Tembalang: Profil Kecamatan, Potensi Ekonomi, Wisata

TEMBALANG terletak di bagian tenggara Kota Semarang. Kecamatan ini berkembang pesan seiring didirikannya berbagai universitas di daerah ini. Selain Undip, di kecamatan ini juga ada Polines dan Poltekes Semarang.

Menurut cerita rakyat, nama Tembalang berasal dari kata tambal ilang yang berarti “tambal dan hilang”. Nama ini diberikan oleh Ki Ageng Pandan Arang ketika mengadakan inspeksi ke daerah ini.

Konon saat beliau mengadakan inspeksinya di daerah ini, terjadi kejadian aneh yaitu pada keluarnya mata air secara tiba-tiba dari dalam tanah. Saat Ki Ageng Pandan Arang mendekatinya, mata air tersebut tiba-tiba menghilang.

Namun, karena hanya egenda, faktualitas cerita ini tentu perlu dipertanyakan.

Dahulu kawasan ini masih berupa daerah kebun dan pertanian, sejak awal 90-an, saat Universitas Diponegoro mulai membangun kampus pertamanya di Tembalang, kawasan ini berkembang pesat, dan saat ini menjadi semakin pada dengan segala fasilitas penunjang yang ada di sekitarnya.

Kehadiran Undi di Tembalang memang mengubah wajah kawasan ini. Banyak perbedaan yang kini muncul karena berbagai alasan. Kondisi jalanan  kini makin ramai. Pertokoan, perumahan, dan kawasan bsinsi juga terus berkembang.

Beberapa titik kemacetan sering kita temui, seperti di bawah jalan tol di Tirto Agung, bahkan di bundaran UNDIP . Hal yang serupa juga tampak di sepanjang tanjakan FIB-FH karena salah satu jalan dijadikan area parkir sepeda motor.

Meski demikian, kehadiran Undip juga membawa manfata besar bagi warga Banyumanik. Pangsa pasar yang berkembang sebab banyak penduduk baru membuka berbagai kesempatan bisnis.

Tembalang terdiri dari 12 kelurahan, yaitu:
– Kelurahan Meteseh (Kodepos : 50271)
– Kelurahan Mangunharjo (Kodepos : 50272)
– Kelurahan Sendangmulyo (Kodepos : 50272)
– Kelurahan Kedungmundu (Kodepos : 50273)
– Kelurahan Sendangguwo (Kodepos : 50273)
– Kelurahan Jangli (Kodepos : 50274)
– Kelurahan Tandang (Kodepos : 50274)
– Kelurahan Tembalang (Kodepos : 50275)
– Kelurahan Sambiroto (Kodepos : 50276)
– Kelurahan Bulusan (Kodepos : 50277)
– Kelurahan Kramas (Kodepos : 50278)
– Kelurahan Rowosari (Kodepos : 50279)

Kantor Kecamatan Tembalang:
Jalan Kol H Iman Soeparto Tjakrajoedha SH Tembalang 50277
Telepom 024 7478588
Fax 024 7479181

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.