Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan

Dewasa ini kita sangat diuntungkan dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang biasa disingkat dengan TIK. Di setiap sekolah diharapkan memasukkan pelajaran ini kedalam kurikulum dikarenakan dengan adanya Teknik Informasi dan Komunikasi ( TIK ) siswa akan memperoleh pengetahuan yang lebih luas karena siswa sudah dapat memanfaatkan kemajuan jaman yang segalanya menggunakan TIK atau lebih tepatnya internet.

Pada jaman dahulu apabila siswa-siswa akan mencari tugas pasti mereka hanya akan tertuju pada suatu ruangan yang dinamakan perpustakaan karena di dalam perpustakaan mereka dapat menemukan buku-buku yang sedang mereka cari, ketika diperpustakaan mereka harus mencari bukunya dengan teliti karena di dalam perpustakaan terdapat banyak buku mungkin ada ribuan lebih buku disana .

Sedangkan, para siswa tidak memiliki waktu banyak untuk mencari buku yang mereka inginkan padahal mereka hanya ingin meminjam 3 jenis buku saja dan ketika siswa meminjam buku di perpustakaan ada jangka waktu siswa untuk mengembalikan buku. Atau siswa bisa membeli buku di took buku yang tersedia tetapi itu akan membuang-buang uang mereka.

Sedangkan sekarang dengan kemajuan teknologi siswa dapat memanfaatkan internet sebagai salah system untuk mencaru bahan yang yang mereka inginkan. Dengan kemajuan teknologi ini sangatlah memudahkan siswa dalam berbagai hal tanpa memerlukan waktu lama ataupun dana yang banyak.

Penjelasan di atas adalah manfaat TIK yang berupa Internet bagi siswanya , tetapi setelah kita pikirkan lagi tidak hanya siswa yang mendapatkan manfaat dari adanya internet melainkan guru pun mendapatkan manfaat dengan adanya internet. Untuk secara umumnya guru dapat mencari bahan-bahan yang akan mereka gunakan untuk penyampaian materi, misalnya guru dapat mengambil bahan dari web site ataupun blog yang tersedia di internet. Dan para gurupun dapat memasukkan hasil karyanya kedalam blog yang mereka miliki dan menyuruh siswanya untuk mengunjungi blog mereka apabila guru berhalangan hadir sehingga waktu pelajaran tidak terbuang sia-sia.

Sedangkan untuk guru BK sendiri mereka dapat memanfaatkan internet untuk mencari bahan yang akan disampaikan untuk proses layanan dan guru BK dapat mencari video motivasi apabila hal tersebut diperlukan. Sedangkan diera sekarang seorang konselor tidak hanya melayani konseli yang sedaerah atau bahkan sebangsa dengan mereka saja, karena sekarang proses konseling ada ditingkat konseling lintas budaya yang mencampurkan banyak budaya yang ada di dunia ini, jadi seorang konselor harus peka dengan adanya budaya lain dari budaya mereka.

Sehingga internet sangat diperlukan oleh seorang konselor, karena konselor dapat menggunakan internet sebagai proses pemberian konseling atau treatment bagi klien mereka yaitu dengan menggunakan cyber counseling yang memanfaatkan internet sebagai media layanan.

Dengan melakukan cyber counseling seorang konselor tidak perlu melakukan konseling secara langsung atau konselor tidak harus datang menemui klien yang berbeda bangsa dengannya hanya dengan menggunakan cyber counseling, sehingga hal ini sangatlah bermanfaat bagi konselor karena tidak membutuhkan waktu dan dana yang banyak atau bahkan tenaga yang berlebih untuk melakukan konseling lintas budaya hanya dengan mengandalkan kemajuan teknologi yang berupa internet semua hal bisa dilakukan dengan efisien dan efektif. Dan hal tersebut sangatlah membantu dari semua pihak baik itu dari pihak guru maupun muridnya.

– Carissa Octora Wandansari, mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Facebook Comments

1 Comment

  1. evan

    August 27, 2017 at 6:42 am

    085144545125470541104120202025

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.