Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

udinus semarang

Udinus (Universitas Dian Nuswantoroadalah salah satu universitas swasta terkemuka di Semarang. Keseriusan pengelola mengaplikasikan slogan cyber unversity membuat universitas ini dikenal memiliki program studi Teknologi Informasi yang baik.

Udinus berdiri pada tahun 2001 berdasarkan SK Mendiknas RI No. 169/D/O/2001 tanggal 30 Agustus 2001. Awalnya, adalah   gabungan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Bahasa

Asing,  dan Sekolah Tinggi Kesehatan (STKES Lintang Nuswantoro).

Dalam penggabungan tersebut, STMIK menjadi Fakultas Ilmu Komputer, STIE menjadi Fakultas Ekonomi, STBA menjadi Fakultas Bahasa dan Sastra, STKES menjadi Fakultas Kesehatan, dan ditambah fakultas baru yaitu Fakultas Teknik.

Penggabungan tersebut dilakukan untuk efesiensi kerja organisasi. Kemudian pada tahun 2002, dibuka Program Pascasarjana Magister Komputer Teknik Informatika. Total, hingga saat ini memiliki 5 Fakultas dengan 18 Program Studi dan Program Pascasarjana dengan 1 program studi.

Universitas ini memiliki Career Center, sebuah layanan karir bagi para alumni. Career Center (CC) didirikan untuk menjamin pelaksanaan layanan karir untuk mahasiswa dan lulusannya. Salah satu targetnya adalah membantu lulusan bekerja sesuai bidangnya dalam 6 bulan sebesar 80%.

Kualitas Udinus

Dalam memenuhi target mutu tersebut, Carer Center membantu untuk memenuhi kebutuhan stokholder untuk publikasi informasi layanan karir. Layanan kepada dunia industri dilakukan dengan baik.

Untuk menjamin agar kualitas  pendidikannya, universitas membentuk tim Badan Penjaminan Mutu (BPM) Udinus sejak 2006. Tim BPM ini dibimbing oleh Satuan Penjaminan Mutu Institut Teknologi Bandung (SPM ITB). Pembimbingan tersebut merupakan bagian dari kesepakatan Bersama (MoU) antara kampus dengan ITB yang ditandatangani oleh Rektor Udinus dan Rektor ITB pada bulan Maret 2006.

Komitmen Udinus untuk meningkatkan kualitas pendidikannya dilakukan dengan melakukan perbaikan di berbagai aspek. Beberapa aspek yang berkaitan langsung dengan penyelenggarakan pendidikan dan pelayanan yang berkualitas telah dan sedang dibenahi, diantaranya peningkatan kapasitas dan kualitas laboratorium, perpustakaan, studi lanjut S2 dan S3, sistem informasi, dan lain sebagainya.

Di samping itu, untuk mendukung kenyamanan mahasiswa Udinus juga memiliki UPT Poliklinik (Umum dan Gigi) yang dapat digunakan oleh mahasiswa maupun dosen dan karyawan dalam melakukan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan.

TV Kampus Udinus

Sementara itu, untuk mewadai kreativitas mahasiswa dalam bidangbroadcasting dan multimedia, Udinus memiliki UPT Televisi Kampus dengan nama TV-KU (Televisi Kampus Udinus) yang mempunyai izin  resmi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dengan mengusung misi ‘menumbuhkembangkan llmu pengetahuan dan teknologi’, materi siaran TV-KU difokuskan pada bidang pendidikan dan telah mampu melakukan siaran rutin mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Udinus – Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Jl. Nakula I No. 5-11 Semarang, Telepon: 024 3517261, Fax: 0243520165
Website: www.dinus.ac.id, Email: sekretariat@dinus.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.