KURIKULUM 2013, KAMI TERIMA DENGAN BAIK

JAKARTA-SMA Labschool Jakarta sebuah sekolah yang menjadi salah satu tujuan dalam serangkaian kegiatan KKL yang dilakukan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes , Rabu (17/9). Sekolah yang dimiliki oleh sebuah Universitas eks IKIP Jakarta yang sekarang sudah berganti nama menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini berlokasi di Jalan Pemuda kompleks Universitas Negeri Jakarta Rawamangun Jakarta Timur. Tercantum kata Labschool pada nama sekolah tersebut karena berada di bawah naungan Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta.

Berdasarkan penjelasan Waka Kesiswaan, Parno Supriatno pada seminar KKL BSI Unnes di Aula SMA Labschool Jakarta, SMA ini didirikan pada tahun 1968 dan sekarang dipimpin oleh kepala sekolah yang bernama Drs. H. M. Fakhruddin, M.Si. Seperti halnya dengan sekolah SMA lainnya, pada ini juga telah menerapkan Kurikulum 2013 pada siswa kelas X dan kelas XI, untuk siswa kelas XII memang belum menerapkan karena kurikulum tersebut baru 2 tahun diimplementasikan. Sekolah ini juga mempunyai 3 jurusan di tiap angkatannya yaitu Peminatan Matematika dan Ilmu Alam yang dahulu IPA, Peminatan Ilmu-ilmu Sosial (dahulu: IPS) dan Peminatan Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya (dahulu: Bahasa). Akan tetapi untuk tahun pelajaran 2014/2015 di SMA ini tidak membuka jurusan Bahasa karena siswa yang memilih jurusan tersebut kurang dari kuota minimal pada tiap angkatan.

Implementasi kurikulum 2013 bidang Akademik di SMA Labschool Jakarta sangat menarik perhatian oleh siswa. Menurut keterangan Suparno, S.Pd. seorang Waka Akademik SMA ini menjelaskan, “Untuk suasana pada proses pembelajaran di Kurikulum 2013 membuat siswa senang karena di dalam kelas diisi dengan kegiatan-kegiatan diskusi yang menuntut keaktifan siswa, hal ini membuat siswa kami merasa senang karena tidak bosan dengan ceramah-ceramah yang diberikan guru”. Keterangan itu ia buktikan dengan memperlihatkan gambar-gambar proses belajar mengajar di sekolah itu kepada peserta seminar KKL BSI 2014.

Pada pengaturan jam pelajaran juga mengalami banyak perubahan karena implementasi kurikulum 2013 serta program pengembangan kurikulum disekolah ini. Hal itu disampaikan juga oleh Suparno ketika memberikan seminar kepada peserta KKL BSI 2014, “Karena penggabungan antara implementasi kurikulum 2013 serta pengembangan kurikulum di SMA ini, jadinya, hari Senin sampai Jumat masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 15.30. hari Kamis pukul 06.45 karena di SMA ini mempunyai budaya beribadah pagi hari misalnya yang muslim tadarus selama 15 menit. Kemudian Jumat masuk pukul 06.15 untuk olahraga terlebih dahulu, sehingga pelajaran dimulai pukul 07.45” jelas Waka bidang Akademik SMA Labschool Jakarta itu.

Tidak hanya di bidang Akademik saja implemntasi Kurikulum 2013 diterima dengan baik di SMA tersebut, akan tetapi implementasi di bidang pedidikan karakter juga berjalan dengan baik. Hal ini terlihat pada hari Rabu, siswa, guru dan seluruh karyawan di SMA ini mengenakan seragam Pramuka. Untuk beberapa orang yang belum mendalami pendidikan karakter di Kurikulum 2013 memang tampak aneh karena ada sekolah yang mengenakan seragam Pramuka tidak di hari Sabtu seperti sekolah-sekolah yang lain.

Namun hal itu dapat luruskan oleh Waka Kesiswaan di SMA Labschool Jakarta bernama Parno Supriatno yang mengatakan “Memang untuk hari Rabu, siswa dan seluruh tenaga pengajar di SMA ini wajib mengenakan seragam Pramuka sesuai dengan amanat Pemerintah dalam program pendidikan berkarakter pada Kurikulum 2013 yang menghidupkan kembali kegiatan pramuka. Untuk seragam sendiri, di SMA ini pada hari Senin dan Selasa mengenakan seragam putih abu-abu, Rabu Pramuka, Kamis batik, Jumat mengenakan seragam identitas agama, sebagai contoh untuk siswa muslim mengenakan seragam lengan panjang.” Yuli Prastyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.