Virus Corona dan 8 Istilah Terkait yang Menyertainya

Munculnya virus corona membuat masyarkat makin sadar akan kesehatan. Virus yang satu ini memang begitu berbahaya. Dengan pola persebaran yang cepat membuatnya menjadi virus yang meluluh-lantakkan tatanan dunia.

Selama ini orang mengenal pengertian virus corona adalah “keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu.” Itulah definisi seperti dituliskan oleh HaloDoc.

Sekadar tahu, HaloDoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap di Indonesia. Dengan aplikasi ini kita bisa memenuhi kebutuhan untuk mendapatkan akses layanan kesehatan berkualitas dan praktis.

Nah tak hanya istilah coronavirus, tapi lebih dari itu sebetulnya banyak istilah-istilah baru yang terkait dengan virus ini. Berikut ini nama dan istilah yang makin sering kita dengar di tengah pandemi corona.

ODP

ODP adalah Orang dalam Pemantauan. Mereka ini adalah orang yang mengalami demam (≥38C) atau riwayat demam. Juga mungkin gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk. Selain itu pada 14 hari terakhir orang ODP ini memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang terdapat persebaran coronavirus.

Orang yang termasuk ODP juga orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk. Status penerapan ODP ditetapkan oleh pihak berwenang setelah memeriksa pasien.

PDP

PDP adalah Pasien dalam Pengawasan. Sesuai Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia, yang dimaksud sebagai PDP adalah orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu demam (≥38C) atau riwayat demam/ Di samping itu, pasien ini mengalami gejala/tanda penyakit pernapasan seperti: batuk/sesak napas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat. Mereka ini juga dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan dari wilayah terdampak corona.

Mereka yang juga termasuk PDP adalah orang dengan demam (≥38oC) atau pernah memiliki riwayat demam atau ISPA. Orang yang juga termasuk kategori PDP jika pasien mengalami ISPA berat/pneumonia berat sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Suspect

yang dimaksud sebagai suspect corona adalah orang yang diduga terkena virus karena menunjukkan gejala covid-19 dan pernah melakukan kontak baik bertemu maupun bersentuhan dengan orang yang mengalami positif corona.

Positif

Orang Positif Corona: Orang disebut positif corona jika setelah dicek melalui lab dan prosedur lainnya terbukti pasien tersebut terkena Covid-19. Tentu pihak yang berwenang yang kemudian memutuskan mengenai penetapan status orang positif corona tersebut.

Lock Down

Lock Down adalah isitilah mengunci jalur keluar-masuk dari suatu wilayah / daerah / negara. Tujuan lock down ini adalah untuk mencegah penyebaran suatu virus seperti Covid-19.

Work from Home (WFH)

Work from Home (WFH) adalah bekerja dari rumah. Istilah ini makin populer di masa pandemi corona. Banyak orang yang diharapkan bisa melakukan WFH agar bisa segera menurunkan intensitas penyebaran virus corona. Sebelumnya, istilah work from home ini sudah populer digunakan oleh orang-orang yang bekerja dari rumah. mereka umumnya adalah ornag yang menggunakan fasilitas internet untuk bekerja, seperti pemasaran online, web programmer, web designer, dan bidang pekerjaan lainnya.

Karantina

Karantina adalah tempat isolasi bagi orang yang kemungkinan melakukan kontak dengan penderita positif corona.

Pandemi

Pandemi adalah peningkatan penyakit secara cepat dan dalam jumlah besar menyebar ke banyak wilayah di dunia.

Itulah sejumlah istilah yang sering dikaitkan dengan coronavirus. Yang pasti untuk segera mengakhiri penyebaran virus berbahaya ini perlu kerjasama berbagai pihak. Dengan membatasi interaksi secara fisik antar orang diharapkan penyebaran virus ini bisa segera diakhiri. Kita tunggu dan berharap semoga Covid-19 ini segera berakhir dan hidup kembali normal seperti sebelumnya.

1 Comment

  1. Enny

    May 1, 2020 at 2:32 am

    Awalnya asing dgn istilah2 ini lama2 jd terbiasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.