Sejarah, Profil, dan Jadwal Pendaftaran SMA 4 Semarang

SMA 4 SEMARANG berdiri sejak 16 Januari 1978. Sebelumnya berlokasi di Jalan Pemuda 149 satu atap dengan SMA Negeri 3 Semarang. Kini menempati lokasi baru di Jalan Karangrejo Raya No. 12 A Banyumanik, Semarang Selatan.

Sejak tanggal 16 Januari 1978, praktis SMA Negeri 4 Semarang menjadi sekolah baru dengan kelas II dan III masih tetap di lokasi lama dan secara administratif dan edukatif dibawah pengelolaan SMA Negeri 3 Semarang.

SMA Negeri 4 Semarang merupakan eks SMA bagian A sebelum dimunculkannya SMA gaya baru, dimana setiap SMA harus memiliki 4 jurusan: Pasti, Alam, Sosial an Budaya yang merupakan kelanjutan dari SMT pada zaman Jepang atau kelanjutan dari AMS Afdeling A dari zaman Belanda yang dulu berlokasi di Jalan Bojong dan sekarang menjadi Jalan Pemuda 149 Semarang.

Kurikulum

Pelaksanaan pendidikan di SMA Negeri 4 Semarang menerapkan Pendidikan Berbasis Kompetensi  yang mencakup kurikulum, paedagogi, dan penilaian. Oleh karena itu, pengembangan KTSP di SMA Negeri 4 Semarang memiliki pendekatan berbasis kompetensi karena merupakan konsekuensi dari pendidikan berbasis kompetensi.

Dalam Standar Isi (SI) dinyatakan bahwa: KTSP yang berbasis kompetensi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah.

Kompetensi perlu dicapai secara tuntas (belajar tuntas). Bimbingan diperlukan untuk melayani perbedaan individual melalui program remidial dan pengayaan.

Pengembangan kurikulum berbasis tingkat satuan pendidikan di SMA Negeri 4 Semarang sangat berkaitan erat d engan tuntutan SKL, SK dan KD, organisasi kegiatan pembelajaran, dan aktivitas untuk mengembangkan dan memiliki kompetensi seefektif mungkin.

Proses pengembangan kurikulum berbasis kompetensi ini menggunakan asumsi bahwa peserta didik yang akan belajar telah memiliki pengetahuan dan keterampilan awal yang dibutuhkan untuk menguasai kompetensi tertentu.

SMA NEGERI 4 SEMARANG
Alamat: JL. Karangrejo Raya 12A, Kec. Banyumanik
Telepon: (024) 7471540
Kepala Sekolah: Dra. Hj. Srinatun, M.Pd

FASILITAS | KEGIATAN  SISWA | PRESTASI  | BIAYA  MASUK  | ARSIP  SMA NEGERI 4 SEMARANG

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *