Populerkan Kota Lama, Mahasiswa Unnes Angkat Teatrikal Tempo Doeloe

Sejarah dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan motivasi untuk menapaki masa depan. Lebih-lebih, sejarah sebenarnya ialah refleksi diri.

Sayangnya, kini generasi muda lebih gemar menanam alpa. Tak sedikit dari mereka yang mulai melupakan bahkan meninggalkan sejarah bangsanya.

Berbekal asumsi itu, Maulida bersama ketiga kawannya, Ari, Himas, dan Hera menggagas “Teatrikal Tempo Doeloe”.

Keempat mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang (BSI Unnes) itu mengusulkan kawasan Kota Lama sebagai sebuah alternatif paket wisata sejarah di Kota Semarang. Sebuah kegiatan perawatan ingatan melalui seni budaya.

“Perlu adanya solusi untuk mengenalkan kembali sejarah kepada masyarakat dan generasi muda,” ungkap Maulida.

Menurutnya, melalui pengemasan yang menarik, potensi sejarah dan budaya dapat menempati ruang kepedulian manusia. “Bentuk dari “Teatrikal Tempo Doeloe” iniialah pelatihan dan pagelaran,” imbuhnya.

Pelatihan telah dimulai sejak awal April hingga pertengahan Mei 2015 di Unnes, KampusSekaran, Gunungpati, Semarang. Terdapat 35 peserta yang terdiri atas siswa menengah pertama, menengah atas, dan mahasiswa.

Pagelaran

Bertempat di pertigaan Jalan Garuda, belakang Gereja Blenduk, Kota Lama, Semarang, Pagelaran “Teatrikal Tempo Doeloe” sukses digelar pada Sabtu malam (23/5) lalu. Pengunjung tampak antusias menonton pagelaran yang menampilkan teatrikal puisi, cerpen, pemutaran film, drama, serta musikalisasi puisi yang semuanya mengusung tema sejarah.

Pagelaran yang berlangsung sejak pukul 19.00 hingga 23.00 WIB itu dihadiri pula oleh perwakilan dinas pariwisata, pemerhati kota, dan pejabat wilayah setempat.

Maulida dan ketiga kawannya berharap, melalui “Teatrikal Tempo Doeloe” masyarakatk hususnya generasi muda dapat kembali mengenal dan menyelami sejarah. Lebih jauh, dapat membuka peluang untuk menambah potensi wisata sejarah di Kota Semarang.

Disampaikan pula, kegiatan ini merupakan wujud realisasi Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) tahun 2014 yang didanai Dikti. HimasNur

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.