Deretan Prestasi Jokowi Selama Ini

Presiden Joko Widodo atau lebih akrab disebut Jokowi sudah menjalani periodenya dengan cukup baik. Ada sejumlah torehan prestasi yang sudah dicapainya. Berikut ini rangkaian prestasi Jokowi berdasarkan referensi dari https://www.jokowi.link/.

60 Triliun Dana Desa

Sebanyak 60 triliun dana desa telah diluncurkan setiap tahunnya yakni pada tahun 2017 dan 2018. Angka ini meningkat dari yang sebelumnya sebesar 46,9 triliun pada tahun 2016 dan pada 2015 alokasi dana desa yakni Rp 20,67 triliun

Total selama 4 tahun memerintah, pemerintahan Jokowi-JK sudah menggelontorkan sebanyak Rp 187,7 triliun untuk dana desa. Jumlah yang sangat besar ini berpengaruh terhadap percepatan pembangunan di desa-desa.

Kemiskinan Terendah

Dituturkan oleh Kepala BPS Suahriyanto, pada bulan Maret 2018 jumlah penduduk miskin berkurang sebayak 630 ribu. Angka tersebut turun dipantau dari September 2017.

Masih menurut Kepala BPS, angka penurunan jumlah penduduk miskin ini mencapai angka tertinggi yakni turun 1,2 juta orang dari Maret 2017 sampai September 2017.

Pembangunan Jalan Desa

Sebanyak 191 ribu kilometer jalan desa sudah dibangun di masa pemerintahan Jokowi. Selain itu juga dibangun 58 ribu unit irigasi.

Pembangunan tersebut berasal dari dana desa yang mencapai ratusan ribu selama 4 tahun ini.

Membangun Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur dilangsungkan secara massif di era Presiden Jokowi. baik berupa jalan tol, bandara hingga rel kerta dan infrastruktur transportasi massal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konektivitas sehingga antar kota dan daerah kini bisa terhubung lebih cepat.

Sudah dibangun 3400 km jalan biasa, ditambah lagi dnegan 443 km jalan tol. Selain itu juga ada 29 bendungan yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2019 ini.

Pada tahun 2014, pembangunan infrastruktur dianggarakan sebanyak Rp 157,4 triliun. lalu pada 2018, angkanya meningkat sampai Rp 410, 4 triliun. Jumlah peningkatan infrastruktur yang begitu besar ini dilakukan agar Indonesia bisa melakukan percepatan pembangunan.

Pembangunan ini juga dilakukan di seluruh negeri. Di Papua, Kalimantan dan NTT tidak kurang dari 3.194 kilometer yang sudah dibangun.

Sertifikat tanah

Penerbitan sertifikat tanah mencapai jutaan sertifikat. Hal ini juga disambut baik oleh masyarakat. Banyak warga yang menyambut baik program sertifikat tanah ini.

BBM Satu Harga

Di Era Jokowi, juga dicanangkan BBM satu harga. Dnegan kebijakan ini BBm yang dulunya mahal di daerah seperti Papua kini bisa mendapatkan harga yang sama.

Membubarkan Petral

Dibubarkannya Petral membuat negara dan Pertamina bisa hemat anggaran. Pengehmatannya mencpaai Rp 250 miliar setiap hari.

Menguasai 51 Persen Saham Freeport

Saat ini Indonesia sudah menguasai 51 persen saham Freeport. Hal ini yang sebelumnya tidak berhasil dilakukan oleh pemerintahan di era sebelumnya.

Tenggelamkan Kapal Asing

Prestasi Jokowi lainnya juga bisa dilihat dari keberanian untuk menenggelamkan kapala asing yang melakukan pelanggaran di wilayah Indonesia.

Kebakaran Hutan Menurun

Jumlah kebakaran hutan menurun. Jika sebelumnya sering kali terjadi kebakaran hutan, hal itu bernagsur-angsur bisa ditekan.

Inflasi Terkendali

Prestasi lainnya juga bisa dilihat dari inflasi yang terkendali. Hal ini berpengaruh terhadap stabilitas ekonomi.

Pertumbuhan Ekonomi Cukup Bagus

Sekalipun tidak mencapai target yang dicanangkan tapi pertumbuhan ekonomi yang berada di kisaran 5,5 persen cukup bagus.

Tentu saja mungkin masih ada hal yang belum sesuai harapan masyarakat. Tapi semoga saja hal itu bisa diperbaiki lagi pada periode kedua mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.