Bandara Ahmad Yani Berkonsep Green Airport

JIKA Anda memilih ke Semarang lewat jalur udara, Anda aka melintasi Bandara Ahmad Yani. Terletak tidak jauh dari Pantai Maron, bandara ini sedang dikonsep ulang menjadi bandara hijau.

Yap, menurut pengelola dan Pemeirntah Provinsi Jawa Tengah, Bandara Ahmad Yani akan dirancang sejalan dengan rencana penyelesaian dan pengoperasian pada tahun 2013, bandara telah didesain berkonsep ramah lingkungan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Provinsi Jateng, Urip Sihabudin, sistem pengelolaan bandara dipastikan seefisien mungkin dan menghemat energi.

“Desain sudah finalisasi dan diharapkan pertengahan 2013, bandara Ahmad Yani berkonsep green ini bisa dioperasikan,” jelas Urip, Jumat (9/12).

Penghematan energi listrik, lanjut Urip, juga menjadi hal yang diutamakan. Terminal penumpang misalnya, atapnya menggunakan kaca-kaca agar sinar matahari bisa leluasa masuk sehingga akan menghemat penggunaan lampu.

“Sistem pengelolaan air bersih pun akan kami optimalkan,” imbuhnya.

Bandara Ahmad Yani Semarang dikelola PT Angkasa Pura I. Terletak di Kecamatan Semarang Barat, bandara ini dekat dengan Bundaran Kalibanteng, salah satu pusat keramaian di Semarang. Sejak tahun 2004 Bandara Ahmad Yani menjadi bandara internasional .

Kini Bandara Ahmad Yani melayani penerbangan untuk hampir seluruh air lines di tanah air. Selain Garuda Indonesia Air Ways, ada pula Sriwijaya Air, Wings Air, Lion Air, Aviastar, Merpati, Trigana Air, Karl Star, juga Batavia Air

Awalnya Bandara Ahmad Yani adalah Pangkalan Udara Angkatan Darat. Dijadikan bandara komersil setelah dibentuk Perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di yang diputuskan bersama oleh Panglima Angkatan Udara, Menteri Perhubungan, dan Menteri Angkatan Darat.

Seiring dengan perkembangan arus global, pengguna jasa menghendaki adanya penerbangan internasional. Dengan demikian, tanggal 10 Agustus 2004 dikeluarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KM 64 Th 2004 yang mengatur pelayanan Angkatan Udara ke atau dari Luar negeri melalui Bandara Ahmad Yani Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.