Jejak Sunan Kalijaga di Gua Kreo

GUA KREO  terletak di Kelurahan Sikandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Tak hanya menyajikan wisata sejarah, Gue Kreo memberi anda pemandangan alam dan legenda.

Gua yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kali Jaga saat mencari kayu jati yang akan beliau gunakan untuk membangun Masjid Agung Demak ini terletak di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati. Konon, saat itu Sunan Kali Jaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh untuk mejaga kayu jati tersebut.

Kata “Kreo” bersal dari kata Mangreho yang berarti peliharaan atau jagalah. Kata inilah yang menjadikan gua ini disebut Gua Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap  sebagai penunggu.

Jalur menuju gua kreo dan air terjun Kreo, yang merupakan cabang sungai Kaligarang, sangat teduh. Anda tidak perlu menahan terik saat  menuruni ratusan anak tangga ke arah gerbang dan lalu naik turun sepanjang lintasan berbukit.

Selain kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sangat sejuk, serta bercanda dengan para kera penunggu kawasan ini, yakni para kera yang bebas berkeliaran. Monyet bisa dilihat dalam jarak yang sangat dekat di sepanjang jalan yang menuju ke arah gua kreo. Para pengunjung juga bisa menikmati sungai jernih nan dingin dan segar di  bagian bawah daerah wisata ini.

Obyek wisata ini terletak di Dukuh Talungkacang, Kelurahan Kendari, Kecamatan Gunung Pati kurang lebih 8 km dari Tugu Muda dan dibuka untuk umum mulai dari Jam 08.00 s/d 18.00 WIB dan setiap tanggal 3 Syawal selalu diadakan Upacara Adat “Upacara Sesaji Rawendra”.

OBJEK WISATA LAIN |   HOTEL |   PENGINAPAN MURAH |   KULINER |   TOUR AND TRAVEL |  GUA KREO

1 Comment

  1. Pingback: Waduk Jatibarang: Pilihan Wisata Lain di Semarang - Travelmate Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.