3J, Puasa Sehat Untuk Penderita Diabetes

SAAT bulan Ramadhan, penderita sakit kencing manis (diabetes melitus) terkadang khawatir dengan kesehatannya. Hal itu wajar karena penderita diabetes memiliki ketergantungan yang tinggi dengan asupan makanan setiap harinya.

“Saat sahur dan berbuka puasa, penderita diabetes harus memperhatikan 3J. J pertama adalah Jenis makanan, J kedua adalah Jumlah, dan J terakhir Jadwal. Semuanya harus sesuai dengan anjuran dokter,” jelas Dr. Nur Anna C. Sa’dyah, Sp.PD dalam kajian bersama Jami’ah Al Azhar 22 Semarang, Kamis (11/8).

Jami’ah Al Azhar adalah kelompok pengajian beranggotakan ibu-ibu/wali murid SD Islam Al Azhar 22 Semarang.

Dalam kesempatan itu, dr Anna juga memberikan pengertian tentang penyakit gastritis, atau yang biasa dikenal dengan sakit maag.

Menurut sebuah penelitian, 90% penderita maag disebabkan oleh faktor psikis yang terganggu, dan menyebabkan bertambahnya produksi asam lambung.

“Penderita maag sangat dianjurkan untuk berpuasa, karena dengan puasa, tegang menjadi tenang dan cemas menjadi bebas,” tambahnya.

Di samping dr. Anna, kegiatan yang berlangsung di Aula SD Islam Al Azhar ini juga menghadirkan Burhan Ali Setiawan, S.HI yang memaparkan tentang Sehat dan Afiat. Meski sudah familiar di telinga masyarakat, tetapi tidak semua orang mengerti dan memahami makna yang sebenarnya.

“Sebenarnya sehat artinya baik secara fungsi lahiriahnya. Sedangkan afiat berarti penggunaannya telah sesuai dengan  fungsi penciptaannya,” ujar staf RSI SA bidang kerohanian.

Setelah kedua pemateri memaparkan ulasannya, dibuka tanya jawab yang terdiri dari dua sesi, masing-masing 3 penanya. Di akhir acara, RSI SA memberikan souvenir berupa payung cantik bagi Kepala Sekolah dan para penanya. PortalSemarang.Com

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.