Dibuka, Kereta Api Rute Weleri-Gubug

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH meresmikan beroperasinya kereta api rute Weleri – Gubug, yakni dari Weleri – Kaliwungu – Mangkang – Semarangponcol – Alastua – Brumbung dan berakhir di Gubug. Menurutnya, rute ini akan sangat membantu mengurai kemacetan jalur Kendal-Semarang.

“Pembukaan rute ini juga membuka dan mendorong konsep berpikir kewilayahan bagi pemerintah kabupaten/kota karena memudahkan masyarakat bepergian antar daerah. Bukan lagi berpikir teritori dan ego daerah,” katanya.

Kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat kepada penyelenggara angkutan kereta api, lanjutnya, berimbas pada banyaknya reaktivasi jalur-jalur kereta api.

Reaktivasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus meningkatkan pendapatan PT KAI sendiri. Ganjar berharap PT KAI tidak hanya menambah jumlah gerbong tetapi juga meningkatkan perhatian pada kenyamanan penumpang. Salah satunya kebersihan gerbong.

“Naik kereta api itu kan tidak hanya ingin berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tapi naik kereta api itu rasanya luar biasa. Ini momentum bangkitnya kereta api Indonesia. Kebetulan ada media. Ayo kampanyekan kepada masyarakat, Yuk Naik Kereta Api,” ujarnya.

Eksekutive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang Aryanto menuturkan, peluncuran kereta komuter “Kedungsepur” ini juga dalam rangka HUT ke 69 PT KAI (persero).

Rute yang akan dilalui yaitu Weleri –Kaliwungu- Mangkang-Semarang Poncol-Alastua-Brumbung-Gubug mulai Tanggal 28 September 2014.

Dijelaskan oleh Aryanto, jadwal perjalanan KA “Kedungsepur” sebagai berikut:
Berangkat dari St. Poncol pukul 04.45 WIB – tiba di Gubug pukul 05.28 WIB
Berangkat dari Gubug pukul 06.00 WIB – tiba di Weleri pukul 07.38 WIB.
Berangkat dari Weleri pukul 07.50 WIB – tiba di St. Poncol pukul 08.38 WIB.
Berangkat dari St. Poncol pukul 15.15 WIB – tiba di Weleri pukul 16.03 WIB
Berangkat dari Weleri pukul 16.15 WIB – tiba di Gubug pukul 17.53 WIB
Berangkat dari Gubug pukul 18.00 WIB – tiba di St. Poncol pukul 18.42 WIB.

“Harga tiket kereta ini jauh-dekat Rp. 15.000,-, Waktu tempuh dari Stasiun Gubug ke Stasiun Weleri dengan jarak 71,76 km kurang lebih 1 jam 30 menit. Layanan tiket dapat dipesan 7 hari sebelum hari pemberangkatan, di loket-loket stasiun yang online,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.