Menikmati Malam di Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Semarang adalah salah satu jalan terbesar di Semarang. Jalan ini salah satu penghubung menuju Simpang Lima. Pada malam hari, jalan ini berubah menjadi jujugan wisata baru. Tempat yang lapang, terang, dan tersedianya aneka jajan membuat malam di Jalan Pahlawan selalu ramai. Lebih-lebih di akhir pekan.

Sejak awal 2011, Pemkot Semarang mulai menata Jalan Pahlawan. Trotoar sepanjang lebih dari 500 meter ditata ulang menjadi lebih lapang. Fasilitas tempat sampah pun ditambah. Tak lupa pohon-pohon baru juga ditanam di sepanjang trotoar meskipun kini belum rindang.

Dulu, jalan ini hanya jalan biasa. Jalan pahlawan ramai karena jadi pusat perkantoran pemerintah. Selain kantor gubernur dan DPRD Jawa Tengah, di sini terdapat berbagai perkantoran penting, seperti Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Perum Perhutani, Diperindag Jateng, BPS Jateng, juga Polda Jateng.

Ramadhan nanti, Jalan Pahlawan biasanya kan lebih ramai pada sore hari. Sekitar pukul 16.00 WIB muda-mudi atau keluarga akan memadati sudut-sudut Jalan Pahlawan. Ini tidak lepas dari banyak munculnya pedagang musiman yang menawarkan aneka makanan dan minuman untuk berbuka.

Beragam kegiatan bisa Anda lakukan di sini, dari membeli makanan atau hanya duduk-duduk santai menikmati suasana yang ramai.

Diantara pedagang, kerumunan anak baru gede (abg) dan mahasiswa biasanya juga terlihat sedang menjajakan makanan. Keuntungan hasil dagangan yang mereka dapat biasanya dugunakan untuk bakti sosial atau mendukung aktifitas kampus.

Bila datang menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki di Jalan Pahlawan, Anda tidak perlu bersusah payah mencari makanan dan minuman karena para pedagang akan dengan sigap menawarkan menu andalannya.

Menu-menu wajib seperti es buah, teh manis, gorengan, kolak, kue-kue ringan dan barbagai jenis makanan dan minuman lainnya akan membuat Anda tertarik untuk membeli. Mengenai harga, tidak perlu khawatir karena semua yang dijual di sini tidak akan membuat kantong Anda kempes.

Anda bisa menemukan para pedagang ini sejak hari pertama di bulan Puasa.

Selepas Ashar, para pedagang biasanya sudah mulai membuka lapak dagangan. Ini biasanya berlangsung selama sebulan penuh.

Anda tidak hanya bisa menikmati Jalan Pahlawan di malam atau sore hari. Setiap Minggu pagi jalan Pahlawan diberlakukan Car Free Day antara pukul 05.00 sampai 09.00. Jalanan lurus dan lebar ini pun berubah menjadi are abermain bagi keluarga. Berbagai komunitas, dari komunitas sepeda onthel hingga komunitas pecinta ular, berkumpul.

Nah, kalau anda punya rencana berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya bersantai ria di jalan Pahlawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.