Canggih! SMA 3 Yogyakarta Gunakan Scaner Wajah untuk Presensi Siswa

Di era teknologi yang semakin canggih, SMA N 3 Yogyakarta mengggunakan  alat scan wajah untuk presensi siswa. Setiap paginya sebelum masuk ke kelas, para siswa presensi dengan cara membungkuk menghadap alat scan, lalu secara otomatis alat akan berbunyi ‘bep’ tanda presensi sudah tercatat. Waktu yang diperlukan sangat singkat, berkisar antara 2 detik.

Staf Kominfo SMA 3 Yogyakarta, Rudy Hartanto, dilansir dari merdeka.com menjelaskan alat presensi scan wajah ini sudah digunakan sejak setahun yang lalu. Mereka menggunakan alat presensi scan wajah bukan karena presensi manual guru dikelas sudah tidak memadahi, tapi mereka tidak ingin mensia-siakan bantuan alat tersebut dari Telkomsel.

Walaupun presensi sudah dilakukan dengan scan wajah, bapak/ibu guru di kelas tetap melaksanakan presensi secara manual. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah siswa benar-benar masuk ke kelas atau justru ke kantin saat pelajaran berlangsung.

Alat presensi scan wajah ini akan memberikan rekap secara online siapa saja siswa yang tidak hadir dan siswa yang terlambat. Keterlambatan tercatat detail, dari menit hingga detik.

Kecanggihan lainnya yaitu alat ini akan secara otomatis mengirimkan sms ke orang tua siswa yang tidak hadir ke sekolah. Dengan begitu orang tua akan mengetahui melalui sms getway jika anaknya membolos sekolah.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.