Siswa SMPN 27 Semarang Kunjungi Balai Bahasa Jateng, “Disuguhi” Permainan Tebak Kata

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan siswa-siswa SMP Negeri 27 Semarang, Rabu (23/11). Sebanyak 255 siswa SMP Kota Semarang itu diterima oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), Dr. Ganjar Harimansyah di Balairung BBPJT, Jalan Diponegoro 250, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Ganjar Harimansyah menyatakan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan layanan kebahasaan dan kesastraan kepada seluruh masyarakat, terutama masyarakat di Provinsi Jawa Tengah.

“Selain kepada siswa, kami juga siap memberikan layanan kebahasaan/kesastraan dalam bentuk pembinaan kepada guru, bisa melalui sekolah atau MGMP,” ujar Ganjar di Balairung BBPJT pada 23 November 2022.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan profil Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kondisi kebahasaan di Indonesia, serta produk Badan dan Balai Bahasa.

“Kunjungan siswa SMP Negeri 27 Semarang ini merupakan kunjungan pertama dari sekolah di kantor baru kami di Ungaran,” jelasnya.

Acara kunjungan itu ditutup dengan mengenalkan padanan kata selfie ‘swafoto’, drive thru ‘lantatur’, dan door prize ‘hadiah lawang’ yang dikemas dalam gim tebak padanan kata. Siswa yang bisa menjawab pertanyaan mendapatkan suvenir dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 27 Semarang, Drs. Umar, menyampaikan bahwa kunjungan tersebut merupakan perwujudan kurikulum merdeka belajar.

“Siswa tidak melulu belajar di dalam kelas. Mereka bisa memperluas wawasan, terutama tentang kebahasaan, dengan berkunjung di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah,” tandas Umar.

Dia berharap kunjungan itu menjadi pembuka jalinan kerja sama antara SMP Negeri 27 Semarang dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.