8 Cara Mengatur Dapur Kecil Nan Mungil

Kunci untuk mengatur ruangan dapur berukuran kecil adalah dengan memanfaatkan setiap inci ruangan agar berdaya maksimal. Tak boleh ada sejengkal ruas jari pun area yang tak termanfaatkan. Tentu tanpa harus abai terhadap nilai estetis agar ruang dapur mungil ini tetap elok dipandang.

Buat kamu yang mungkin kesulitan untuk mengatur ruangan dapur yang kecil, ikuti tips berikut.

1. Ingat, kerapian adalah hal yang utama. Dengan begitu segala peralatan memasak yang ada di dapur itu harus memiliki tempatnya masing-masing. Selalu harus usahakan dapur dalam keadaan bersih dan rapi.

2. Perhatikan cahaya di dapur. Sebaiknya dapur memiliki pencahayaan alami yang cukup. Ada sinar matahari yang bisa membantu menerangi ruangan ini. Ini dapat membantu ruang dapur tetap kering dan terhindar dari lembab.

3. Perhitungan peralatan masak yang dimiliki. Atur dengan rapi peralatan memasak pada tempatnya. Pastikan seimbang antara kemampuan ruangan dapur memuat barang dengan jumlah perlengkapan dapur yang dimiliki. Jika sudah berlebih, sebaiknya simpan peralatan dapur/memasak yang berlebih itu ke tempat lainnya.

4. Pastikan dapur selalu bersih. Segera bersihkan peralatan makan maupun peralatan memasak dengan cairan pembersih seperti Sunlight. Dapur yang bersih merupakan kunci utama agar suasana dapur terasa nyaman. Di samping itu, rajinlah membersihkan peralatan masak karena itu bisa berpengaruh terhadap keawetan barang yang kamu gunakan. Seperti membuat perabot seperti pisau, garpu dan piring tidak gampang berkarat.

5. Jangan paksa menggunakan kitchen set. Jika memang ruang dapur kecil, kita bisa menata dapur tanpa kitchen set dan tetap terlihat cantik.

6. Manfaatkan dinding dapur. Bisa digunakan untuk meletakkan peralatan yang sering digunakan. Atur dengan baik agar tetap terasa nyaman dilihat.

7. Tempat bumbu. Posisikan tempat untuk menyimpan bumbu ini di area yang mudah dijangkau. Sehingga saat kamu membutuhkannya mudah untuk mengambilnya. Kamu bisa tata dengan baik sesuai frekuensi pemakaian. Semakin sering bumbu itu digunakan, taruhlah dengan posisi yang terdekat denganmu.

8. Tempatkan kulkas jauh dari sumber panas. Atur penempatan kulkas agar tidak dekat dengan kompor. Ini akan membantu membuat kulkas ini lebih awet. Gunakan juga kulkas ini untuk menyimpan bahan makanan sesuai peruntukannya. Serta bersihkan selalu agar performa kulkas dapat terjamin.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatur ruangan dapur agar lebih baik. Bagi kamu yang memiliki ruangan dapur berukuran mungil, tak perlu berkecil hati. Dapur yang hebat itu tidak tergantung dari seberapa besar ruangan yang dimiliki, tapi seberapa baik kamu mengaturnya.

image credit: houzz.com/pro/justrich/justrich-design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.