IAIN Walisongo Juara Umum MTQ Mahasiswa Jateng

Kafilah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang  akhirnya menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa XXIII tingkat Provinsi Jawa Tengah. Itu setelah IAIN Walisongo Semarang mendapatkan sekor 21 dari dewan hakim MTQ Mahasiswa XXIII Jateng di Auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis, (26/05).

Diurutan II ada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus dengan sekor 12. Juara umum III Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) Semarang. Juara IV Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo, serta juara V bersama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati dan Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan (Setia WS) Semarang.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jawa Tengah, Imam Haromain Asyari mengucapkan selamat kepada juara dan kepada seluruh peserta yang mengikuti MTQ Mahasiswa Jateng tahun ini. “Kami ucapkan selamat dan sukses juara dan peserta. Kami bangga dengan hasil ini dengan kualitas juara, kualitas suara mereka, lagu mereka, dan kreativitas peserta yang sangat berkualias.

“Khusus untuk cabang lomba Musabaqoh Menulis Kandungan Alquran (M2KQ) kali ini kita ikutkan sertakan, karenan nanti sebagai persiapan kafilah jateng menuju MTQ Nasional di Ambon. Selain itu kita upayakan agar MTQ Mahasiswa ini agar dilaksanakan terus menerus. Karena dengan adanya kegiatan MTQ ini, akan bisa menjadi filter bagi mahasiswa terhadap aliran yang sesat yang marak akhir-akhir ini,” katanya.

Para Juara
Inilah Qari-qariah, Hafidz-hafidzah, Mufassir-mufassirah dan Katib-katibah terbaik yang mendapatkan juara. Qari terbaik 1 dari Unisulla Semarang (Muhamad Mas’ud), II Abdul Aris Faisa (STAIN Kudus), dan III Abdul Latif STAIN Pekalongan. di bagian putri (qariah) terbaik 1 oleh Siti Zulaikah (STAI Pati), II Imroatus Sa’adah (Stain Pekalongan), dan qoriah terbaik III Siti Khosanatul Amaliah dari Universitas Wahid Hasyim Semaranfg.

Untuk Hafidz, terbaik 1 oleh Anis Faiq Luqman Nafi’ dari UNSIQ Wonosobo, II Ma’ruf (IAIN Walisongo Semarang), III Ahmad Ghoni (Undip Semarang). Untuk Hafidzah, terbaik 1 oleh Afifatun Nisa (IAIN Walisongo Semarang), II Nur Afwah (UNSIQ Wonosobo), dan hafidzah terbaik III Wiji Lestari (STAIN Salatiga).

Semantara di cabang tafsir Alquran, ada mufassir terbaik 1 oleh Mahbub Alwi (Setia WS Semarang), II Nur Hidayatullah (IAIN Walisongo Semarang), III Ulin Nuha (Unissula Semarang). di bagian mufassirah, terbaik 1 oleh Aminati (IAIN Walisongo Semarang), II Najiatul Istiqomah (Unissula Semarang), dan terbaik III oleh Siti Khoiriyah (STAIN Kudur).

Terakhir di cabang Musabaqoh Menulis Kandungan Alquran (M2KQ), yang menjadi katib terbaik 1 adalah MA Zuhurul Fuqoha’ (STAIN Kudus), II Selamet (STAIN Purwokerto), III Muzakky Basori (Unnes). Katibah terbaik 1 oleh Durrotun Yatimah (IAIN Walisongo Semarang), II Lina Hidayatun Nisa’ (STAIN Kudus), III Aras Nurbarich Agustin (Unsoed Purwokerto). PortalSemarang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.