Deklarasikan New Normal, Kebumen Muncul Kasus Baru

 

Kebumen – Covid-19 telah mewabah hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kebumen adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang telah terkonfirmasi memiliki pasien positif Covid-19. Namun, pertanggal 9 Juni 2020 seperti yang dilansir oleh akun instagram @Lintaskebumen, terdapat 34 kasus positif, 31 sembuh, 0 dirawat, 2 meninggal. Hal tersebut menandai kesuksesan Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam menangani pandemi tersebut.

Tidak adanya pasien yang positif menandai bahwa Kebumen kembali menjadi zona hijau. Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz mendeklarasikan New Normal pada hari Sabtu, di Masjid Agung Kauman Kebumen dan secara resmi membuka gerbang masjid sebagai tanda New Normal telah resmi dimulai (12/6/2020).

Objek wisata juga kembali dibuka dan dipadati pengunjung hingga macet panjang seperti yang terjadi di Pantai Setrojenar, Bocor (14/06/2020). Mirisnya warga tetap berdesak–desakan dan ada yang tidak menggunakan masker dengan benar, meski penjaga pantai telah memberi himbauan untuk menggunakan masker dan berjaga jarak.

“Pengunjung sudah kita ingatkan untuk pakai masker yang benar, terus jaga jarak. Tapi, tetep aja masih ada yang maskernya cuma sampai mulut,” kata Adi, Minggu (14/06/2020).

Tiga hari Pasca mendeklarasikan tahapan new normal, kasus positif Covid-19 kembali bertambah satu orang. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen mengumumkan penambahan satu kasus positif pada Minggu malam, (14/06/2020).

“Hari ini pasien positif covid-19 bertambah satu orang. Atas nama AR, 56 tahun, laki-laki rujukan lab dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen,” kata Koordinator Humas Gugus Tugas, Cokro Aminoto, melalui keterangan tertulis.

AR dinyatakan positif berdasarkan hasil uji laboratorium Yogyakarta. Warga Kecamatan Karanganyar, ini dirawat di RSUD dr Soedirman Kebumen.

Dengan bertambahnya satu pasien positif, maka total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen sebanyak 35 orang. Dari jumlah itu 32 orang sembuh, 2 meninggal dunia dan satu orang masih dirawat.

Meski ditemukan kasus baru positif Covid-19, penerapan pola new normal masih akan terus dilaksanakan. Petugas pendisiplinan penerapan new normal yang telah dibentuk juga akan bekerja keras dalam menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

 

[Aditya Tri Wijaya]

Berita ini merupakan hasil latihan mahasiswa peserta mata kuliah Jurnalistik dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.