruus logis, menonjolkan salah satu bagian dalam kalimat yang sesuai dengan kebutuhan dan menghindari penggunaan kata yang mubazir. Selain itu dalam kalimat efektif harus menggunakan kata-kata yang bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan pembaca dan menggunakan bentuk-bentuk bahasa yang sama.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk memutar fan atau blower, menggerakkan kompresor, dan mengangkat bahan. Selain digunakan di industri alat yang biasa disebut kuda kerja ini juga tidak sedikit yang menggunakannya di rumah.
    8. Yang harus dilakukakan untuk meningkatkan keterampilan menulis yaitu dengan sering melatih menbuat artikel-artikel, mengoreksi kembali tata bahasa arikel atau karya ilmiah yang pernah dibuat. Selain itu juga bisa dengan sering-sering membaca kaya ilmiah orang lain. Hal ini akan menambah pengetahuan kosa kata yang dimiliki.

  19. DinarSaarah Alifah

    October 25, 2016 at 3:38 am

    Dinar Saarah Alifah
    2404414011

    1. Saya jadi dapat mengerti bahwa b.indonesia adalah serapan dari bahasa melayu. Dan sejarah bagaimana dapat diputuskan bahwa b.indonesia lah yang menjadi bahasa pemersatu, bahasa ibu,dari banyaknya bahasa yang ada di negara Indonesia.
    2. Saya dapat membedakan bagaimana menggunakan bahasa yang baik dan menggunakan bahasa yang benar. Dan juga dapat menempatkan penggunaan bahasa untuk berbicara dengan orang lain.
    3. Saya sudah dapat membedakan bahasa pada hukum dan bahasa pada jurnalistik. Saya juga sudah paham bagaimana cara menulisnya.
    4. Memilih topik atau masalah yang akan teliti, merumuskan tujuan, memilih topik, meneliti topik,membuat kesimpulan dari hasil yang diteliti.
    5. Kalimat tersebut harus memiliki ciri-ciri kalimat efektif, yaitu:
    • Unsur-unsur nya jelas
    • Terdapat kepaduan antar kalimat
    • Memiliki penekanan
    • Memiliki kehematan pada kalimat
    • Memiliki kevariasian
    • Memiliki kesejajaran
    6. Pertarungan ekonomi antara negara Amerika dan negara China semakin berlangsung sengit. Karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, yaitu menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki penduduk dengan jumlah yang banyak sebagai basis konsumen.
    7. Nama saya Dinar. Saya mahasiswi universitas Negeri Semarang fakultas Bahasa dan Seni jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Dalam jurusan saya tersebut, masih memiliki Program Studi. Ada 5 program studi yang dimiliki oleh jurusan saya tersebut, yaitu pendidikan Bahasa Prancis, Sastra Pranci, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Bahasa Mandarin. Saya adalah mahasiswi dari Pendidikan Bahasa Mandarin, semester 5. Prodi saya tersebut baru saja berdiri 6 tahun, dan saya adalah angkatan ke 4. Pada prodi saya, hanya terdapat 3 dosen saja, dan tiap tahun nya hanya ada 1 rombel.

    8. Saya berlatih menulis, karena jurusan yang saya pilih sangat berhubungan dengan menulis dan penulisan.

  20. Lusiana Tyas Utami

    October 25, 2016 at 3:40 am

    1. Manfaat yang Saya peroleh setelah mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia antara lain : (a) Saya dapat mengetahui sejarah terbentuknya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sehingga dapat meningkatkan rasa cinta Saya terhadap bangsa Indonesia; dan (b) Saya dapat mengetahui perkembangan bahasa Indonesia dari dulu sampai sekarang.
    2. Manfaat yang Saya peroleh setelah mempelajari materi kesantunan berbahasa antara lain : (a) Saya dapat mengerti bahwa dalam berkomunikasi dengan orang lain memerlukan kesantunan; (b) Saya dapat mengetahui cara berkomunikasi yang santun melalui macam-macam maksim; dan (c) Saya dapat berkomunikasi dengan orang lain secara komunikatif tanpa menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain.
    3. Manfaat yang Saya peroleh setelah mempelajari materi ragam bahasa antara lain : (a) Saya dapat mengetahui bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya karena memiliki bermacam-macam ragam bahasa, misalnya ragam bahasa ilmiah; ragam bahasa jurnalistik; ragam bahasa hukum; dan ragam bahasa sastra; (b) Saya dapat mengetahui ciri-ciri dari masing-masing ragam bahasa yang dapat membantu saya dalam membuat karya tulis dengan ragam bahasa tertentu; (c) Saya dapat memilih ragam bahasa yang tepat ketika Saya akan membuat suatu karya tulis; dan (d) Saya dapat menerapkan konsep ragam bahasa ilmiah dalam pembuatan skripsi kelak.
    4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan agar penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah antara lain : (a) perhatikan bidang ilmu yang sesuai dengan karya ilmiah yang akan dibuat; (b) menggunakan kata-kata yang sudah umum dan baku; (c) perhatikan keefektifan kalimat ketika menggunakan suatu kata; dan (d) menghindari kata-kata buatan sendiri dan kata-kata jargon.
    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat yang efektif antara lain : (a) membuat kalimat dengan unsur-unsur yang lengkap, yaitu ada subjek, predikat, objek, dan/atau keterangan; (b) masing-masing unsur tersebut memiliki hubungan yang logis; (c) memberikan penekanan atau pemusatan pada kata atau bagian kata yang ingin ditonjolkan; (d) menghindari penggunaan kata-kata yang mubazir, misalnya kata-kata yang bersinonim; (e) membuat variasi dari kata ganti agar pembaca tidak bosan; dan (f) menggunakan prinsip kesejajaran kata yang digunakan jika dihubungkan dengan kata “dan” atau “atau”.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Sistem kontrol merupakan seperangkat alat yang dirancang untuk mengendalikan peralatan tertentu. Sistem kontrol terdiri dari beberapa bagian yaitu set point, bagian kontrol, aktuator, dan output. Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. Namun, bagian-bagian tersebut saling melengkapi sehingga terbentuk sistem kontrol yang dapat bekerja secara optimal.
    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan antara lain : (a) rajin membaca buku tentang kaidah menulis yang baik dan benar; (b) rajin membaca karya ilmiah, misalnya jurnal atau skripsi agar mengetahui sistematika penulisan yang benar, mengetahui pemilihan diksi yang tepat, dan memiliki referensi kosa kata; dan (c) berlatih membuat makalah.

  21. Lusiana Tyas Utami

    October 25, 2016 at 3:41 am

    Nama: LusianaTyasUtami
    NIM : 5301415016
    1. Manfaatmempelajarisejarahdanperkembanganbahasa Indonesia adalahsayamengetahuisejarahbahasa Indonesia yang awalnyadaribahasamelayusampaimenjadibahasa Indonesia yang sekarang. Dengansejarahperkembangan yang panjangmembuatsayalebihmenghargaibahasa Indonesia danmenerapkanyadalamberbahasasehari-hari.
    2. Mamfaatmempelajarikesantunanbahasaadalahmembuatsayaberbicaralebihsantunkepadasiapapunsesuaidenganmaksimmaksimdanberbicarasesuaidengankondisi, tujuandandengansiapasayaberbicara.
    3. Manfaatmempelajariragambahasaadalahmemngetahuiberbagairagambahasa. danmengetahuiperbedaanragambahasajurnalistik, karyailmiah,sastra, danhukumsehinggadalammenulisdapatlebihbaikdantidaktercampurcampurdalampenggunaanragambahasanya.
    4.Yangpertamaadalahpemilihan kata yang tepat,menggunakanejaan yang benarsesuaidengan EYD atau EBI, menggunakankalimat yang efektifdanmenggunakanparagraf yang padudankoherensif.
    5. Cara menyusunkalimat yang efektifadalahmembuatkalimat yang memilikikeutuhanataukesatuangagasan, perpautanataukepaduanantaraunsurunsurdalamkalimat, membuatkalimatdenganadanyapemusatanperhatianataupenekanan, kalimatnyaharushematdantidakada kata kata yang mubazir, kalimat yang dibuatharusbervariasi agar pembacatidakbosandankesejajarandanparalelismeantarkalimat.
    6.PersainganekonomiantaraAmerikadanCinasemakinsengit, karenakeduanyamemiliki modal besar, menguasaimayoritaspasardunia, danmemilikirakyatdalamjumlahbesarsebagai basis konsumen.
    7. Interrupterdiridaritiga mode yaitu mode FALLING yaitumenginterupsi data dari HIGH ke LOW, mode RISING yaitumenginterupsi data dari LOW ke HIGH, dan ANYCHANGE yaituperpaduandari mode FALLING dan RISING, jadipada mode ANYCHANGE dapatmenginterupsi data dari LOW ke HIGH atau HIGH ke LOW.
    8. Yang sayalakukansupayakemampuanmenulissayameningkatadalahdenganmemperhatikanmateribahasa Indonesia yang diberikansertamemperbanyakmembacadanlatihanmenulisdenganmenerapkanmaterimateri yang diberikan.

  22. Mifta Aulia Nasya

    October 25, 2016 at 3:41 am

    Mifta Aulia Nasya
    5301415019
    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah :
    Bahasa memiliki peran yang penting dalam perkembangan sosial, emosional, dan intelektual yang menunjang saya dalam mempelajari semua bidang studi karena pada dasarnya saya tinggal di Indonesia dan tentunya bahasa keseharian yang saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun perkuliahan adalah bahasa Indonesia. Dengan mempelajari perkembangan bahasa dan mempelajari sejarah bahasa Indonesia saya dapat berkomunikasi dengan baik dan benar secara tertulis maupun lisan.
    2. Manfaat mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia sangat menjunjung kesantunan dalam berbahasa. Kesantunan berbahasa dapat mencerminkan budaya suatu masyarakat. Kesantunan berbahasa juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk penyampaian dan penerimaan informasi yang tepat, terlebih pada acara formal. Dengan mempelajarinya saya dapat berbicara dengan santun saat acara formal maupun non formal.
    3. Manfaat mempelajari ragam bahasa adalah :
    Ragam bahasa yang saya ketahui ada 2 yaitu ragam bahasa lisan dan tulisan. Ragam bahasa merupakan variasai bahasa yang digunakan dalam keadaan dan situasi tertentu. Misalnya saja pada saat saya membuat artikel jurnalistik tentunya saya menggunakan ragam bahasa jurnalistik. Dengan mempelajari ragam bahasa saya dapat membedakan makna dan penyampaian bahasa dengan tepat dan benar sesuai situasi.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan penulis saat memilih kata untuk penulisan karya ilmiah :
    a) Ketepatan pemilihan kata sehingga tidak terjadi salah tafsir antara penulis dan pembaca.
    b) Kesesuaian pilihan kata dengan konteks bacaan.
    c) Keefektifan suatu paragraf.
    d) Variasi kalimat dengan ragam bahasa yang tepat
    5. Cara menyusun kalimat agar efektif :
    Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, padat, jelas dan lengkap yang dapat disusun dengan cara
    a) Kesatuan gagasan, harus ada unsur seperti subyek, predikat, obyek dan keterangan.
    b) Kesejajaran, memiliki kesamaan imbuhan.
    c) Kehematan, tidak perlu menggunakan kata-kata yang tidak diperlukan dan berlebihan.
    d) Penekanan, harus ada penekanan agar pembaca mengerti apa yang ditekankan.
    e) Kelogisan, unsur-unsur kalimat harus logis dan saling berkaitan.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Nama saya Nasya, saya adalah salah satu mahasiswi di UNNES. Saya mengambil jurusan teknik elektro pada tahun 2015, namun dalam bidang elektro pendidikan. Alasan saya memilih jurusan ini karena saya sangat suka terhadap bidang multimedia, yang nanti akan saya pelajari pada semester 5. Bidang multimedia yang paling saya gemari adalah proses editing suatu film.
    8. Yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah saya akan sering menulis karya tulis seperti novel. Namun saya melakukan nya secara bertahap sembari mempelajari syarat-syarat dalam penulisan novel yang baik dan benar.

  23. Ajay Rachmad S.

    October 25, 2016 at 3:43 am

    Nama : Ajay Rachmad Suprianto
    NIM : 5301415018
    Prodi : Pend. Teknik Elektro

    Jawaban:
    1. Manfaat dari mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah kita dapat mengetahui bagaimana proses bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan dan bahasa nasional beserta perubahan-perubahan yang terjadi pada bahasa Indonesia. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan pada bahasa Indonesia yang dipakai sehari-hari serta memberi motivasi kepada kita untuk mengembangkan bahasa Indonesia lebih baik lagi.
    2. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari materi kesantunan adalah kesantunan sangat erat hubungannya dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial, karena sebagai makhuk sosial manusia dituntut untuk bisa berinteraksi dengan lingkungannya. Pandangan yang berkembang saat ini adalah orang akan dihargai oleh orang lain apabila dia berperilaku atau bertutur kata yang santun, semakin santun seseorang maka orang lain akan semakin menghargainya. Karena kesantunan saat berperilaku atau bertutur kata dengan orang lain dianggap sebagai cara bagaimana menghargai orang tersebut.
    3. Manfaat yang diperoleh saat mempelajari ragam bahasa adalah kita dapat memiliki pemahaman bahwa setiap karya memiliki susunan bahasa yang berbeda satu dengan yang lain, misalnya undang-undang memiliki susunan bahasa yang lebih baku dan jelas sedangkan novel susunan bahasanya lebih luwes atau santai. Hal tersebut yang mendasari bahwa susunan bahasa undang-undang tidak bisa dipakai di novel dan sebaliknya karena masing-masing karya sudah ada hakikatnya. Mempelajari ragam bahasa juga berguna sebagai dasar kita saat ingin membuat karya tulis yang baik dan benar sesuai kaidah yang telah ditetapkan.
    4. a. Menggunakan kalimat yang baku dan sesuai dengan EYD
    b. Membedakan secara cermat denotasi dan konotasi
    c. Gagasan yang diungkapkan dalam karya ilmiah lengkap, jelas, ringkas dan tepat
    d. Gagasan yang diungkapkan dalam karya ilmiah berdasarkan fakta yang ada
    e. Menggunakan kalimat efektif
    f. Menggunakan sudut pandang orang ketiga dengan ragam kalimat pasif
    g. Menggunakan istilah khusus dalam bidang keilmuan yang sesuai.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah kalimat tersebut harus jelas, benar dan hemat sehingga mudah dipahami oleh orang lain secara tepat. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat kalimat efektif yaitu:
    a. Memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan.
    b. Memiliki perpautan atau kepaduan.
    c. Memiliki penekanan.
    d. Memiliki kehematan kata.
    e. Memiliki kevariasian kalimat.
    f. Memiliki kesejajaran atau paralelisme.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China semakin berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Arduino adalah mikrokontroler yang terdiri dari IC ATmega 328P yang mengendalikan semua programnya. Arduino terdiri dari tiga belas pin digital, lima pin analog dan lima pin power, yang berfungsi untuk berkomunikasi dari laptop dan untuk mengunggah sketch programnya. Mikrokontroler ini biasanya digunakan sebagai pengendali robot dan pengendali alat-alat yang berukuran kecil.
    8. Hal yang dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan menulis adalah dengan sering berlatih menulis karya ilmiah atau karya sastra dalam bahasa Indonesia. Karena karya ilmiah memiliki aturan-aturan yang dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis sehingga kita sudah terbiasa dalam menulis, sedangkan karya sastra dapat meningkatkan kemampuan untuk berimajinasi dan meningatkan kreatifitas dalam menulis.

  24. Mega Ardisa Hapsari

    October 25, 2016 at 3:45 am

    1. Manfaat memperoleh materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia :
    Jawaban : Bagi saya, mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia sangat bermanfaat. Menambah pengetahuan tentang bagaimana sejarah bahasa Indonesia terbentuk, menambah pemahaman terhadap bahasa Indonesia dari masa ke masa. Saya juga semakin paham bahwa tidak mudah untuk menciptakan bahasa untuk sebuah kebanggaan negara, perlu perjuangan untuk menciptakan dan membudayakannya. Saya bangga terhadap bahasa Indonesia.

    2. Manfaat memperoleh materi kesantunan berbahasa :
    Jawaban : Saya baru tahu jika ternyata bahasa Indonesia memiliki klasifikasi dalam aspek kesantunan berbahasa. Manfaatnya adalah saya menjadi tahu dan paham dengan klasifikasi kesantunan berbahasa yang terdiri dari maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim kerendahan, maksim pernghargaan, maksim simpati, dan maksim mufakat. Saya juga bisa membedakan perbedaan antar tiap maskim.

    3.Manfaat memperoleh materi keragaman bahasa :
    Jawaban : Manfaat yang saya peroleh dari keragaman bahasa adalah saya mengetahui jika bahasa Indonesia dibagi menjadi 4 keragaman bahasa, yaitu ragam bahasa hukum yang biasa digunakan untuk undang-undang, ragam bahasa jurnalistik yang biasa digunakan dalam penulisan artikel, koran, dan lain-lain, ragam bahasa ilmiah yang dapat digunakan dalam penulisan jurnal, makalah, skripsi, dan lain-lain, dan ragam bahasa sastra yang digunakan dalam penulisan cerpen, puisi, dan karya sastra lainnya. Dengan memahami keragaman bahasa, saya merasa lebih mudah dalam menulis makalah, artikel dan cerita sesuai dengan ketentuan penulisannya.

    4.Hal yang harus dipertimbangkan agar seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah:
    Jawaban : Pastikan jika penulis memahami apa informasi yang akan diberikan kepada pembaca dan apa pokok persoalan yang dibahas, jangan sampai pemilihan diksi memberikan perbedaan informasi antara penulis dan pembaca. Dalam pembuatan karya ilmiah, gunakanlah kata baku dan idiom, hindari kata-kata dalam bahasa daerah, bahasa gaul atau bahasa yang tidak baku.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif :
    Jawaban : Pertama, gunakan kata atau diksi dengan tepat agar informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik sesuai dengan keinginan pemberi informasi. Yang kedua, tidak membuat kalimat yang bertele-tele, langsung saja pada inti yang ingin disampaikan. Yang ketiga ada kalimat yang dibuat harus utuh, minimal meiliki subjek dan predikat. Kalimat harus memiliki keterpaduan antara unsur-unsur kalimat. Dan kalimat harus memiliki variasi dalam penulisannya.

    6. Perbaikan : Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai konsumen.

    7. Paragraf sesuai dengan bidang keilmuan (bidang keilmuan = Teknik Elektro)
    Jawaban : Di era modern ini, informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat. Setiap orang membutuhkan akses informasi dan komunikasi yang cepat, mudah dan efisien untuk bertukar informasi. Kini telah hadir sebuat media transmisi yang dapat memenuhi keinginan setiap orang, yaitu serat optik. Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

    8. Hal yang akan saya lakukan agar ketrampilan menulis saya meningkat signifikan :
    Jawaban : Saat ini saya sedang memiliki berbagai tugas untuk membuat makalah, dan paper. Saya berusaha untuk menulis dengan benar sesuai dengan kaidah penulisan ragam bahasa karya ilmiah dan menggunakan pemilihan kata yang tepat. Saya mengembangkan ketrampilan menulis cerita pendek dan artikel melalui media sosial “medium”. Kedepannya, saya ingin belajar menulis cerita novel yang rencananya akan saya unggah di media sosial “wattpad”

    Nama : Mega Ardisa Hapsari
    NIM : 5301415017

  25. Siti Raudlotul Ummah

    October 25, 2016 at 3:49 am

    NAMA : SITI RAUDLOTUL UMMAH
    NIM : 5301415011
    1. Manfaat yang dapat saya peroleh dari mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu dapat mengetahui sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yang ada serta dapat melestarikan bahasa Indonesia agar tidak tersampingkan. Karena pada jaman sekarang ini banyak orang yang menggunakan bahasa-bahasa asing yang lebih keren.
    2. Manfaat yang dapat saya peroleh dari mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, saya dapat membedakan kata maupun kalimat yang akan saya ucapkan kepada lawan bicara saya yaitu apakah teman sebaya, orang tua maupun anak yang lebih muda dari saya. Agar apa yang saya sampaikan dapat dimengerti.
    3. Manfaat yang dapat saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa yaitu saya bisa mengetahui ragam-ragam yang ada pada bahasa Indonesia dan dapat membedakannya. Dengan ragam tersebut saya dapat mengetahui penulisan karya ilmiah dengan benar ,baik itu penulisan undang-undang, jurnalistik, karya ilmiah maupun karya sastra. Karena karya tersebut memiliki tata cara penulisan yang berbeda-beda.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu seorang penulis harus memperhatikan diksi atau pemilihan kata, dalam pemilihan kata harus memiliki keterpaduan, menggunakan kalimat efektif, meggunakan ejaan sesuai dengan EYD dan memilih kata ganti yang dibutuhkan dengan tepat.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu kalimat tersebut harus memiliki unsur yang jelas (gramatikal yang utuh), memiliki kepaduan (bagian yang satu dengan yang lain harus saling terkait), memiliki fokos yang sedang dibicarakan, memiliki kehematan (tidak ada kata yang mubadzir), memiliki kevariasian agar pembaca tidak merasa bosan dam menggunakan kesejajaran atau paralelisme.
    6. Perbaikan kalimat efektif : Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan semakin sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan memiliki rakyat dengan jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Aplikasi Kontrol PID untuk Kontrol Suhu dan Humidity pada Sistem Pengeringan Seledri (jurnal Elektro)
    Permasalahan yang dihadapi oleh petani seledri adalah daun seledri pada saat panen raya harganya hanya Rp 500,-/kg (Biasanya harga seledri mencapai Rp 7000/kg). (Reginawati, 1999). Kelemahan sayuran seledri adalah mudah layu dalam waktu yang cukup singkat 8 hingga 12 jam sesudah dipetik. Pada saat panen raya seledri sangat berlimpah sehingga diperlukan tekologi pengeringan yang berguna untuk menjaga kestabilan produk seledri sampai siap untuk dikonsumsi. Teknologi pengeringan suhu rendah adalah teknik pengeringan yang paling sesuai untuk sayuran seledri, karena dapat menjaga kandungan nutrisi serta dapat menghemat penggunaan energi. Untuk itu diperlukan rancang bangun mesin pengering suhu rendah untuk pengeringan seledri yang sistem perancangannya disesuaikan kebutuhan serta konsumsi energi yang tersedia.
    8. Hal yang dilakukan agar keterampilan menulis meningkat signifikan yaitu perbanyak membaca jurnal maupun karya ilmiah yang lain, mulai menggunakan bahasa dengan baik dan benar menurut EYD.

  26. Lusiana Tyas Utami

    October 25, 2016 at 3:57 am

    Nama: LusianaTyasUtami
    NIM : 5301415016
    1. Manfaat mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya mengetahui sejarah bahasa Indonesia yang awalnya dari bahasa melayu sampai menjadi bahasa Indonesia yang sekarang. Dengan sejarah perkembangan yang panjang membuat saya lebih menghargai bahasa Indonesia dan menerapkanya dalam berbahasa sehari-hari.
    2. Mamfaat mempelajari kesantunan bahasa adalah membuat saya berbicara lebih santun kepada siapapun sesuai dengan maksim maksim dan berbicara sesuai dengan kondisi, tujuan dan dengan siapa saya berbicara.
    3. Manfaat mempelajari ragam bahasa adalah memngetahui berbagai ragam bahasa. dan mengetahui perbedaan ragam bahasa jurnalistik, ilmiah,sastra, dan hukum sehingga dalam menulis dapat lebih baik dan tidak tercampur campur dalam penggunaan ragam bahasanya.
    4.Yang pertama adalah pemilihan kata yang tepat,menggunakan ejaan yang benar sesuai dengan EYD atau EBI, menggunakan kalimat yang efektif dan menggunakan paragraf yang padudan koherensif.
    5. Cara menyusun kalimat yang efektif adalah membuat kalimat yang memiliki keutuhan atau kesatuangagasan, perpautan atau kepaduan antara unsur unsur dalam kalimat, membuat kalimat dengan adanya pemusatan perhatian atau penekanan, kalimatnya harus hemat dan tidak ada kata kata yang mubazir, kalimat yang dibuat harus bervariasi agar pembaca tidak bosan dan kesejajaran dan paralelisme antar kalimat.
    6.Persaingan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin sengit, karena keduanya memiliki modal besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Interrup terdiri dari tiga mode yaitu mode FALLING yaitu menginterupsi data dari HIGH ke LOW, mode RISING yaitu menginterupsi data dari LOW ke HIGH, dan ANYCHANGE yaitu perpaduandari mode FALLING dan RISING, jadi pada mode ANYCHANGE dapat menginterupsi data dari LOW ke HIGH atau HIGH ke LOW.
    8. Yang saya lakukan supaya kemampuan menulis saya meningkat adalah dengan memperhatikan materi bahasa Indonesia yang diberikan serta memperbanyak membaca dan latihan menulis dengan menerapkan materi materi yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.