Tips Rawat Mobil Saat Musim Hujan

MUSIM hujan tiba, berarti Anda musti siap-siap hadapi rob dan banjir. “Kutukan” bagi warga Semarang ini kayaknya memang belum akan berakhir.

Tapi, kondisi ini mestinya tidak membuat kita malas keluar. Show must go on, kan? Begitu pun mobil Anda, harus tetap menamani Anda dalam perjalanan. Berikut sejumlah tips merawat mobil saat musim hujan.

Jika Anda terbiasa memarkir mobil Anda di ruang terbuka dan terpapar langsung air hujan, upayakan untuk selalu memeriksa komponen karet dan kaca dengan menggunakan silicone spray untuk menjaga kelenturan.

Semprotkan cairan pelumas ke bagian engsel-engsel pintu untuk mengantisipasi terjadinya karat. Semprotkan pula contact cleaner ke bagian kelistrikan mobil demi mengantisipasi air yang masuk ke bagian elektrikal.

Perlu diketahui, air hujan mengandung garam dan butiran kotoran halus yang pada dasarnya sangat merusak cat dinding bodi mobil. Apalagi ketika di perjalanan, mobil sempat melewati genangan air. Jika mobil terpapar air hujan, sebaiknya hindari mengelap permukaannya secara langsung.

Basahi dulu seluruh bodi mobil dengan air bersih sampai rata. Lalu cuci mobil dengan shampo berkadar busa rendah, kemudian bilas secara merata. Jika air di permukaan bodi mulai mengering, lakukan pengelapan dengan lap khusus agar tidak menimbulkan baret.

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk tidak mendiamkan mobil terkenan air hujan dan mengendap sampai tiga hari karena dikhawatirkan bisa memicu karat, jamur, dan noda.

Periksa komponen kabel-kabel dan saluran bahan bakar. Cek apakah ada kerusakan atau kebocoran yang dapat membuat air hujan tercampur ke dalam tangki bahan bakar. Tangki bahan bakar, sealed atau packing saluran tangki bahan bakar, pompa bensin, dan saringan bahan bakar, adalah beberapa bagian yang mesti Anda periksa.

Periksa komponen pengapian, terutama kabel busi yang tidak boleh bocor.

Periksa pula komponen penutup busi, koil, atau distributor. Air hujan yang masuk ke sistem kelistrikan akan memicu hubungan arus pendek dan membuat mesin mobil mogok.

Semoga mobil tetap fit, tetap nyaman dibawa menerjang gerimis dan hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.