Covid-19 Tidak Ubah Kebiasaan Buruk

Indonesia sampai sekarang masih dilanda virus corona (Covid- 19). Virus corona ini mudah tersebar, bahkan tidak jarang virus ini masuk ke dalam tubuh korban tanpa memunculkan gejala penyakitnya.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (13/4/2020), cara penyebaran virus corona menurut WHO yaitu melalui orang yang telah terinfeksi virus corona. Penyakit dapat menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk.

Semakin hari, korban dari virus corona semakin bertambah.Walaupun dampak dari virus corona (Covid- 19) ini sangat besar bagi kehidupan masyarakat di berbagai bidang, seperti di bidang pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan. Tampaknya tidak membuat masyarakat takut dengan penyebaran virus corona ini. Masih banyak masyarakat Indonesia yang melakukan kebiasaan lama nya, seperti makan sembarangan, jarang olah raga bahkan memilih untuk menghabiskan waktu di rumah untuk tidur, kesadaran mereka tentang betapa pentingnya menjaga pola makan dan kesehatan di tengah pandemi corona (Covid- 19) ini masih kurang. Padahal menjaga pola hidup yang baik dengan asupan makanan yang bergizi dan olah raga teratur, merupakan salah satu cara untuk mencegah tersebarnya virus corona (Covid- 19).

Perlunya kesadaran dalam menerapkan kebiasaan hidup sehat dan menjaga pola makan di tengah pandemi seperti ini. Hal yang bisa dilakukan pertama dalam  rangka menjaga pola hidup yaitu masyarakat harus mengkonsumsi makanan yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Selain itu masyarakat harus menyeimbangkan antara kegiatan yang dilakukan dengan waktu istirahatnya. Jangan sampai masyarakat stress karena melakukan kegiatan yang berlebihan tetapi waktu istirahat sedikit. Yang kedua, masyarakat juga harus menguatkan jiwa mereka dengan melakukan ibadah, dan tetap menjaga komunikasi dengan Tuhan, maupun keluarga dan teman dekat mereka.

Sebagaimana dikutip dari Hafied Cangara (2002 : 62) menjelaskan fungsi komunikasi dalam keluarga ialah meningkatkan hubungan insani ( human relation ), menghindari dan mengatasi konflik- konflik pribadi dalam keluarga, mengurangi ketidak pastian sesuatu, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.

Dalam penerapan pola makan dan kebiasaan hidup sehat di dalam kehidupan sehari- hari pastinya akan terasa berat jika dilakukan sendiri tanpa adanya dorongan dan lingkungan yang mendukung.

Lalu bagaimana cara untuk mengajak orang lain, atau keluarga kita supaya dapat menerapkan pola makan dan kebiasaan hidup sehat?. Menurut penulis, ada beberapa cara untuk mengajak orang lain, atau keluarga supaya menerapkan pola makan dan kebiasaan hidup sehat di tengah pandemi corona (Covid- 19). Yang pertama, jelaskanlah dan berikanlah motivasi kepada keluarga kalian tentang pentingnya menerapkan pola makan dan kebiasaan hidup sehat. Kedua, mulailah dan ajak keluarga untuk segera menerapkannya. Termasuk berilah contoh terlebih dahulu, supaya mereka lebih tertarik untuk mengikuti ajakanmu. Ketiga, ajaklah orang lain atau teman- temanmu dengan cara share kegiatan mu ketika menerapkan pola makan dan kebiasaan hidup sehat selama masa pandemi ini.

Menurut Hamalik (1992) ada beberapa fungsi motivasi yaitu mampu mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan. Selain itu motivasi juga bisa sebagai pengarah dan sebagai penggerak supaya mampu mencapai tujuan yang diinginkan.

Maka dari itu, kita sebagai masyarakat yang baik mari sama sama memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, sebaiknya kita melakukan beberapa hal yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja di dalam keseharian kita. Supaya tidak terjadi  kenaikan angka korban dari virus corona (Covid-19) ini.

 

[Hilya Fatiya]

Opini ini merupakan hasil belajar mata kuliah Jurnalistik dari Jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan FIP UNNES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.