Hari Ini Pendaftaran SNMPTN, Baca Panduan Berikut

PENDAFTARAN SNMPTN Jalur Undangan dipastikan dibuka hari ini hingga 8 Februari mendatang. Siswa dan kepala sekolah diminta supaya memanfaatkan tenggat waktu tersebut dengan baik.

Kepastian tersebut  disamapiakn Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka, di Bandung, Senin (30/1).

“Jadi seluruh program studinya sudah lengkap, peserta sudah bisa melakukan pendaftaran pada 1 Februari,” kata Akhmaloka.

Menurut Akhmaloka, calon peserta pendaftaran SNMPTN mempunyai waktu cukup panjang untuk melakukan proses pendaftaran. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs http://undangan.snmptn.ac.id.

Ia menuturkan, panitia SNMPTN menetapkan waktu pendaftaran akan ditutup pada 8 Maret 2012. “Untuk selanjutnya pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada sekitar 25 Mei 2012. Dan untuk biaya pendaftarannya dikenakan pada setiap pendaftar Rp175.000,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor Universitas Negeri Semarang Sudijono Sastroatmodjo telah mengingatkan, peran kepala sekolah dalam pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan sangat penting. Sebab, kata Sudijono, segala proses diawali dari kepala sekolah.

Sementara itu, sekretaris Umum Panitia pendaftaran SNMPTN 2012, Rachmad Wahab, menegaskan, sekolah yang terbukti melakukan kecurangan dalam pendaftaran SNMPTN melalui jalur undangan akan mendapatkan sanksi tegas.

Rachmad mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan membuat banyak sekolah melakukan manuver di luar aturan. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, sekolah berlomba-lomba “mendongkrak” nilai rapor siswanya agar lolos dan diterima di PTN yang dituju.

Saat ini, kata Rachmad, panitia pendaftaran SNMPTN memiliki tim informasi dan teknologi (IT) dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tim tersebut bertugas menghalau tindak kecurangan yang mungkin terjadi.

“Tentu ada pengalaman pada tahun lalu. Jika sekolah terbukti mengintervensi nilai siswa, maka sanksinya sekolah itu akan kami blacklist,” kata Rachmad, Kamis (26/1/2012) malam di Hotel Sahid, Jakarta, sebagimana dikutip Kompas.Com.

Website resmi SNMPTN merilis sejumlah jadwal penting terkait seleksi. Selain pendaftaran yang dibuka hari ini, seleksi jalur undangan dijdwalkan 9 Maret – 15 Mei 2012. Selanjutnya Pengumuman Jalur Undangan  akan dilakukan pada 28 Mei 2012 pukul 18.00 WIB. Setelah itu, Pendaftaran Ulang yang diterima dilakukan 12 – 13 Juni 2012. Pendaftaran SNMPTN hari ini akan menentukan dalam proses selanjutnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.