9 Cara Alamiah Atasi Kaki Bau Berkeringat

kaki berkeringat

Kaki kamu sering berkeringat hingga berbau? Masalah keringat berlebih itu banyak dialami orang Indonesia. Istilahnya adalah hiperhidrosis yaitu kondisi yang menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat melebihi normalnya.

Penyebab kaki berkeringat ini bisa karena kondisi kesehatan pada organ tertentu bermasalah. Tapi biar kamu nggak sampai takut atau mengira yang berlebihan, baiknya langsung saja begini cara untuk mengatasinya.

1. Obat

Penyebab kaki mudah berkeringat bisa karena obat. Jadi jika kamu mungkin mengonsumsi obat tertentu dan terjadi peningkatan jumlah keringat pada kaki, mungkin karena efek samping dari obat tersebut.

2. Bakteri di kaki

Mungkin juga penyebabnya karena bakteri pada kaki. Karena itu, setiap kali mandi, cuci bersih bagian kaki dengan sabun antibakteri. Dengan menerapkannya secara rutin, bakteri penyebab bau tak sedap, bisa disingkirkan sehingga nantinya bagian kaki tidak bau lagi.

3. Bedak

Taburkan bedak pada bagian kaki untuk menyerap keringat sekaligus menghilangkan bau. Tapi pastikan sebelum menaburkannya, kita harus pastikan bagian kaki kita kering. Kita bisa usapkan handuk atau tissue untuk menyeka keringat yang muncul.

Akan lebih baik jika bedak ini memiliki fungsi antijamur. Sehingga jamur penyebab bau kaki bisa direduksi.

4. Pilih kaos kaki yang tepat

Gunakan kaos kaki yang terbuat dari bahan serat alami. Selain itu, untuk berjaga-jaga, selalu sediakan kaos kaki cadangan. Ketika kondisi kaki mulai terasa tak nyaman karena keringat berlebih, kita bisa segera mengganti kaos kaki.

5. Gunakan antiperspiran

Pakai antiperspiran pada area jari kaki dan telapak kaki. Dengan bahan ini bisa membantu untuk mengurangi produksi keringat yang berlebih. Produk ini juga mampu memberikan aroma yang nyaman sehingga kaki tidak berbau lagi.

Perlu kamu tahu, kaki itu memiliki bayak kelenjar keringat. Ada sekitar 125 ribu kelenjar keringat pada kaki. Dengan menggunakan deodoran antiperspiran bisa menanggulangi agar kaki tidak berkeringat secara berlebihan.

Kita bisa keringkan kaki sebelum tidur dan gunakan anti perspiran. Lalu pada pagi harinya kita bisa membasuhnya. Dengan menerapkan cara ini secara rutin, keringat dan bau badan di kaki bisa diminimalkan.

6. Hindari Memakai Sepatu

Jika memungkinkan, kamu bisa memilih memakai sandal. Dengan aliran udara yang lancar akan membuat keringat di kaki bisa terkurangi. Tapi kalau misalnya sedang bekerja, kita bisa pilih jenis sepatu yang memiliki banyak lubang untuk mengurangi timbulnya keringat.

Pastikan juga sepatu yang dipakai memiliki ukuran yang tidak terlalu ketat. Juga cari bagian dalam sepatu yang dapat membantu untuk menghilangkan kelembaban serta mencegah bau kaki.

7. Minum banyak air

Selalu pastikan tubuh tercukupi kadar air. Banyak minum air putih sangat berguna untuk menjaga kebutuhan air dalam tubuh kita.

8. Cuci Kaki Dua Kali Sehari

Cuci kaki secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari. Bukan hanya berfungsi untuk menghilangkan keringat, tapi sekaligus membuat suhu pada kaki lebih dingin.

Setelah dicuci, jangan lupa untuk mengeringkannya agar bakteri dan jamur tidak berkembang.

9. Rendam dengan Teh Hitam

Boleh juga mencoba untuk menggunakan rendaman teh hitam untuk menghilangkan bau kaki. Caranya mudah. Kita bisa siapkan teh hitam dalam wadah yang cukup untuk menampung kedua kaki kita. Lebih baik jika airnya berupa air hangat.

Setelah itu, kita bisa rendam kaki selama kurang lebih 20 menit. Kandungan tanin pada teh dapat membantu mengurangi keringat berlebihan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba ya gaes. Jangan lupa like, share and comment 😀 subscribe juga akun Youtube yang kamu suka hehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.