Akpol – Akademi Kepolisian

akpol-akademi-kepolisian

AKADEMI KEPOLISIAN (AKPOL) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kepolisian Republik Indonesia.  Akpol melahirkan perwira rendah, menengah, dan tinggi Polri.

Sebelum menjadi perguruan tinggi mandiri dan menempati kampus di Jalan Sultan Agung Semarang, Akpol pernah menempati kampus di Jogjakarta. 16 Desember 1966 Akpol, yang saat itu bernama Akademi Angkatan Kepolisian (AAK) disatukan dengan AKABRI menjadi AKABRI bagian Kepolisian.

29 Januari 1967 dibuka AKABRI bagian umum di Magelang dengan Taruna berasal dari pengiriman dari masing-masing angkatan dan Polri. Setelah menyelesaikan pendidikan selama 1 tahun di Magelang, Taruna AKABRI bagian Kepolisian dikirim ke Sukabumi untuk mengikuti oendidikan matra Kepolisian selama 3 tahun.

Baru pada tahun 1 Juli 1980 Komplek AKABRI bagian Kepolisian di Semarang diresmikan penggunaannya oleh Kapolri Jendral PO. Drs. Awaloeddin Djamin MPA.

Ketika Kepolisian menjadi lembaga mandiri, berdasarkan  TAP MPR No. X/MPR/1998 tentang Pokok-Pokok Reformasi Pembangunan diinstruksikan kepada Presiden untuk melaksanakan agenda reformasi dibidang hukum dalam bentuk pemisahan tugas, fungsi dan wewenang aparatur penegak hukum.

24 April 2003 Sejalan dengan Pencanangan Akademi Kepolisisan sebagai Etalase Pendidikan Polri oleh Kapolri Jenderal polisis Da’i Bachtiar, pada tanggal 24 Oktober 2003 diresmikan pula Penggunaan Logo Akademi Kepolisian yang baru dengan mengganti kata-kata “Atmaniwedana – Kretakarma – Aryawirya” dengan kata-kata “Dharma – Bijaksana – Ksatria” dan pita bertuliskan “Akademi Kepolisian” yang semula terpisah di bagian atas disatukan menjadi satu kesatuan yang utuh dalam perisai Tri-Brata.

Bersamaan dengan itu, tampilan Akademi Kepolisian telah berubah pula secara demikian signifikan memasuki paradigma baru tampilan Akademi Kepolisian sebagai Etalas Pendiikan Polri telah berhasil merubah Akademi Kepolisian pada semua sisi, sehingga bisa menampilkan Akademi Kepolisian yang lebih mendekati kaeinginan masyarakat yaitu mencetak Perwira-Perwira Polri yang mampu melayani dan melindungi masyarakat.

Pendaftaran
Pendaftaran Akpol dilakukan setiap tahun dan dibuka Secara Online. Pendaftaran Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) melalui Polda seluruh Indonesia. Bagi Anda yang mempunyai ijazah SMA/SMU/MA jurusan IPA dan IPS bisa langsung mendaftarkan diri untuk bergabung.

Pendaftaran Akpol dilakukan setiap tahun dan dibuka Secara Online. Pendaftaran Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) melalui Polda seluruh Indonesia.

Berdasarkan pengumuman tahun 2011, penerimaan Akpol dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur siswa SMA/sederajat dan jalur brigadir. Syarat yang harus dipenuhi dalam jalur umum atau SMA/sederajat, adalah berijazah serendah-rendahnya SMA/SMU/Madrasah Aliyah, jurusan IPA/IPS dengan nilai rata-rata UAN min 6,5 untuk jurusan IPA dan 7 untuk jurasan IPS. Bagi calon yang mempunyai visus mata maks -1 (min 1) dan dapat dikoreksi menjadi normal, menggunakan HUAN rata-rata min 6,7 untuk jurusan IPA dan 7,25 untuk jurusan IPS;

Bagi lulusan siswa yang masih di kelas 3 SMA bisa menggunakan nilai rata-rata rapor kelas 3 smester 1 min 7 jurusan IPA dan 7,25 jurusan IPS, yang disahkan oleh Kepala Sekolah dan selanjutnya menggunakan surat tanda kelulusan dengan kriteria “lulus”. Calon yang mempunyai Kwalifikasi TOEFL 500 atau Lebih dapat di Prioritaskan dalam Kelulusannya.

AKPOL – Akademi Kepolisian
Jl.Sultan Agung Candi Baru Semarang | Email : info@akpol.ac.id
Website: www.akpol.ac.id

SEJARAH  |   VISI DAN MISI  |  PROGRAM STUDI  |  KEUNGGULAN  | BIAYA KULIAH  |  ARSIP AKPOL

9 Comments

  1. Indhira

    January 31, 2012 at 6:12 am

    Mohon diinformasikan lebih lengkat, jadwal seleksi, mekanisme, dan sebagainya.

  2. vian

    February 12, 2012 at 10:31 am

    mohon informasii tentang pendaftaran siswa baru nya pak ?

  3. ega bege

    February 27, 2012 at 11:10 pm

    pak pol,saya mau daftar menjadi siswa taruna akpol,tapi saya terkendala dngan kaki saya yg berbentuk O….kira2 ini gimana pak pol…makasiiihhh…

  4. wahyu

    April 26, 2012 at 7:07 am

    apakah lulusan smk bisa masuk pak?

  5. Arif Rahman

    November 10, 2012 at 3:26 am

    kalau tamatan smk boleh ga ???

  6. dukun santet

    December 10, 2012 at 3:54 pm

    sujitmika ingkang nggregesi,

    nagari panjenengan sampun dikupeng prajurit Ndalem,
    Kula panjenengan sampun ngertos kedah pripun

    wasalam

  7. rani

    February 19, 2013 at 9:02 am

    berapa biaya untuk masuk ke akpol semarang pak…..?

  8. Azis sinsur

    March 9, 2013 at 1:49 pm

    assalamu alaikum bapak ibu pembina AKPOL,
    tolong pak,pemberitahuan lebi jelasnya tentang waktu pendaftaran secara online.karna sy ingin mendaftar ,tapi sy tdak tau bagai mana caranya ?
    terimah kasih atas perhatiannya
    wassalam

  9. dirgan

    February 20, 2014 at 10:23 am

    assalamualaikum wr.wb
    maaf sebelumnya saya mau tanyak neh , di pendaftaran tersebut telah di perjlaskan bahwa jrusan IPA dan IPS agar segera mendaftar , nah bagaimana jika yang berasal dari sekolah SMK (sekolah menengah kejuruan) tolong jelaskan cara lebih jelas lagi
    tentang pendaftaran untuk anak-anak yang berminat untuk mendaftar di akpol berasal dari lulusan SMK.
    terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Get Widget