2011 Unissula Buka Prodi PBI dan Matematika

ilustrasi/gettyimages.com

MULAI tahun ajaran 2011/2012 Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang secara resmi akan membuka dua program studi (prodi) baru, yakni prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) dan Pendidikan Matematika.

Diberitakan unissula.ac.id, pembukaan kedua prodi tersebut telah melalui riset yang mendalam. Misalnya, didasarkan kebutuhan tenaga guru.

Berdasarkan prediksi Dirjen PMPTK Kemendiknas, kebutuhan guru Bahasa Indonesia mencapai 3.135 pada tahun 2012, 2.497 pada 2013, dan 3.977 pada tahun 2015. Sementara kebutuhan guru Matematika diprediksi mencapai 2.730 pada 2012, meningkat menjadi 3.084 pada 2013, dan naik segnifikan menjadi 3.507 pada tahun 2014.

Dikatakan, prodi baru tersebut didirikan dengan mengedepankan beberapa keunggulan. Pertama, sebagai instusi perguruan tinggi Islam, Prodi ini melangsungkan proses pendidikannya dengan memasukkan pendidikan karakter melalui strategi Budaya Akademik Islami (BudAI).

Kedua, proses pendidikan menekankan pada penguasaan konsep serta memberikan kesempatan untuk melakukan praktek langsung di sekolah laboratorium yang dimiliki Unissula yang teridiri atas empat Sekolah Dasar (SD), dua Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan dua Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ketiga, penguasaan teknologi informasi yang memadai, karena Unissula telah menerapkan IT dengan teknologi mutakhir (T-DMB).

Keempat, penguasaan bahasa asing (Bahasa Arab dan Inggris) dengan program intensifikasi bahasa bagi seluruh mahasiswa.

Kelima, menyertakan pendidikan kepemimpinan dan kewirausahaan guna memberikan bekal jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.

Dengan dibukanya program studi Bahasa Indonesia dan Matematika, Unissula kini memiliki tiga prodi pendidikan. Sebelumnya Unissula sudah membuka prodi pendidikan Bahasa Inggris. PortalSemarang.com

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.