Ideal, 2 Persen Wirausaha

DALAM sebuah negara, idealnya ada 2 persen wirausaha. Proporsi tersebut akan menciptakan keseimbangan pencari kerja dan peluang kerja tersedia. Demikian disampaikan Agung Budiatmo dalam seminar kewirausahaan yang digelar Undip di gedung Prof. Soedarto, Rabu (14/3). Seminar diadakan untuk menyiapkan mahasiswa mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2012.

“Kami mengharapkkan niat yang tulus dan kerja keras agar tidak gamang. Sebagai Mahasiswa yang masih terhitung muda maka kalian masih ada peluang, karena semakin cepat orang memulai usaha maka akan semakin besar peluang untuk sukses,” ujarnya

“Akan ada seleksi baik proposal maupun interview, jika setelah lolos maka akan kami dampingi dan adakan peatihan sebelum diberikan kucuran dana nantinya dana yang diberikan harus mengembalikan sekitar 50% untuk kegiatan tahun depan”

“Program mahasiswa wirausaha merupakan program mahasiswa untuk memberikan pelatihan wirausaha bagi mahasiswa, PMW diadakan untuk mengatasi pengangguran dan agar mahasiswa mampu menciptakan peluang kerja baru dan menyerap tenaga kerja” imbuhnya

Agung menambahkan masih banyak kendala karena pada mahasiswa masih perlu banyak belajar, mahasiswa memiliki ide dan konsep brilian tapi dalam perjalanan kadang muncul ketidaksepahaman sehingga dari satu kelompok hanya berjalan satu orang karena ide awal hanya satu orang. Salah satu solusinya adalah dari awal tim harus solid sehingga usaha dapat terus berjalan.

Kepala Biro administrasi Kemahasiswaan Dra.Purnomo Pujiwati,M.Si mengatakan bahwa Batas akhir Penyerahan proposal pada 2 april. Untuk itu buatlah kelompok antara 3-5 orang. Kemudian didiskusikan ketua, dirembug dan cari pembimbing untuk minta pembimbingan kemudian akan ada seleksi dari staff ahli PR3. dari situ yang lolos akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan dikarantina.

“Untuk mencari tempat jangan terfokus pada tembalang karena nilai sewa sudah tinggi, pintar-pintarlah mencari tempat dan mencari jenis usaha. Dan jangan lupa karena mahasiswa tugas utama adalah belajar. Ajang ini sebagai bekal setelah lulus ini juga merupakan ajang memanage waktu antara kuliah dan usaha. Mahasiswa yang lolos akan mendapatkan maksimal 6 juta perorang, jadi jika kelompok terdiri dari 3 orang maka akan mendapatkan 18 juta.”

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.