Pergunu Jateng Latih Pengurus Menulis Berita

Guna membekali pengurus agar dapat mengelola website organisasi, Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jateng mengadakan pelatihan Jurnalistik Berbasis Web, Sabtu (29/9).

Pelatihan diselenggarakan berkat kerja sama PW Pergunu Jateng dengan Tim Penelitian dan Pengabdian Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes, di gedung LP2M.

Ketua panitia Edi Subkhan mengatakan bahwa pelatihan ini adalah bentuk pengabdian masyarakat. “Kebetulan karena saya sebagai ketua tim mengusulkan untuk memberikan pemberdayaan kepada organisasi, akhirnya saya memilih Pergunu Jateng untuk bekerja sama,” ungkapnya.

Selain melatih guru, Edi menambahkan, pihaknya akan menghibahkan website pergunujateng.org agar dikelola Pergunu. “Mudah-mudahan melalui website ini publikasi program kegiatan, tokoh maupun tips pembelajaran bisa dipublikasikan di website Pergunu Jateng,” imbuhnya.

Mewakili ketua, Sekretaris Pergunu Jateng M. Ahsanul Husna mengatakan pelatihan jurnalistik berbasis website ini memang terbatas untuk PC Kabupaten/Kota. Tujuannya agar mereka trampil mengemas berita hingga kemudian menjadi kontibutor untuk website Pergunu.

“Ada 20 perwakilan dari Kabupaten dan Kota yang ikut dalam pelatihan ini. harapannya melalui pelatihan ini semoga kegiatan Pergunu di tingkat Kota/Kabupaten bisa terpublis dan tertata rapi. Sehingga di dunia maya keberadaan Pergunu dari bawah bisa terpublikasi lebih luas,” ungkapnya.

Surahmat selaku pembicara memberikan materi mulai dari cara menghimpun informasi, mengetahui nilai sebuah berita, menulis berita, hingga bagaimana mengelola media lokal secara independen agar terwujud jurnalisme moderat.

“Mudah-mudahan lewat Pergunu Jateng dengan menyiapkan figur jurnalis yang mempunyai wacana moderasi untuk mendamaikan Indonesia bisa terwujud,” tegasnya.

Kontributor: Usman Roin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.