Mengunjungi Pasar Rakyat Simpang Lima

SALAH satu land mark kota Semarang adalah kawasan Simpang Lima.  Lapangan ini memang terletak di jantung kota. Disebut Simpang Lima karena berada di tengah-tengah persimpangan Jl Pandanaran, Jl Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan.

Berkembangnya fungsi Simpang Lima menjadi alun-alun merupakan saran Presiden pertama Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang sebagai ganti dari Kanjengan. Alun-alun yang dimiliki Semarang sejak masa pemerintahan Adipati Semarang yang pertama itu telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan.

Berfungsi sebagai tempat upacara, Simpang Lima juga menjadi tempat berlangsungnya pertunjukan, tempat rekreasi, bahkan sebagai pasar tiban pada waktu-waktu tertentu.

Berbagai jenis makanan baik makanan berat maupun makanan ringan dijual dengan gaya lesehan mengambil tempat sekitar trotoar dan sekeliling alun-alun.

Sementara itu, souvenir, alat sekolah sampai alat rumah tangga, sandal sampai hiasan rambut, juga dijual di sini. Sebagai pusat Kota Semarang Simpang Lima dapat dikatakan sebagai pusat keramaian. Ini terlihat karena seputar Simpang Lima terdapat pusat perbelanjaan seperti Citraland, Simpang Lima Plaza, Gajahmada Plaza, Pusat pertokoan Simpang Lima dan Hotel Berbintang, yaitu Hotel Ciputra dan Hotel Horison.

Jika anda penimat jajan tradisional, sempatkanlah waktu ke Simpang Lima. Tiap Minggu pagi, puluhan jenis jajan dijajakan. Makanan ringan hingga “berat” tersedia di sini. Pecel Mbok Sador adalah salah satu tempat yang terkenal di sini. Namun, anda punya banyak pilihan lain. Selain pecel, anda juga bisa menjajal nasi gandul. Setidaknya ada tiga warung yang menyajikannya sebagai menu utama.

Selain pusat perbelanjaan juga terdapat tempat ibadah yaitu Masjid Baiturrahman. Lapangan Simpang Lima selain untuk upacara dan pertunjukan juga sebagai tempat rekreasi. Pada malam hari Simpang Lima banyak dikunjungi masyarakat untuk bersantai menikmati suasana malam hari. PortalSemarang.Com

 

OBJEK WISATA |   HOTEL & PENGINAPAN  | KULINER | TOUR AND TRAVEL | SHOPING GUIDE | TENTANG SIMPANG LIMA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.