Menurut Riset, Inilah Perbedaan Perilaku Facebooker Laki-laki dan Perempuan

Facebook telah menjadi media sosial yang sangat populer. Penggunanya tidak hanya orang dewasa, tetapi juga remaja usia sekolah.

Berdasarkan riset yang dilakukan Dhyah Ayu Retno Widyastuti dan Nobertus Ribut Santoso dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, ada perbedaan antara pengguna Facebook laki-laki dan perempuan.

“Dalam hal tempat untuk mengakses internet, anak laki-laki cenderung untuk mengakses internet di rumah sedangkan anak perempuan cenderung mengakses tinternet di sekolah,” tulis dua peneliti itu dalam Jurnal Interaksi.

Lanjutnya, pelajar laki-laki cenderung menggunakan Facebook untuk kegiatan bermain game online. Adapun remaja perempuan cenderung menggunakannya untuk interaksi dengan teman-teman.

Adapun jenis media yang digunakan untuk mengakses internet, baik remaja laki-laki maupun perempuan sama, yakni ponsel. Namun, ada banyak remaja yang memiliki laptop untuk keperluan tersebut.

“Berdasarkan perspektif gender, realitas penggunaan internet memberikan kesempatan yang sama bagi anak laki-laki dan perempuan untuk mengakses fasilitas yang tersedia di internet,” lanjut keduanya.

Riset ini dilakukan di Yogyakarta dengan sampel 100 pelajar SMA. Metode survei sampel digunakan untuk mendapatkan data dari responden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.