Kuliah di Malang, Jadi Mahasiswa dan Wisatawan Sekaligus

Malang sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata. Selain hawa sejuk dan panorama alam yang bagus, di kota ini juga banyak sekali tempat rekreasi yang keren banget. Tidak heran kalau angka kunjungan wisatawan ke kota ini terus naik.

Yang bikin kota ini makin ramai bukan hanya karena objek wisatanya. Kota ini juga berkembang jadi kota pendidikan yang jadi incaran banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara.

Beberapa waktu lalu ada suadara yang baru lulus SMA. Dia dua punya opsi untuk kuliah di dua kota: di Jogja atau Malang. Dia akhirnya pilih Malang karena kota ini menawarkan keseruan dan vibe yang beda banget sama kota asalnya: Semarang.

Dengan memilih Malang, dia bisa mengeksplorasi kota ini dengan dua tujuan sekaligus. Pertama, dia jadi mahasiswa. Kedua, dia bisa jadi wisatawan dengan mengeksplorasi berbagai tempat seru di kota itu. Pilihan yang logis banget sih.

Ada Binus di Malang!

Ada banyak universitas di Malang. Selain kampus negeri, di kota ini juga ada kampus swasta yang bakal bikin kota ini makin kuat trade mark-nya sebagai kota wisata pendidikan. Binus.

Binus sendiri sebenarnya sudah lama banget mewarnai dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Umurnya sudah 38 tahun dan menghasilkan ratusan ribu lulusan S1 dan D3 dari berbagai program studi.  Pengalaman itu menunjukkan kampus ini tidak hanya bisa survive dalam kompetisi antarperguruan tinggi, tapi juga memiliki banyak keunggulan dibanding kampus lain.

Usia dan pengalaman cuma salah satu poin plus kampus itu. Keunggulan lain yang bikin kampus ini dipilih banyak banget calon mahasiswa adalah kualitasnya. Menurut pemeringkatan yang dilakukan Kemenristekdikti, Binus adalah salah satu dari tiga universitas swasta terbaik di Indonesia.

Pemeringkatan itu dilakukan dengan mempertimbangkan banyak aspek. Selain aspek akademik, aspek lain yang jadi ukuran adalah aspek kemahasiswaan, manajemen, kualitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana, termasuk produktivitas publikasi dan inovasi civitas academica-nya. Dengan kriteria-kriteria itu, pemeringkatan Kemristekdikti ini jadi valid dan jadi rujukan banyak orang dalam menilai kualitas perguruan tinggi.

Nah, hal lain yang bikin kampus ini jadi pilihan banyak anak muda adalah program studinya yang milenial banget. Maksudnya, prodi-prodi yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat masa kini dan kebutuhan industry masa depan.

Ada Prodi Entrepreneurship-Business Creation yang didesain untuk melahirkan pengusaha yang kreatif dan inovatif. Di program studi ini mahasiswa akan dididik mengembangkan ide usaha, membuat blurprint bisnis, sampai bisnis itu betul-betul berdiri menjadi usaha yang profitable. Dengan desain seperti itu, program studi ini merupakan jawaban buat kondisi masa depan pasar Indonesia yang membutuhkan lebih banyak pengusaha.

Ada juga program studi ilmu komputer (computer science). Ilmu computer memang masa depan industry dan bahkan peradaban manusia, jadi sangat penting. Yang membuat program studi ini jadi makin keren adalah karena prodi ini dilengkapi dengan program magang, kewirausahaan, community development, dan magang di luar negeri.

Program studi lainnya adalah desain interior. Cocok banget buat anak muda berjiwa artistik.  Di program studi ini mahasiswa belajar menjadi desainer yang bisa memecahkan masalah,  mengajarkan ilmu, dan memberikan pengalaman dalam mendesain dalam skala private housing hingga public space.

Selain itu ada juga prodi komunikasi.  Di prodi ini mahasiswa belajar berkomunikasi dan mendesain program komunikasi secara efektif. Bukan Cuma komunikasi tradisional seperti face to face communication, tapi juga komunikasi via media massa, media elektronik, media digital, termasuk mengelola media sosial, baik untuk personal, institusi, maupun korporat.

Program studi kehumasan juga tersedia untuk calon mahasiswa yang meminati dunia branding da sejenisnya. Mahasiswa di program studi ini dibekali kemampuan analisis, mendesain strategi, memiliki kecakapan komunikasi, mengelola media untuk mengelola reputasi dan brand. Di aman seperti sekarang, prodi ini banyak sekali dibutuhkan dunia karena karena setiap Lembaga, perusahaan, bahkan individu ingin mengelola reputasinya.

Program studi komunikasi visual juga ada di Binus Malang. Program studi ini didesain agar alumninya bisa memberi solusi komunikasi visual dengan kecakapan teknis dan wawasan yang baik. Yang bikin program studi ini jadi sangat penting adalah kecenderungan masyarakat sekarang yang visual oriented. Jadi, semua pesan harus bisa dikomunikasikan secara visual.

Kuliah Sambil Wisata, Bisa!

Kampus Binus Malang terletak di Jl. Araya Mansion No. 8 – 22, Araya, Malang, Jawa Timur. Lokasi kampusnya deket dengan jalan tol sekaligus sejumlah tempat strategis. Salah satunya Araya Golf Club House.

Kawasan Araya ini merupakan kawasan urban yang menyediakan fasilitas gaya hidup khas urban lengkap. Karena itu, akses ke berbagai fasilitas public gampang banget. Tempat-tempat nongkrong, tempat ibadaha, sarana olahraga, dan keperluan lain yang mendukung studi bisa diakses dengan mudah.

Yang lebih keren lagi sih yak arena di Malang ini banyak banget tempat-tempat wisata seru. Jadi, selain belajar, mahasiswa bisa sering-sering main ke berbagai tempat wisata seru. Wisata alam banyak, wisata petualangan ada, wisata kuliner di mana-mana, sampau wisata belanja juga tersedia. Inilah yang membuat cerita tentang “kuliah sambil wisata” seperti yang saya bilang di depan itu benar-benar nyata.

Saya sendiri punya kesan khusus dengan Malang. Tahun 2019 hampir seminggu menikmati kota dan kota sekitarnya. Dari mencoba aneka jajanan, berburu buku, mencicipi museum, sampai naik ke Bromo bikin perjalanan itu benar-benar mengesankan. Kota itu menyediakan begitu banyak kegembiraan.

Kegembiraan dan kedamaian

Salah satu hal paling mengesankan saat berkunjung ke kota itu adalah melihat anak-anak muda yang enjoy sekali menikmati kota itu. Di mana-mana saya melihat kegembiraan. Keindahan lanskap, panorama, dan banyaknya destinasi wisata baru jadi makin lengkap karena kota itu menawarkan vibe yang cheerfull.

Di kota semacam itu anak-anak muda bisa bepergian dengan aman, ketemu dengan orang-orang baru tanpa saling curiga, juga bisa menikmati keindahan dengan biaya yang relatif murah. Jenis keindahan semacam itu, saya kira, adalah keindahan yang nggak selalu bisa kita temui di setiap kota.

Dari pengalaman itulah saya menilai Malang adalah kota yang berhasil membangun peradaban urban berbasis potensi lokal. Kota ini, pemerintahnya, dan tentu saja warganya tahu betul potensi lokalnya dan tahu betul cara menjualnya ke masyarakat yang lebih luas.

Memang sih, tiap kota punya keunikan kultural dan alamnya sendiri. Tapi Malang dan sekitarnya adalah salah satu contoh baik. Mereka bukan hanya bisa menjadikan alam mereka sebagai modal awal membangun komunitas urban yang ramah, tapi juga menjadikan masyarakatnya sebagai sahabat yang baik buat para pendatang.

Beruntung sekali jadi warga atau jadi penduduk di kota ini. Mereka bahu membahu membangun kota yang nggak cuma berhasil secara ekonomi, tapi juga berhasil secara kebudayaan. Mereka mengintegrasikan nilai-nilai lokal dalam aktivitas wisata dan ekonomi tanpa harus menghilangkan nilai-nilai lokal yang menjadi fondasi kehidupan masyarakat.

Sumber gambar: ihategreenjello.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.