Rabu Pagi, Undip Kukuhkan 3 Guru Besar

Rabu 13 April besok, Universitas Diponegoro (Undip) akan mengukuhkan 3 guru besar sekaligus. Ketiganya adalah Prof Dr dokter Tri Nur Kristina DMM MKes (Fakultas Kedokteran), Prof Dr Sri Suwitri MSi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan Prof Dr Agus Sabdono (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan). Pengukuhan akan dilaksanakan di gedung Prof Soedarto Tembalang.

Tri Nur Kristina direncanakakan akan menyampaikan orasi ilmiah tentang peran dokter. Menurutnya, dampak globalisasi yang makin masif menuntut pendidikan kedokteran harus inovatif dan lebih cermat. Institusi kedokteran saat ini tak hanya dituntut menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam menghadapi permasalahan kesehatan lokal, tetapi juga permasalahan kesehatan yang bersifat global.

”Ke depan, diharapkan lulusan dokter berstandar internasional dan adaptif terhadap permasalahan kesehatan global, menjunjung tinggi etika, hukum serta profesi kedokterannya,” katanya.
Menurut Tri, upaya tersebut akan membuat penyebaran penyakit yang belakangan ini kecederungannya lebih berbahaya sangat cepat penyebarannya akibat mobilitas yang tinggi, bisa dihindari. Selain itu, para dokter lokal tidak kalah bersaing dengan para dokter asing yang belakangan ini makin banyak di Indonesia.

Pendidikan kedokteran, tutur dia, ke depan harus menggunakan metode students centered learning dan self directed learning seperti problem based learning dan kurikulum yang terintegrasi agar mahasiswa berpikir komprehensif sejak dini. Metode evaluasi mahasiswa juga perlu bervariasi, mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang profesional.  PortalSemarang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.