Gunungpati | Profil Kecamatan, Sejarah, Potensi Ekonomi, Wisata

KECAMATAN GUNUNGPATI  terletak di bagian selatan Kota Semarang, berbatasan langsung dengan Ungaran. Dari pusat Kota Semarang jaraknya sektar 17 km.  Wilayah Gunungpati  didominasi perbukitan dengan ketinggian + 300 meter dari permukaan laut.

Kecamatan Gunungpati  merupakan daerah pengembangan kota yang memiliki luas wilayah 5.399.085 Ha. Jumlah penduduknya mencapai  70.901 jiwa atau 20.605 KK. yang terhimpun dari 89 RW dan 418 RT.

Kiai Pati

Sejarah Gunungpati tak bisa dipisahkan dengan peperangan antara prajurit Tuban dan Pati. Saat itu, banyak penduduk Pati yang mengungsi. Salah seorang diantaranya adalah Kiai Pati. Dengan mengendarai seekor sapi bernama Pragolapati, dia mengungsi bersama para pengikutnya. Tibalah rombongan ini di sebuah tempat yang dianggapnya aman dan nyaman.

”Daerah ini rasanya cukup aman untuk berlindung,” kata Kiai Pati, yang diiyakan para pengikutnya. ”Bagaimana kalau kita menetap di daerah ini saja?” tanya Kiai Pati, yang dijawab ‘’setuju” oleh semua pengikutnya. Kemudian Kiai Pati berkata, ”Saudara-saudaraku, saksikanlah, daerah ini saya beri nama Gunungpati. Artinya, daerah bergunung-gunung,  tempat bermukim Kiai Pati.”

Dalam perkembangannya, Gunungpati pernah menjadi sebuah kabupaten tersendiri. Hal itu dapat dibuktikan dari masih adanya dua pohon asam di tengah Alun-alun, sekitar 50 tahun lalu. Bahkan sampai sekarang, kita masih bisa menjumpai Kampung Ngabean, Pasar Kliwonan, Jagalan, dan Kauman di sekitar masjid, serta sebuah penjara bernama Sikrangkreng.

Perkembangan

Jika kita telusuri, Gunungpati tampaknya akan dikembangkan sesuai RPJP 2010 – 2030 Kota Semarang. Tidak heran jika kelak kecamatan Gunungpati yang masih nampak alamiah dengan pepohonan rindang dan hawanya yang sejuk akan menjadi wilayah pemekaran kota.

Terlebih, kini di lokasi tersebut telah berdiri Universitas Negeri Semarang (Unnes), salah satu kampus terbesar di Kota Semarang.

Kecamatan Gunungpati memiliki beberapa objek wisata, antara lain Goa Kreo (di Kelurahan Kandri), juga ada tempat rekreasi Pemancingan Kebon Mulyo (di Kelurahan Mangunsari), wisata kuliner Pemancingan Dewandaru, Ngrembel Asri, disertai dengan permainan anak-anak, kolam renang, flying fox dan lainnya (di Kelurahan Gunungpati).

 

POTENSI | KELURAHAN  | PEJABAT DAERAH | PELAYANAN | OBJEK WISATAARSIP GUNUNGPATI

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *