Mantan Rektor ITB: UNNES On The Track Menuju PTNBH Unggul

Profesor Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga mantan rektor institute tersebut, Prof Kadarsah Suryadi, mengungkapkan bawah UNNES berada dalam jalan yang tepat menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang unggul.

Indikasi tersebut dapat dilihat dari berbagai bidang, seperti kemajuan akademik, kemajuan tata kelola, dan reputasi internasional.

Dalam bidang akademik, hal itu ditandai dengan meningkatknya jumlah dan reputasi jurnal ilmiah. Demikian juga peningatan akreditasi nasional dan internasional.

Adapun dalam tata kelola, kemajuan UNNES dapat dilihat dari diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 10 tahun berturut-turut.

“Semua itu menunjukkan bahwa UNNES on the track menuju PTNBH yang unggul,” katanya.

Menurut Prof Kadarsah, positioning UNNES sebagai LPTK yang berwawasan konservasi juga merupakan hal yang tepat dalam menunjang usaha tersebut.

Hal tersebut disampaikan Prof Kadarsah dalam Diskusi Ilmiah Terfokus (FGD) dengan tema Pengembangan Kapasitas UNNES Sebagai LPTK Rujukan Berkelas Dunia, Sabtu (10/10) secara daring.

Sebagai rector yang berpengalaman membawa ITB menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dunia, Prof Kadarsah menyarankan UNNES melakukan branchmarking kepada dua perguruan tinggi di Asia yan memiliki reputasi sangat baik dalam bidang pendidikan yaitu University of Hongkong dan Nanyang Technology of Singapore.

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum menyampaikan pihaknya sangat optimis UNNES bisa menjadi PTNBH.

UNNES memiliki tiga modal besar yaitu kerja kompak, kerja cerdas, dan kerja nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.