Tersedia 60 Paket Beasiswa S2 di Unnes untuk Guru SMA/SMK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menawarkan 60 paket beasiswa pendidikan S2 bagi guru SMA/SMK di Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Ada tiga program studi yang dibuka, yakni S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S2 Pendidikan Ekonomi. Beasiswa diberikan untuk jangka waktu dua tahun atau empat semester.

Beasiswa ini terbuka bagi guru SMA/SMK baik yang berstatus PNS maupun non-PNS yang memenuhi kriteria.Beaiswa meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya penyelenggaraan program.

Tahun ini sasaran atau kuota secara nasional yang akan dibiayai dengan APBN sebanyak 638 orang, sedangkan kuota untuk Unnes 60 orang.

Direktur Program Pascasarjana Unnes Prof Dr Achmad Slamet menjelaskan, beasiswa diberikan langsung ke mahasiswa melalui mekanisme perjanjian kerja sama Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud dengan mahasiswa.

Adapun biaya pendidikan dan penyelenggaraan program ditransfer ke rekening PTP yang diberi mandat melalui mekanisme surat perjanjian kerja sama Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud dengan PTP terkait.

Wakil Direktur bidang Akademik dan Mahasiswa, Prof. rer. nat. Wahyu Hardyanto, M.Si., Ph.D., menambahkan bahwa seleksi penerimaan akan dibagi menjadi dua yakni seleksi administratif dan seleksi akademik.

“Seleksi administratif dimulai tanggal 16 – 18 Juni 2016 lalu dilanjutkan dengan seleksi akademik pada tanggal 18 – 26 Juli 2016 yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris,” ungkapnya.

“Saya berharap beasiswa ini dapat memperluas kesempatan bagi guru pendidikan menengah untuk meningkatkan kapasitas profesionalnya,” ujar Prof Slamet.

Perekrutan dan seleksi calon peserta dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud bekerjasama dengan perguruan tinggi penyelenggara. Berkas pendaftaran dikirim mulai 12 Maret – 11 Juni 2016 ke Subdit PK-PKK Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud Kompleks Kemdikbud Gedung D Lantai 12 Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. Informasi lebih lanjut dapat diakses di website pps.unnes.ac.id.

2 Comments

  1. Luk Luk

    April 20, 2016 at 12:32 am

    Kenapa kebanyakan beasiswa ditujukan untuk guru-guru SMA/SMK?sedangkan untuk guru SD sangat jarang sekali,

  2. asri khomsa mustaqomah

    April 21, 2016 at 2:15 pm

    Saya berharap mendapat kesempatan memperoleh beasiswa pendidikan, agar saya bisa meningkatkan kualitas atau mutu bagi SMK tempat saya mengajar, karena sampai saat ini kondisinya memprihatinkan, kapan ya UNNES membuka beasiswa untuk pps program pendidikan kejuruan, mohon infonya terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.