SMP 8 Semarang

SMP 8 Semarang terletak di Jl. Cinde Raya No. 18 Semarang. Di lokasi ini sebelumnya telah berdiri Sekolah Teknis Negeri I (ST 1) yang terdiri dari Jurusan Bangunan Gedung dan Bangunan Air.

ST Negeri 1 semula menempati gedung sekolah di jl. Dr.Cipto 93 Semarang. Pada tanggal 1 januari 1977 sekolah tersebut pindah dan menempati bangunan gedung STM di Jl. Cinde Raya No. 18 Semarang.

Berdasarkan SK Mendikbud No. 030/V/1979 tanggal 17 April 1979, ada 8 sekolah kejuruan yang ada di kota semarang terhitung sejak 1 april 1979 diinteritas menjadi SMP Negeri 8 Semarang.

Luas lahan SMP 8 Semarang hanya 2 ribu 400-an meter persegi. Kurang dari 50% syarat menjadi RSBI, yang butuh lahan minimal 5 ribu meter persegi. Dengan tanah seluas itu, SMP 8 Semarang adalah sekolah tersempit ke 3 di Kota Semarang, setelah SMP Negeri 38 dan SMP Negeri 7 Semarang.

Meski demikian, SMP 8 Semarang memilik prestasi yang patut dibanggakan. Buktinya, raihan prestasi akademik, dari tahun ke tahun makin meningkat.

Setelah 3 tahun bertahan di jajaran 10 besar, nilai hasil UN 2011 menempatkan SMP 8 Semarang di posisi 6 dari 41 SMP negeri di Kota Semarang. Dengan posisi tersebut SMP 8 Semarang bahkan telah melampaui capain SMP RSBI.

Akibat sempitnya lahan, SMP 8 Semarang tidak memenuhi kriteria RSBI. Bahkan  status sebagai SSN tidak dapat diraih. Namun karena prestasinya dinilai cukup, pemerintah Kota Semarang memberi gelar sekolah ini sebagai SSN Mandiri, yakni sekolah reguler yang prestasinya melebihi SSN.

Visi SMP 8 Semarang ada empat. Pertama, melaksanakan Pembelajaran dengan berbagai metode yang tepat dan bervariasi, pengadaan sarana prasarana pembelajaran yang memadai, mengadakan evaluasi terprogram dan rutin, analisis hasil evaluasi secara tepat dan remedial sampai tuntas pembelajarannya di semua tingkat kelas.

Kedua, menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki dan selalu memberikan motivasi serta inovasi untuk berprestasi.

Ketiga, menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler. Keempat, menumbuhkembangkan jiwa dan nilai – nilai luhur melalui budaya, agama dan budi pekerti.

 

SEJARAH FASILITAS | GURU | EKSTRAKURIKULER | PRESTASI  | PENDAFTARAN | BIAYA  | ARSIP  SMP 8 SEMARANG

1 Comment

  1. siska

    May 23, 2012 at 9:13 am

    boleh minta tolong kasih info kalo mau daftar
    trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.