Bahas Literasi, Unnes Akan Datangkan Pakar dari Indonesia, India, dan Vietnam

Hoaks yang dihadapi masyarakat saat ini berkaitan dengan kesadaran literasi masyarakat. Dalam masyarakat informasi, literasi tidak terbatas lagi pada kemelekaksaraan, tetapi juga kemelekan terhadap informasi.

Lebih luas lagi, literasi juga berkaitan dengan bahasa, media, bahkan media sosial, termasuk hoaks.

Untuk mengulas menumbuhkan kesadaran literasi di masyarakat, diperlukan berbagai program literasi di berbagai bidang itu. Untuk itulah Universitas Negeri Semarang (UNnes) akan menyelenggarakan Konferensi Bahasa dan Sastra dengan mendatangkan pakar dari tiga negara, yaitu Indonesia, India, dan Vietnam.

Para pakar dari Indonesia antara lain, Prof Dr Fathur Rokhman (pakar sosiolinguistik), Prof Dr Subyantoro (pakar psikolinguistik), Prof Dr Rustono (pakar pragmatik), dan Prof Dr Agus Nuryatin (pakar sastra).

Selain itu, akan hadir  pula Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemdikbud RI Dr. Dewi Utama Fauziah, M.Pd dan Prof. Dr. Endry Bouriswati, M.Pd. adalah guru besar Pendidikan Bahasa di Universitas Negeri Jakarta.

Pakar dari India adalah Gautam Kumar Jha adalah asisten profesor pada Jawaharlal Nehru University, India. Sejak lama ia menekuni kajian tentang China dan Asia Tenggara pada School of Language Literature and Culture Studies.

Adapun pakar dari Vietnam adalah Ketua Jurusan Bahasa Indonesia di Vietnam National University Dr. Nguyen Thanh Tuan.

Seminar literasi direncanakan akan digelar pada Selasa, 10 Oktober 2017 di Hotel MG Suites, Jalan Gajah Mada, Semarang.

Informasi lebih lengkap mengenai seminar ini dapat diperoleh melalui 0857 2621 9145 (Meina) dan 0856 2888 262 (Diyamon Prasandha).

Foto: tiktak.al

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *